Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Melki Pangaribuan 18:27 WIB | Jumat, 18 Desember 2020

Percasi, SCUA, BPK PENABUR Gelar Turnamen Catur Online 2021

Percasi, SCUA, BPK PENABUR Gelar Turnamen Catur Online 2021
PENABUR Online Chess Festival yang akan diselenggarakan BPK PENABUR bekerja sama dengan PERCASI & SCUA pada 9-10 Januari 2021. (Foto: Dok. BPK PENABUR)
Percasi, SCUA, BPK PENABUR Gelar Turnamen Catur Online 2021
Tangkapan layar konferensi pers daring terkait kegiatan Turnamen Catur Online bertajuk "PENABUR Online Chess Festival", hari Jumat, 18 Desember 2020. (Foto: Dok. satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - BPK PENABUR bekerja sama dengan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) & Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA) menyelenggarakan PENABUR Online Chess Festival (POCF) pada 9-10 Januari 2021.

PENABUR Online Chess Festival ini dilaksanakan secara online melalui lichess.org

Ketua Umum Yayasan BPK PENABUR, Adri Lazuardi mengatakan olahraga catur dapat menjadi bagian untuk anak dididik di dalam tahap pembentukan karakter, sosial dan akademiknya.

Adri Lazuardi menjelaskan PENABUR Online Chess Festival mulai digagas sejak Oktober tahun 2018 oleh BPK PENABUR bersama Percasi dan SCUA. Kemudian pada Januari 2019 dilaksanakan pertama kali di Jakarta dengan diikuti sebanyak 370-an peserta dari siswa dan guru serta karyawan BPK PENABUR.

“Pertama kita melakukannya di tahun 2019 dan itu cukup sukses di Jakarta,” kata Adri Lazuardi dalam konferensi pers daring terkait kegiatan Turnamen Catur Online bertajuk "PENABUR  Online Chess Festival", hari Jumat, 18 Desember 2020.

Adri mengatakan dalam rangka mengisi liburan di tengah-tengah situasi belajar pembelajaran jarak jauh (PJJ) pada masa pandemi COVID-19 ini digelarlah kembali kegiatan PENABUR Online Chess Festival 2020-2021.

Menurut Adri, seringkali orang menyebut masa pandemi COVID-19 sebagai sesuatu yang menyusahkan tetapi dari sisi lain sebetulnya banyak hal positif yang dapat dilakukan.

“Sebetulnya sisi positifnya masa pandemi ini merupakan masa kreativitas dan inovasi kita itu dituntut untuk berperan lebih jauh dengan memanfaatkan situasi ini, bukan menyesalinya tetapi bagaimana memanfaatkan nilai positif dari situasi hari ini menjawab tantangan ini,” kata Adri.

Adri mengungkapkan bahwa lulusan BPK PENABUR yang berkiprah dalam dunia catur banyak mengalami perubahan dalam hidup mereka. Mereka menjadi lebih bertanggung jawab, beranalisa dengan tajam, kemudian menjadi orang yang lebih sabar, tekun dan lebih berkarakter.

Adri berharap ke depan Percasi dan BPK PENABUR dapat bekerja sama membangun satu pondasi yang kuat untuk membangun karakter yang baik untuk para siswa-siswinya.

Sementara itu Ketua Panitia POCF, Budijanto Gunawan menjelaskan pada tahun 2020 PENABUR Online Chess Festival kembali digelar dengan rangkaian acara “Fun with Chess” pada 12 Desember 2020. Dalam acara itu diberikan edukasi atau arahan singkat bertanding catur online.

Kemudian pada 19 Desember 2020 diadakan Chess Talk – Online Talk dengan tema “The Role of Chess in Modern Education” dan pada puncak PENABUR Online Chess Festival dilaksanakan pada 9-10 Januari 2021.

“Babak penyisihan akan kita laksanakan pada hari Sabtu 9 Januari 2021 dengan target peserta lebih dari 1.000 orang, di mana hingga saat ini (Jumat (18/12/2020) sudah separuhnya mendaftar. Kami cukup optimistis dengan target ini yaitu 1000 peserta,” kata Budijanto.

Finalnya, kata Budijanto, akan dilaksanakan pada hari Minggu 10 Januari 2021. Untuk pemenang-pemenangnya akan diberikan piala, sertifikat, hadiah uang dan yang paling berharga adalah mengikuti master challenge.

Master challenge yang dimaksud Budijanto yaitu para juara PENABUR Online Chess Festival berkesempatan untuk berlatih tanding dengan para Master dan Grand Master catur.

"Master challenge ini semacam coaching clinic. Jadi mereka punya kesempatan untuk belajar lagi dengan grand master catur. Pada saat mereka menjadi juara mereka berkesempatan untuk berlatih tanding dengan para master dan grand master dari Sekolah Catur Utut Adianto," kata Budijanto menjawab pertanyaan satuharapan.com dalam konferensi pers.

“Kami berharap para siswa ini benar-benar mendapat pengalaman berharga melalui festival ini,” kata Budijanto menambahkan.

BPK PENABUR mengajak semua pengurus, guru, karyawan, siswa-siswi dari tingkat SD ,SMP dan SMA serta Alumni untuk bergabung dalam Festival ini.

POCF memberikan banyak hadiah seperti uang tunai dengan total Rp8 Juta, piala, Master Challenge, dan bea siswa SCUA (Sekolah Catur Utut Adianto).

Pendaftaran POCF melalui tautan berikut ini https://bit.ly/Pendaftaran_POCF

PENABUR Online CHESS FESTIVAL

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Edu Fair
Back to Home