Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 18:14 WIB | Selasa, 23 Juni 2015

Peraih Oscar untuk Musik Titanic Meninggal Kecelakaan Pesawat

Peraih Oscar untuk Musik Titanic Meninggal Kecelakaan Pesawat
Film Titanic yang mengantarkan James Horner meraih dua Oscar untuk kategori ilustrasi musik film (score) dan kategori lagu tema. (Foto: titanic-live.com)
Peraih Oscar untuk Musik Titanic Meninggal Kecelakaan Pesawat
James Horner, juga menggrap ilustrasi musik film Avatar. (Foto: Getty Images)

CALIFORNIA, SATUHARAPAN.COM - James Horner (61), komponis terkenal di kalangan perfilman Hollywood yang menciptakan ilustrasi musik untuk film Titanic, meninggal dalam kecelakaan pesawat di California, seperti diberitakan bbc.co.uk

Horner, pilot terlatih, dikabarkan terbang sendiri mengemudikan pesawat kecil miliknya, dan menurut hollywoodreporter.com jatuh di Los Padres National Forest, wilayah utara Santa Barbara pada Senin pagi.

Horner, yang mengantongi dua Penghargaan Oscar, penghargaan tertinggi bagi insan perfilman di Amerika, menggarap ilustrasi musik untuk tiga film garapan sutradara James Cameron, A Beautiful Mind, Troy, and Apollo 13.

Ia meraih Penghargaan Oscar melalui film Titanic untuk kategori ilustrasi musik film (score), dan Oscar lainnya untuk kategori lagu tema.

“Unbelievable Talent”

Horner, yang juga dikenal sebagai konduktor dan orkestrator, berbagi penghargaan Oscar keduanya dengan penulis lirik Will Jennings untuk kategori musik asli terbaik dalam Titanic, My Heart Will Go On, yang dilantunkan penyanyi Celine Dion.

Delapan kali masuk nominasi peraih Oscar adalah rekaman prestasi Horner yang lain, baik untuk ilustrasi musik film ataupun lagu tema, yakni melalui Avatar, House of Sand and Fog, A Beautiful Mind, Apollo 13, Braveheart, Field of Dreams, An American Tail, dan Aliens. Karya musik Horner dicirikan melalui gayanya mengintegrasikan musik choral dengan elemen elektronik, serta kegemarannya memasukkan elemen musik tradisi Celtic.  

Asisten pribadi Horner, Sylvia Patrycja, menulis di akun Facebook pada Senin, "Kita kehilangan sosok menakjubkan yang murah hati, sosok dengan bakat yang sangat luar biasa. Ia meninggal dalam keadaan sedang menjalankan apa yang ia gemari. Terima kasih untuk segala dukungan dan kasih sayangmu, dan kelak kita akan bertemu lagi.”

Sutradara dan aktor Ron Howard menulis di akun Twitter-nya: "Komponis brilian James Horner, sahabat dan rekan kerja untuk tujuh film, meninggal dalam kecelakaan pesawat yang tragis. Saya sedih kehilangan dia.”

Aktor Russell Crowe, yang membintangi film A Beautiful Mind, menambahkan,  "Ungkapan duka cita paling dalam untuk keluarga yang ditinggalkan, orang-orang terdekatnya, dan sahabat-sahabat James Horner."

Komposer Amerika Steve Jablonsky, pencipta ilustrasi musik untuk serial film Transformers, menuliskan di akun Twitter tentang peran besar Horner dalam kariernya, "James Horner, terima kasih sudah menginspirasiku untuk mengejar karier di dunia musik film. Terima kasih untuk karya-karya musikmu. Beristirahatlah dalam damai."

Sutradara The Amazing Spider-Man, Marc Webb, menambahkan, "Terakhir kali aku berbincang dengan JH tatkala ia sedang mengerjakan musik untuk anak-anak di AFI (American Film Institute, Red). Sosok yang meraih 2 Penghargaan Oscar tidak segan-segan menyetujui menggarap musik untuk film pelajar! Betapa baik hati. #RIPJamesHorner."

Situs hollywoodreporter.com memberitakan Horner sedang menggarap tiga pekerjaan ilustrasi musik penting. Satu untuk ilustrasi musik film Southpaw, film drama berlatar belakang dunia tinju yang dibintangi Jake Gyllenhaal dan Rachel McAdams. Dua karya lagi untuk ilustrasi musik karya teater, Wolf Totem yang akan dipentaskan September, dan The 33 yang akan dipentaskan November.

James Roy Horner dilahirkan pada 14 Agustus 1953.  Ia meninggalkan seorang istri, Sarah Horner.  

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home