Loading...
MEDIA
Penulis: Sabar Subekti 11:52 WIB | Senin, 16 Mei 2022

Penyelidik Independen Mencari Tahu Pembunuh Jurnalis Shireen Abu Akleh

Seniman Palestina melukis mural untuk menghormati jurnalis senior Al-Jazeera yang terbunuh Shireen Abu Akleh di Kota Gaza pada 12 Mei 2022. Abu Akleh, yang ditembak mati pada Rabu, 11 Mei 2022 saat meliput serangan di Tepi Barat yang diduduki Israel, adalah salah satu tokoh media Arab yang paling menonjol dan dipuji secara luas karena keberanian dan profesionalismenya. (Foto: dok. AFP)

YERUSALEM, SATUHARAPAN.COM-Ketika Israel dan Palestina berselisih atas penyelidikan pembunuhan jurnalis Al Jazeera, Shireen Abu Akleh, beberapa kelompok independen telah meluncurkan penyelidikan mereka sendiri. Satu tim meneliti sumber terbuka mengatakan temuan awalnya memberikan dukungan kepada saksi Palestina yang mengatakan jurnalis itu dibunuh oleh tembakan Israel.

Hasil investigasi ini dapat membentuk opini internasional tentang siapa yang bertanggung jawab atas kematian Abu Akleh, terutama jika penyelidikan resmi militer Israel berlanjut. Israel dan Palestina terkunci dalam perang narasi yang telah menempatkan Israel pada posisi defensif.

Abu Akleh, seorang Palestina-Amerika dan seorang jurnalis yang 25 tahun bekerja dari saluran satelit, tewas pada hari Rabu (11/5) lalu saat meliput serangan militer Israel di kamp pengungsi Jenin di Tepi Barat yang diduduki.

Menteri Luar Negeri AS, Antony Blinken, pada hari Minggu (15/5) mengatakan dia telah berbicara dengan keluarga Abu Akleh untuk menyatakan belasungkawa dan menghormati pekerjaannya "serta kebutuhan untuk melakukan penyelidikan segera dan kredibel" atas kematiannya.

Pejabat dan saksi Palestina, termasuk wartawan yang bersamanya, mengatakan dia dibunuh oleh tembakan tentara. Militer Israel, setelah awalnya mengatakan orang-orang bersenjata Palestina mungkin bertanggung jawab, kemudian mundur dan sekarang mengatakan dia mungkin juga terkena tembakan pasukan Israel yang salah.

Israel telah menyerukan penyelidikan bersama dengan Palestina, dengan mengatakan peluru itu harus dianalisis oleh para ahli balistik untuk mencapai kesimpulan yang tegas. Pejabat Palestina telah menolak, dan mengatakan mereka tidak mempercayai Israel, dan telah mengundang negara lain untuk bergabung dalam penyelidikan.

Dengan kedua belah pihak berselisih atas penyelidikan Abu Akleh, beberapa kelompok penelitian dan hak asasi manusia telah meluncurkan penyelidikan mereka sendiri.

Selama akhir pekan, Bellingcat, sebuah konsorsium peneliti internasional yang berbasis di Belanda, menerbitkan analisis bukti video dan audio yang dikumpulkan di media sosial. Materi tersebut berasal dari sumber militer Palestina dan Israel, dan analisis tersebut melihat faktor-faktor seperti jejak waktu, lokasi video, bayangan, dan analisis audio forensik dari tembakan.

Kelompok itu menemukan bahwa sementara orang-orang bersenjata dan tentara Israel berada di daerah itu, bukti mendukung keterangan saksi bahwa tembakan Israel membunuh Abu Akleh.

“Berdasarkan apa yang dapat kami tinjau, IDF (tentara Israel) berada di posisi terdekat dan memiliki garis pandang paling jelas ke Abu Akleh,” kata Giancarlo Fiorella, peneliti utama analisis tersebut.

Bellingcat adalah salah satu dari semakin banyak perusahaan yang menggunakan informasi "sumber terbuka", seperti video media sosial, rekaman kamera keamanan, dan citra satelit, untuk merekonstruksi peristiwa.

