Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 18:52 WIB | Senin, 15 Agustus 2022

Penyerang Salman Rushdie Sebulan di Lebanon dan Menjadi Fanatik Agama

Hadi Matar dari Fairview, New Jersey, yang mengaku tidak bersalah atas tuduhan percobaan pembunuhan dan penyerangan terhadap penulis terkenal Salman Rushdie, muncul dalam foto-foto di Penjara Chautauqua County di Mayville, New York, AS 12 Agustus 2022. (Foto: dok. Reuters)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM-Ibu dari pria yang menyerang penulis terkenal Salman Rushdie mengungkapkan bahwa putranya, lahir dan besar di Amerika Serikat, melakukan perjalanan selama sebulan ke Lebanon dan kembali sebagai "fanatik agama," kata laporan surat kabar Inggris, Daily Mail melaporkan pada hari Minggu (14/8).

Ibu Hadi Matar, Silvana Fardos, dilaporkan mengatakan bahwa dia mengharapkan putranya, 24 tahun, untuk kembali dari perjalanan tahun 2018 "termotivasi," tetapi sebaliknya kembali sebagai "introver murung," sangat berbeda dengan dirinya yang dulu ramah.

Dia juga mengungkapkan dalam wawancara eksklusif bahwa dia akan mengunci diri di ruang bawah tanah rumah mereka di New Jersey dan menolak untuk berbicara dengan keluarganya selama berbulan-bulan.

Rushdie, 75 tahun, akan memberikan kuliah tentang kebebasan artistik di Chautauqua Institution di barat New York ketika Matar menyerbu panggung dan menikam penulis kelahiran India itu pada hari Jumat (12/8)pagi.

Penulis telah hidup dengan tawaran hadiah untuk di kepalanya sejak novelnya tahun 1988, “The Satanic Verses,” yang mendorong Iran untuk mendesak umat Islam untuk membunuhnya. Setelah kejadian itu, agen FBI menggerebek rumah Matar di Fairview, New Jersey pada hari Jumat. Ini dilaporkan pertama kalinya Fardos mendengar tentang penusukan.

“Saya menerima telepon dari putri saya. Saya sedang bekerja dan dia memberi tahu saya bahwa FBI ada di sini, saya sangat terkejut," kata Fardos, 46 tahun, kepada Daily Mail.

Fardos mengatakan bahwa agen FBI menyita beberapa barang dari ruang bawah tanah putranya, termasuk buku, pisau, komputer, PlayStation, dan alat yang digunakan untuk mengasah pisau.

“Saya tidak percaya dia mampu melakukan hal seperti ini. Dia sangat pendiam, semua orang menyukainya. Seperti yang saya katakan kepada FBI, saya tidak akan repot-repot berbicara dengannya lagi. Dia bertanggung jawab atas tindakannya," katanya.

“Saya memiliki dua anak di bawah umur yang harus saya urus. Mereka kesal, mereka kaget. Yang bisa kami lakukan adalah mencoba untuk move on dari ini, tanpa dia.”

Fardos, orang Lebanon dan terlahir sebagai Muslim, mengatakan dia tidak tahu apakah putranya pernah membaca buku Rushdie tetapi menyadari bahwa dia menjadi lebih fanatik sejak perjalanannya, menambahkan bahwa dia sebelumnya mengkritiknya karena tidak memberinya pendidikan Muslim yang ketat.

“Sejujurnya saya belum pernah mendengar tentang penulisnya sebelumnya. Saya tidak pernah membaca bukunya, saya tidak tahu bahwa penulis seperti itu ada. Saya tidak tahu bahwa anak saya pernah membaca bukunya,” jelasnya.

Orang tua Matar beremigrasi dari kota perbatasan selatan Lebanon, Yaroun, kubu Hizbullah yang didukung Iran.

Matar lahir dan besar di AS dan bersekolah di Cudahy, California. Orang tuanya bercerai pada tahun 2004 dan ayahnya pindah kembali ke Lebanon sementara dia pindah ke New Jersey, Daily Mail mengungkapkan.

Perjalanan ke Lebanon tahun 2018 adalah untuk mengunjungi ayahnya. “Satu jam pertama dia sampai di sana dia menelepon saya, dia ingin kembali. Dia tinggal selama kurang lebih 28 hari tetapi perjalanannya tidak berjalan lancar dengan ayahnya, dia merasa sangat sendirian,” kata Fardos.

“Saya mengharapkan dia untuk kembali termotivasi, untuk menyelesaikan sekolah, untuk mendapatkan gelar dan pekerjaan. Tapi sebaliknya, dia mengunci diri di ruang bawah tanah. Dia telah banyak berubah. Dia tidak mengatakan apa pun kepada saya atau saudara perempuannya selama berbulan-bulan," kata Fardos.

“Saya tidak bisa bercerita banyak tentang kehidupannya setelah itu karena dia telah mengasingkan saya sejak 2018. Jika saya terkadang mendekatinya, dia menyapa, terkadang dia mengabaikan saya dan pergi begitu saja.”

Menurut sang ibu, Matar akan tidur selama dini hari dan bangun dan makan di malam hari. “Dia tinggal di ruang bawah tanah. Dia memasak makanannya sendiri,” tambahnya.

Matar melarang ibunya memasuki ruang bawah tanah di rumahnya, di mana dia juga tinggal bersama saudara kembarnya yang berusia 14 tahun.

“Suatu kali dia berdebat dengan saya bertanya mengapa saya mendorongnya untuk mendapatkan pendidikan daripada fokus pada agama. Dia marah karena saya tidak mengenalkannya pada Islam sejak usia muda,” kata Fardos.

“Saya orang Lebanon tetapi saya sudah di sini selama 26 tahun. Saya menjalani kehidupan sederhana sebagai ibu tunggal, berusaha menjaga atap di atas kepala kami dan makanan di atas meja untuk anak-anak saya,” kata Fardos.

“Saya tidak peduli dengan politik, saya tidak beragama. Saya terlahir sebagai seorang Muslim dan hanya itu pada dasarnya. Saya tidak mendorong anak-anak saya ke dalam agama atau memaksakan apa pun pada anak saya. Saya tidak mengenal siapa pun di Iran, semua keluarga saya ada di sini,” katanya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home