Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 06:17 WIB | Minggu, 16 Agustus 2020

Perempuan Anggota Perundingan Afghanistan Selamat dari Serangan Senjata

Anggota parlemen Afghanistan dan anggota tim perundingan, Fawzia Koofi. (Foto: dok. AP)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Seorang juru kampanye hak perempuan terkemuka dan anggota tim perundingan Afghanistan yang akan mengadakan pembicaraan dengan Taliban, Fawzia Koofi, terluka dalam serangan senjata di dekat Kabul, kata para pejabat hari Sabtu (15/8).

Orang-orang bersenjata melepaskan tembakan ke Koofi dan saudara perempuannya pada hari Jumat (14/8) ketika mereka kembali dari pertemuan untuk menyampaikan belasungkawa di Provinsi Parwan, juru bicara kementerian dalam negeri, Tariq Arian, mengatakan kepada AFP.

Serangan itu terjadi ketika kedua perempuan itu turun dari mobil mereka untuk membeli sesuatu, kata Arian.

Koofi, seorang anggota parlemen dan pengkritik keras Taliban, ditembak di tangan kanannya, katanya, seraya menambahkan bahwa dia dalam kondisi stabil. Sejauh ini belum ada kelompok yang mengklaim serangan itu.

Kepala negosiator tim perunding Afghanistan, Mohammad Masoom Stanekzai, mengkonfirmasi serangan terhadap Koofi. Dia mengatakan badan keamanan sedang menyelidiki insiden itu.

Politisi tersebut selamat dari upaya pembunuhan sebelumnya pada tahun 2010, ketika orang-orang bersenjata menembaki dia saat dia kembali ke Kabul setelah acara Hari Perempuan Internasional.

Koofi, mantan wakil ketua parlemen, adalah salah satu dari empat negosiator perempuan dalam tim perunding Afghanistan.

Kelompok itu akan segera memulai pembicaraan dengan Taliban yang bertujuan untuk mengakhiri konflik yang telah melanda Afghanistan selama 19 tahun.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home