Fiorella mengakui bahwa analisis tidak dapat 100 persen pasti tanpa bukti seperti peluru, senjata yang digunakan oleh tentara dan lokasi GPS pasukan Israel. Namun dia mengatakan munculnya bukti tambahan biasanya mendukung kesimpulan awal dan hampir tidak pernah membalikkannya. “Inilah yang kami lakukan ketika kami tidak memiliki akses ke hal-hal itu,” katanya.

Kelompok HAM Israel

Kelompok hak asasi manusia Israel B'Tselem mengatakan pihaknya juga sedang melakukan analisisnya sendiri. Kelompok itu pekan lalu memainkan peran kunci dalam penarikan mundur militer dari klaim awalnya bahwa orang-orang bersenjata Palestina tampaknya bertanggung jawab atas kematiannya.

Klaim Israel didasarkan pada video media sosial di mana seorang pria bersenjata Palestina menembak ke sebuah gang di Jenin, dan kemudian militan lainnya datang berlari untuk mengklaim bahwa mereka telah menembak seorang tentara.

Tentara mengatakan bahwa karena tidak ada tentara yang terluka hari itu, orang-orang bersenjata itu mungkin merujuk pada Abu Akleh, yang mengenakan helm pelindung dan jaket antipeluru.

Seorang peneliti B'Tselem pergi ke daerah itu dan mengambil video yang menunjukkan bahwa orang-orang bersenjata Palestina berjarak sekitar 300 meter dari tempat Abu Akleh ditembak, dipisahkan oleh serangkaian tembok dan gang.

Dror Sadot, juru bicara kelompok tersebut, mengatakan B'Tselem telah mulai mengumpulkan kesaksian dari para saksi dan mungkin mencoba untuk merekonstruksi penembakan dengan video dari tempat kejadian. Namun dia mengatakan pada titik ini, belum dapat menyimpulkan siapa yang berada di balik penembakan itu.

Sadot mengatakan peluru apa pun harus dicocokkan dengan laras pistol. Palestina telah menolak untuk melepaskan peluru, dan tidak jelas apakah militer telah menyita senjata yang digunakan hari itu.

“Pelurunya sendiri tidak bisa berkata banyak” karena bisa saja ditembakkan oleh kedua sisi, katanya. “Yang bisa dilakukan adalah mencocokkan peluru dengan laras,” katanya.

Militer Israel tidak menanggapi permintaan wawancara untuk membahas status penyelidikannya.

Pentingya Penyelidikan Balistik

Jonathan Conricus, mantan juru bicara militer Israel dan ahli urusan militer, mengatakan rekonstruksi baku tembak di daerah perkotaan yang padat penduduknya “sangat kompleks” dan mengatakan bukti forensik, seperti peluru, sangat penting untuk mencapai kesimpulan yang tegas. Dia menuduh Otoritas Palestina menolak bekerja sama untuk tujuan propaganda.

“Tanpa peluru, penyelidikan apa pun hanya akan mencapai kesimpulan parsial dan dipertanyakan,” kata Conricus. “Orang mungkin berasumsi bahwa strategi Otoritas Palestina persis seperti itu: untuk menyangkal kemampuan Israel untuk membersihkan namanya, sambil meningkatkan simpati global untuk tujuan Palestina.”

Sementara itu, polisi Israel selama akhir pekan meluncurkan penyelidikan atas perilaku petugas yang menyerang pelayat di pemakaman Abu Akleh, menyebabkan pengusung jenazah hampir menjatuhkan peti matinya.

Surat kabar pada hari Minggu dipenuhi dengan kritik terhadap polisi dan apa yang digambarkan sebagai bencana hubungan masyarakat.

“Rekaman dari hari Jumat adalah kebalikan dari penilaian yang baik dan kesabaran,” tulis komentator Oded Shalom di harian Yediot Ahronot. “Itu mendokumentasikan tampilan mengejutkan dari kebrutalan dan kekerasan yang tak terkendali.”

Nir Hasson, yang meliput urusan Yerusalem untuk harian Haaretz, mengatakan masalahnya jauh lebih dalam daripada citra Israel. “Ini adalah salah satu ekspresi visual paling ekstrem dari pendudukan dan penghinaan yang dialami rakyat Palestina,” tulisnya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home