Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:01 WIB | Senin, 04 April 2022

Perkembangan Invasi Rusia: Paus Fransiskus Sebut Perang Biadab

Perkembangan Invasi Rusia: Paus Fransiskus Sebut Perang Biadab
Paus Fransiskus memberikan hadiah kepada seorang gadis kecil ketika ia meninggalkan pusat 'Laboratorium Perdamaian Yohanes XXIII' untuk para migran yang ia dirikan pada tahun 1971 di Hal Far, Malta, Minggu, 3 April 2022. (Foto: AP/Rene Rossignaud)
Perkembangan Invasi Rusia: Paus Fransiskus Sebut Perang Biadab
Seorang perempuan berjalan di tengah tank Rusia yang hancur di Bucha, di pinggiran kota Kiev, Ukraina, Minggu, 3 April 2022. (Foto: AP/Rodrigo Abd)

VALLETTA, SATUHARAPAN.COM-Paus Fransiskus mengatakan dia sedang mempelajari kemungkinan kunjungan ke Kiev dan dia mengecam Presiden Rusia, Vladimir Putin, karena meluncurkan perang “biadab”.

Paus tiba di Malta dan menyampaikan kecamannya yang paling tajam dan personal tentang invasi Rusia ke Ukraina.

Paus Fransiskus tidak menyebut nama Putin, tetapi referensinya jelas ketika dia mengatakan bahwa "beberapa penguasa" telah melepaskan ancaman perang nuklir ke dunia dalam "agresi kekanak-kanakan dan destruktif" dengan kedok "klaim anakronis tentang kepentingan nasionalistik.”

Berbicara kepada pihak berwenang Malta pada hari Sabtu (2/4), Paus Fransiskus mengatakan: "Kami mengira bahwa invasi ke negara lain, pertempuran jalanan yang biadab, dan ancaman atom adalah kenangan suram dari masa lalu yang jauh."

Paus Fransisku sampai saat ini menghindari menyebut nama Rusia atau Putin. Tetapi personalisasi pada hari Sabtu dari sosok kuat yang bertanggung jawab menandai tingkat kemarahan baru bagi paus.

Berikut perkembangan lain terkait invasi militer Rusia di Ukraina:

Rusia Menjadi Ancaman, Finlandia Harus Memutuskan Keanggotaan NATO

HELSINKI, Perdana Menteri Finlandia mengatakan negaranya harus membuat keputusan tentang keanggotaan NATO “selama musim semi ini” setelah pemerintah dan anggota parlemen dengan hati-hati menilai pro dan kontra bergabung dengan aliansi militer, isu topikal di negara Nordik setelah invasi Rusia ke Ukraina.

Perdana Menteri, Sanna Marin, mengatakan pada hari Sabtu (2/4) bahwa “baik bergabung (NATO) dan tidak bergabung adalah pilihan yang memiliki konsekuensi. Kita perlu menilai efek jangka pendek dan jangka panjangnya. Pada saat yang sama, kita harus mengingat tujuan kita: memastikan keamanan Finlandia dan Finlandia dalam segala situasi.”

Marin mengatakan hubungan Finlandia dengan negara tetangga Rusia telah berubah secara permanen setelah invasi Moskow ke Ukraina bulan lalu, dan “dibutuhkan banyak waktu dan usaha untuk mengembalikan kepercayaan diri.”

Finlandia berbagi perbatasan sepanjuang 1.340 kilometer (830 mil) dengan Rusia, terpanjang di antara setiap anggota Uni Eropa.

Polandai Telah Memberikan ID bagi 625.000 Pengungsi Ukraina

WARSAWA, Pemerintah Polandia mengatakan telah mengeluarkan lebih dari 625.000 nomor identifikasi nasional untuk pengungsi Ukraina sejak Rusia melancarkan invasi.

Nomor ID, sesuatu yang dimiliki semua warga negara Polandia, memberi orang hak untuk mengakses perawatan kesehatan, sekolah, atau layanan negara lainnya. Polandia, negara yang menerima pengungsi Ukraina dalam jumlah terbesar, baru-baru ini memutuskan untuk memperpanjang hak-hak itu kepada warga Ukraina yang melarikan diri dari perang.

Lebih dari empat juta orang Ukraina sejauh ini telah melarikan diri, dan lebih dari 2,4 juta orang dari mereka telah menyeberang ke Polandia. Lainnya telah melarikan diri ke Rumania, Moldova, Slovakia dan Hongaria.

