Loading...
BUDAYA
Penulis: Francisca Christy Rosana 21:01 WIB | Senin, 24 Agustus 2015

Perankan Jenderal Soedirman, Apa Referensi Adipati Dolken?

Jenderal Soedirman (Adipati Dolken). (Foto: filmjenderalsoedirman.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Aktor muda Adipati Dolken didaulat memerankan tokoh utama dalam Film Jenderal Soedirman besutan Viva Westi. Tak mudah memerankan pelaku sejarah pada masa revolusi nasional Indonesia itu. Untuk menemukan karakter yang tepat dengan Jenderal Soedirman, Adipati mengaku membaca sejumlah buku sebagai acuan literatur.

“Literarur banyak banget yang bisa dibaca. Proses sewaktu shooting itu kami sambil membaca,” ujar Adipati saat ditanya satuharapan.com dalam konferensi pers pemutaran perdana Film Soedirman di Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (24/8).

Namun, Adipati tak menyebutkan satu judul buku atau literatur pun yang menjadi acuannya. Berbeda dengan sang sutradara, Viva Westi, ia tak sungkan mengungkapkan buku yang dibacanya. Ia memang membaca sejumlah buku tentang Jenderal Soedirman sebelum akhirnya menjadi si peramu film. Ia mengatakan, salah satu buku yang dibacanya ialah buku karya Soepardjo Rustam.

Ia juga melakukan sejumlah riset sebelum akhirnya melancarkan proses pembuatan film. Film sendiri dibuat dalam waktu kurang lebih 45 hari di Jawa Tengah, Yogya, Bandung, Batujajar, dan Situ Lembang. Proses pengambilan gambar melibatkan 200 kru dan personel TNI Angkatan Darat.

Dalam pemutaran perdana yang ditayangkan Senin sore, nampak wajah-wajah penonton yang tak puas dengan hasil karya besutan Viva. Adipati sebagai lakon utama disebut-sebut justru tak menampilkan tokoh Jenderal Soedirman secara alami. Pelafalan ‘medok’ yang dimiliki Jenderal Soedirman juga terdengar sedikit dipaksakan. Berbeda dengan lakon sekunder yang dimainkan aktor kawakan, Lukman Sardi, penonton justru lebih dibuat tertarik oleh kemunculannya sebagai Jusuf Ronodipuro. Sebagai lakon ‘kedua’, Lukman Sardi justru membuat cerita menjadi lebih hidup. 

Selain Adipati Dolken, dimunculkan nama-nama seperti Ibnu Jamil memerankan Tjokropranolo, Baim Wong yang memerankan Presiden Soekarno, dan Nugie sebagai Wakil Presiden Mohammad Hatta.

Ada pula aktor senior seperti Mathias Muchus sebagai Tan Malaka dan Landung Simatupang sebagai Gatot Soebroto. Film ini mulai diputar di seluruh bioskop di Indonesia dari hari Kamis (27/8).

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home