Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 19:14 WIB | Sabtu, 22 Mei 2021

Penjelajah "Zhurong" China Mendarat di Mars

Penjelajah "Zhurong" China Mendarat di Mars
Foto yang diambil oleh penjelajah Mars Zhurong milik China dan disediakan oleh Administrasi Luar Angkasa Nasional China (CNSA) pada hari Rabu, 19 Mei 2021, panel surya dan antena penjelajah dikerahkan saat penjelajah mendarat di permukaan Mars. (Foto-foto: CNSA via AP)
Penjelajah "Zhurong" China Mendarat di Mars
Gambar artis yang disediakan oleh CNSA pada hari Sabtu (22/5), menunjukkan penjelajah Zhurong China digambarkan di permukaan Mars.

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-Penjelajah Mars pertama China telah turun dari platform pendaratannya dan sekarang menjelajahi permukaan planet merah, kata administrasi luar angkasa China, hari Sabtu (22/5).

Pesawat penjelajah bertenaga surya itu menyentuh tanah Mars pada pukul 10:40 Sabtu waktu Beijing (02:40 GMT), kata Administrasi Luar Angkasa Nasional China.

China mendaratkan pesawat ruang angkasa yang membawa penjelajah di Mars hari Sabtu lalu, suatu prestasi yang secara teknis menantang karena lebih sulit daripada pendaratan di bulan, dan ini yang pertama bagi negara itu. Ini adalah negara kedua yang melakukannya, setelah Amerika Serikat.

Penjelajah dinamai setelah dewa api China, Zhurong, telah menjalankan tes diagnostik selama beberapa hari sebelum memulai penjelajahannya pada hari Sabtu. Ini diharapkan akan digunakan selama 90 hari untuk mencari bukti kehidupan di planet itu.

AS juga memiliki misi di Mars yang sedang berlangsung, dengan penjelajah Perseverance dan helikopter kecil yang menjelajahi planet ini. NASA mengharapkan penjelajah itu untuk mengumpulkan sampel pertamanya pada bulan Juli untuk kembali ke Bumi pada awal tahun 2031.

China memiliki rencana luar angkasa yang ambisius yang mencakup peluncuran stasiun orbit berawak dan pendaratan manusia di bulan. China pada tahun 2019 menjadi negara pertama yang mendaratkan wahana antariksa di sisi jauh bulan yang jarang dieksplorasi, dan pada bulan Desember mengembalikan batuan bulan ke Bumi untuk pertama kalinya sejak tahun 1970-an. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home