Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 11:34 WIB | Senin, 07 Desember 2015

Penjaga Pantai Evakuasi 4.600 Imigran di Lepas Pantai Libya

Ilustrasi. Polisi laut sedang menyelamatkan para pengungsi dari kapal. (Foto: AFP)

ROMA, SATUHARAPAN.COM - Lebih dari 4.600 orang berhasil dievakuasi dengan selamat dari lepas pantai Libya dan terhindar dari kemalangan perahu tidak layak pakai. Para imigran memanfaatkan kondisi perairan yang lebih tenang untuk melakukan perjalanan melintasi Mediterania, ungkap penjaga pantai Italia pada hari Minggu (6/12).

Pada hari Sabtu, pusat operasi penjaga pantai di Roma berkoordinasi dengan sembilan tim penyelamat, mengevakuasi 1.123 orang dengan selamat dari dua kapal dan tujuh perahu karet.

Menurut Perserikatan Bangsa-bangsa, jumlah imigran yang melintasi Mediterania menuju Eropa turun lebih dari sepetiga bulan lalu, karena cuaca buruk dan aksi penindakan Turki terhadap pelaku perdagangan manusia di Aegean pada rute menuju Yunani.

Sekitar 4.600 imigran yang berusaha melintas pada hari Kamis hingga Sabtu terdorong untuk berangkat ke pantai Italia terdekat karena kondisi perairan yang lebih tenang.

Beberapa kapal penjaga pantai Italia, bersama kapal bantuan angkatan laut Jerman - bagian Operasi Sophia, misi militer Uni Eropa untuk menghentikan perdagangan imigran - ambil bagian dalam upaya penyelamatan.

Pada akhir November, Organisasi Keimigrasian Internasional (International Organization for Migration/IOM) memperkirakan bahwa hampir 860.000 imigran telah mendarat di Eropa sejauh tahun ini, dengan lebih dari 3.500 orang sekarat saat melintasi Mediterania. (AFP/Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home