Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 18:40 WIB | Rabu, 07 September 2022

Perdagangan China Melemah pada Bulan Agustus

Pengunjung pada stan pameran yang mempromosikan peralatan olah raga musim dingin di China International Fair for Trade in Services (CIFTIS) di Beijing pada 1 September 2022. Pertumbuhan ekspor China melemah pada Agustus dan impor menyusut karena harga energi yang tinggi, inflasi, dan anti-virus pembatasan membebani permintaan konsumen global dan China. (Foto: AP/Andy Wong)

BEIJING, SATUHARAPAN.COM-Perdagangan China melemah pada Agustus karena harga energi yang tinggi, inflasi dan langkah-langkah anti-virus membebani permintaan konsumen global dan China, sementara impor minyak dan gas Rusia melonjak.

Ekspor China naik 7% dari tahun lalu menjadi US$314,9 miliar, melambat dari ekspansi Juli 18%, data bea cukai menunjukkan hari Rabu (7/9). Impor turun 0,2% menjadi US$235,5 miliar, dibandingkan dengan pertumbuhan 2,3% bulan sebelumnya yang sudah lemah.

Permintaan ekspor China telah melemah karena ekonomi Barat mendingin dan Federal Reserve (AS) serta bank sentral di Eropa dan Asia menaikkan suku bunga untuk menahan lonjakan inflasi. Di dalam negeri, penutupan berulang kali kota-kota China untuk memerangi wabah virus COVID-19 telah membebani keinginan konsumen untuk berbelanja.

"Perlambatan di sektor ekspor China menambah hambatan bagi ekonomi China," kata Rajiv Biswas dari S&P Global Market Intelligence dalam sebuah laporan. Kurangnya pertumbuhan impor menyoroti “lemahnya permintaan domestik China yang berkelanjutan.”

Pertumbuhan ekonomi terbesar kedua di dunia itu turun menjadi 2,5% pada paruh pertama 2022, kurang dari setengah target tahunan 5,5% oleh Partai Komunis yang berkuasa, setelah Shanghai dan pusat industri lainnya ditutup untuk memerangi wabah virus.

Pabrik-pabrik telah dibuka kembali, tetapi pembatasan baru-baru ini di daerah-daerah termasuk pusat bisnis di selatan, Shenzhen, membebani aktivitas. Begitu juga musim panas yang kering yang membuat waduk di barat daya tidak dapat menghasilkan tenaga listrik dan mengganggu pengiriman melalui sungai.

Dana Moneter Internasional dan peramal sektor swasta telah memangkas perkiraan pertumbuhan mereka yang sudah rendah. Surplus perdagangan global China menjadi 36,1% dibandingkan tahun sebelumnya menjadi US$79,4 miliar.

Ekspor ke Amerika Serikat merosot 3,8% dari tahun lalu menjadi US$49,8 miliar sementara impor barang-barang Amerika turun 7,3% menjadi US$13 miliar. Surplus perdagangan yang sensitif secara politik dengan Amerika Serikat yang membantu memicu perang tarif menyempit sebesar 2,4% menjadi US$36,7 miliar.

Presiden Joe Biden telah meninggalkan kenaikan tarif yang diberlakukan oleh pendahulunya, Donald Trump, dalam pertarungan atas taktik pengembangan teknologi Beijing. Beijing membalas dengan menaikkan bea masuknya sendiri dan mengatakan kepada perusahaan-perusahaan China untuk berhenti membeli ekspor Amerika.

Utusan dari kedua belah pihak berbicara melalui telepon tetapi belum mengumumkan tanggal untuk melanjutkan negosiasi.

Impor dari Rusia, sebagian besar minyak dan gas, melonjak 59,3% menjadi US$ 11,2 miliar karena China tampaknya memanfaatkan diskon yang ditawarkan oleh Kremlin untuk menarik pembeli dalam menghadapi sanksi Barat atas perangnya terhadap Ukraina.

Pembelian energi Rusia oleh China mengganggu Washington dan sekutunya, tetapi tidak melanggar sanksi terhadap Moskow. Tahun lalu, China membeli 20% dari ekspor minyak mentah Rusia, menurut Badan Energi Internasional.

Beijing menyatakan menjelang invasi Februari bahwa mereka memiliki persahabatan “tanpa batas” dengan Moskow. Ini mengkritik sanksi tetapi menghindari membantu Presiden Vladimir Putin karena takut kehilangan akses ke pasar Barat dan sistem perbankan global.

Sementara Ekspor ke Rusia naik 26,5% menjadi US$8 miliar. Ekspor ke 27 negara Uni Eropa turun 18,4% menjadi US$ 51,3 miliar, mencerminkan permintaan Eropa yang lemah.

Impor barang-barang Eropa anjlok 33,1% menjadi US$26 miliar. Surplus perdagangan China dengan Eropa melebar sebesar 5,4% menjadi $25,3 miliar. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home