Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 21:17 WIB | Kamis, 23 Juni 2022

Perdebatan Menyusul Apakah WHO Nyatakan Cacar Monyet sebagai Darurat Kesehatan

Tabung reaksi berlabel virus Monkeypox positif terlihat dalam ilustrasi ini yang diambil 22 Mei 2022. (Foto: Reuters)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang akan memutuskan apakah akan menyatakan cacar monyet sebagai darurat kesehatan global, menuai kritik dari para ilmuwan terkemuka Afrika yang mengatakan itu telah menjadi krisis di wilayah mereka selama bertahun-tahun.

Pertimbangan dan pengawasan tanggapan WHO terhadap wabah tersebut mengikuti kekhawatiran tentang bagaimana badan PBB dan pemerintah di seluruh dunia menangani COVID-19 pada awal 2020.

 “Keadaan darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional” adalah tingkat kewaspadaan tertinggi WHO. Badan tersebut tidak menyatakan pandemi, tetapi mulai menggunakan istilah untuk menggambarkan COVID-19 pada Maret 2020.

Bagi banyak pemerintah, itu, daripada deklarasi keadaan darurat sebelumnya pada bulan Januari, adalah saat mereka mulai mengambil tindakan nyata untuk mencoba menahan penyakit, yang terbukti terlambat untuk membuat perbedaan.

Monkeypox tidak menyebar semudah COVID-19 dan ada vaksin serta perawatan yang tersedia, tidak seperti virus corona ketika muncul. Tapi itu masih meningkatkan alarm.

Jumlah kasus dari wabah saat ini di luar Afrika telah mencapai 3.000 di lebih dari 40 negara, menurut penghitungan Reuters, sebagian besar di antara pria yang berhubungan seks dengan pria, sejak pertama kali dilaporkan pada bulan Mei. Belum ada laporan kematian.

Penyakit virus, yang menyebabkan gejala seperti flu dan lesi kulit, endemik di beberapa bagian Afrika. Benua itu telah mendaftarkan lebih dari 1.500 kasus yang dicurigai sejak awal 2022, di mana 66 di antara mereka berakibat fatal, menurut data resmi.

“Ketika suatu penyakit menyerang negara berkembang, itu bukan keadaan darurat. Ini hanya menjadi keadaan darurat ketika negara-negara maju terkena dampaknya,” kata Profesor Emmanuel Nakoune, penjabat direktur Institut Pasteur di Bangui, Republik Afrika Tengah, yang menjalankan uji coba pengobatan cacar monyet.

Namun, Nakoune mengatakan jika WHO menyatakan keadaan darurat, itu akan tetap menjadi langkah penting.

“Jika ada kemauan politik untuk berbagi secara adil sarana respons antara negara maju dan berkembang, masing-masing negara akan dapat diuntungkan,” katanya.

WHO akan mengadakan pertemuan tertutup para ahli pada pukul 12 malam. (10:00 GMT) di Jenewa. Masih belum jelas kapan keputusan itu akan diumumkan.

Pertemuan komite darurat pada hari Kamis (23/6) termasuk para ahli dari daerah yang paling terkena dampak, yang juga telah berkonsultasi dengan para ilmuwan termasuk Nakoune. Mereka akan membuat rekomendasi kepada Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, yang membuat keputusan akhir apakah akan memanggil keadaan darurat.

Langkah ini terutama berfungsi untuk membunyikan alarm, dan dapat meminta panduan lebih lanjut dari WHO, serta memusatkan perhatian di antara negara-negara anggota. WHO telah memberikan panduan terperinci tentang wabah tersebut dan mengatakan sedang mengerjakan mekanisme untuk berbagi perawatan dan vaksin.

Kebanyakan ahli setuju bahwa cacar monyet secara teknis memenuhi kriteria definisi darurat WHO. Ini adalah peristiwa yang tiba-tiba dan tidak biasa menyebar secara internasional, dan membutuhkan kerja sama lintas negara.

Tetapi WHO berada dalam posisi genting setelah COVID-19, menurut Clare Wenham, asisten profesor kesehatan global di London School of Economics.

Jika WHO menyatakan keadaan darurat dan negara-negara tidak bertindak, itu dapat merusak peran badan tersebut dalam mengendalikan penyakit global, katanya. "Mereka terkutuk jika mereka melakukannya, dan terkutuk jika mereka tidak melakukannya," tambahnya. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home