Namun, tidak jelas berapa banyak dari mereka yang tinggal di negara tempat mereka pertama kali tiba, dan berapa banyak yang pindah ke tempat lain, seperti Jerman, Italia, dan Spanyol.

33 TewasDalam Serangan Rusia ke Kota Mykolaiv, Ukraina

LVIV, Sedikitnya 33 orang tewas dan 34 lainnya cedera dalam serangan roket Rusia di gedung pemerintah daerah di kota pelabuhan Mykolaiv, Ukraina selatan. Pejabat Ukraina memberikan jumlah korban tewas terbaru dalam sebuah pernyataan hari Sabtu, memperbarui jumlah serangan mematikan yang melanda Mykolaiv pada hari Selasa.

Tim penyelamat yang dikirim oleh Layanan Darurat Negara telah mencari di puing-puing korban selamat sejak pasukan Rusia menyerang gedung, yang menampung kantor gubernur regional Vitaliy Kim. Gubernur, yang tidak berada di tempat pada saat serangan itu, kemudian memposting gambar media sosial yang menunjukkan lubang menganga di struktur sembilan lantai.

Jumlah korban tewas yang dikonfirmasi telah meningkat saat operasi pencarian dan penyelamatan berlanjut.

Mykolaiv, kota penting yang strategis dalam perjalanan ke pelabuhan Odesa terbesar di Ukraina, telah bertahan selama berminggu-minggu dari serangan pasukan Rusia.

Invasi Rusia dan Nasib Kerja Sama Stasiun Luar Angkasa Internasional

MOSKOW, Pejabat tinggi antariksa Rusia mengatakan masa depan Stasiun Luar Angkasa Internasional tergantung pada keseimbangan setelah Amerika Serikat, Uni Eropa, dan badan antariksa Kanada melewatkan tenggat waktu untuk memenuhi tuntutan Rusia untuk pencabutan sanksi terhadap perusahaan dan perangkat keras Rusia.

Kepala badan negara Roscosmos Rusia mengatakan kepada wartawan pada hari Sabtu (2/4) pagi bahwa badan tersebut sedang mempersiapkan laporan tentang prospek kerja sama internasional di stasiun tersebut, untuk dipresentasikan kepada otoritas federal "setelah Roscosmos menyelesaikan analisisnya."

Kepala Roscosmos, Dmitry Rogozin, menyiratkan di TV pemerintah Rusia bahwa sanksi Barat, beberapa di antaranya sebelum aksi militer Rusia di Ukraina, dapat mengganggu pengoperasian pesawat ruang angkasa Rusia yang melayani ISS.

Dia menekankan bahwa mitra Barat membutuhkan ISS dan “tidak dapat mengelola tanpa Rusia, karena tidak seorang pun kecuali kami yang dapat mengirimkan bahan bakar ke stasiun.”

Rogozin menambahkan bahwa “hanya mesin kapal kargo kami yang dapat memperbaiki orbit ISS, menjaganya agar tetap aman dari puing-puing luar angkasa.”

Kemudian pada hari Sabtu, Rogozin menulis di saluran Telegramnya bahwa ia menerima tanggapan dari rekan-rekan Baratnya yang bersumpah untuk mempromosikan “kerja sama lebih lanjut di ISS dan operasinya.”

Menanggapi sanksi Barat bulan lalu, Rogozin memperingatkan pada saat itu bahwa tanpa bantuan Rusia, ISS bisa "jatuh ke laut atau ke darat," dan mengklaim bahwa lokasi kecelakaan tidak mungkin berada di Rusia.

Turki Tawarkan Bantu Evakuasi Warga Mariupol

ISTANBUL, Turki telah menawarkan untuk membantu mengevakuasi warga sipil dari kota pelabuhan Mariupol yang terkepung di Ukraina dengan kapal. Menteri pertahanan Turki mengatakan pada hari Sabtu bahwa “kami dapat memberikan dukungan kapal untuk evakuasi warga sipil dan warga Turki yang terluka dan negara-negara lain di Mariupol dari laut.”

Kantor berita Turki, Anadolu, melaporkan bahwa Hulusi Akar mengatakan Turki sedang mengoordinasikan kemungkinan evakuasi dengan otoritas Federasi Rusia dan Ukraina.

Mariupol, di Laut Azov, telah menghadap beberapa penderitaan terburuk dari perang. Komite Internasional untuk Palang Merah sedang berusaha untuk memindahkan beberapa dari 100.000 orang yang diyakini masih tinggal di kota itu.

Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, mengatakan pada hari Jumat bahwa sekitar 30 warga negara Turki masih berada di kota itu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home