Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:24 WIB | Kamis, 17 Maret 2022

Perkembangan Invasi Rusia: Polandia Sebut Rusia Terorisme Negara

Perkembangan Invasi Rusia: Polandia Sebut Rusia Terorisme Negara
Seorang perempuan tua dibantu oleh polisi setelah dia diselamatkan oleh petugas pemadam kebakaran dari dalam apartemennya setelah pemboman di Kiev, Ukraina, hari Selasa, 15 Maret 2022. Serangan Rusia di Ukraina telah mendekati pusat Kiev dengan serangkaian serangan menghantam lingkungan perumahan ketika pemimpin tiga negara anggota Uni Eropa merencanakan kunjungan ke ibukota Ukraina diperangi. (Foto: AP/Felipe Dana)
Perkembangan Invasi Rusia: Polandia Sebut Rusia Terorisme Negara
Seorang tentara Ukraina melewati bus troli dan taksi yang hancur setelah serangan bom Rusia di Kiev, Ukraina, Senin, 14 Maret 2022. (Foto: AP/Efrem Lukatsky)

PBB, SATUHARAPAN.COM-Menteri luar negeri Polandia menuduh Rusia “terorisme negara” karena menargetkan warga sipil, sekolah, rumah sakit, dan infrastruktur sipil lainnya “dalam upaya mematahkan semangat rakyat Ukraina.”

Zbigniew Rau mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB pada hari Senin (14/3) bahwa “agresi Rusia yang tidak beralasan, tidak dapat dibenarkan dan direncanakan” terhadap Ukraina “tidak dipersiapkan dengan baik, dan dieksekusi (dan) ternyata menjadi kegagalan strategis dan taktis.”

“Tetapi alih-alih mencegah kematian lebih lanjut yang tidak perlu di jajarannya sendiri, Kremlin mengubah taktiknya,” katanya. “Pasukan penyerang mulai menargetkan penduduk sipil dan infrastruktur” yang melanggar Konvensi Jenewa dan hukum humaniter internasional untuk mencoba mematahkan perlawanan Ukraina.

Rau berbicara pada pertemuan tahunan Dewan Keamanan PBB dengan Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama sebagai ketua bergilir OSCE.

 

30.000 Pasukan dari 25 Negara Anggota NATO Gelar Latihan Militer

KOPENHAGEN, Latihan militer NATO yang direncanakan dengan sekitar 30.000 tentara dari lebih dari 25 negara dari Eropa dan Amerika Utara dimulai di Norwegia utara pada hari Senin (14/3).

NATO mengatakan bahwa latihan tersebut, bernama Cold Response yang mencakup 200 pesawat dan 50 kapal, “tidak terkait dengan invasi Rusia yang tidak beralasan dan tidak dapat dibenarkan ke Ukraina.”

Latihan di Norwegia yang merupakan anggota NATO, yang berbatasan dengan Rusia hampir 200 kilometer (124 mil), akan diadakan hanya beberapa ratus kilometer dari perbatasan Rusia dan direncanakan jauh sebelum invasi Moskow ke Ukraina.

 

Presiden Ukraina Akan Pidato di Kongres dan Senat AS

WASHINGTON DC, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, akan menyampaikan pidato melalui video kepada Kongres Amerika Serikat saat perang Rusia di negaranya semakin intensif.

Zelenskyy akan berbicara pada hari Rabu kepada anggota Kongres dan Senat, para pemimpin Demokrat mengumumkan.

"Kongres, negara kami, dan dunia kagum dengan rakyat Ukraina," kata Ketua Kongres AS, Nancy Pelosi, dan Pemimpin Mayoritas Senat, Chuck Schumer, dalam sebuah pernyataan, hari Senin.

Kongres baru-baru ini menyetujui dana sebesar US$ 13,6 miliar untuk bantuan militer dan kemanusiaan darurat untuk Ukraina.

“Kami menantikan hak istimewa untuk menyambut pidato Presiden Zelenskyy di Kongres dan Senat dan untuk menyampaikan dukungan kami kepada rakyat Ukraina, karena mereka dengan berani membela demokrasi,” kata para pemimpin.

 

Rusia Tuduh Ukraina Bunuh Warga Sipil

MOSKOW, Militer Rusia menuduh bahwa 20 warga sipil telah tewas oleh rudal balistik yang diluncurkan oleh pasukan Ukraina.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Mayjen Igor Konashenkov, mengatakan bahwa rudal Tochka-U buatan Soviet pada hari Senin (14/3) menghantam bagian tengah kota timur Donetsk, pusat wilayah separatis Donetsk.

Dia mengatakan bahwa 28 warga sipil lainnya, termasuk anak-anak, terluka parah oleh rudal yang membawa hulu ledak pecahan peluru.

Konashenkov mengatakan rudal itu ditembakkan dari daerah barat laut Donetsk yang dikendalikan oleh pasukan Ukraina. Dia menuduh bahwa penembakan di daerah Donetsk yang tidak memiliki fasilitas militer merupakan kejahatan perang. Klaim Konashenkov tidak dapat diverifikasi secara independen.

 

Aktivis Polandia Blokir Truk Rusia Cegah Bawa Suku Cadang untuk Militer

WARSAWA, Aktivis di Polandia memblokir truk Rusia dan Belarusia dalam upaya untuk mencegah mereka melintasi perbatasan Belarusia dengan obat-obatan, makanan dan suku cadang untuk militer Rusia.

Belarusia bersekutu dengan Rusia. Aktivis khawatir barang-barang itu akan membantu memperkuat militer Rusia karena mengintensifkan perangnya melawan Ukraina.

Tomasz Grodzki, pembicara Senat yang dikuasai oposisi, mengkritik pemerintah sayap kanan Polandia karena mengizinkan truk untuk terus melintasi Polandia ke Belarusia.

“Saya muak dengan kurangnya sanksi oleh pemerintah kami,” kata Grodzki, dalam komentar yang dibawa oleh kantor berita Polandia PAP pada hari Senin (14/3).

Namun, juru bicara partai yang berkuasa, Radoslaw Fogiel, mengatakan Polandia mengharapkan Uni Eropa untuk menutup transportasi ke Rusia dan Belarusia.

 

Militer Rusia Rusak Lagi Listrik di Chernobyl

LVIV, Perusahaan listrik negara Ukraina mengatakan saluran listrik yang memasok lokasi bencana nuklir Chernobyl tahun 1986 telah dirusak lagi oleh pasukan Rusia setelah diperbaiki.

Perusahaan Ukrenergo mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin (14/3) bahwa teknisinya telah mulai memasok listrik pada hari Minggu malam tetapi "sebelum catu daya dipulihkan sepenuhnya, pasukan pendudukan merusaknya lagi." Ukrenergo mengatakan akan mencoba perbaikan lain.

Listrik tersebut digunakan untuk memasok pompa dan peralatan lain yang menjaga bahan bakar nuklir bekas di bekas pembangkit listrik tetap dingin untuk mencegah kebocoran radiasi.

Situs Chernobyl juga dilengkapi dengan generator diesel, dan pihak berwenang Belarusia mengatakan pekan lalu bahwa mereka telah menyiapkan pasokan listrik darurat dari perbatasan terdekat.

Badan Energi Atom Internasional telah mengecilkan kekhawatiran atas keamanan limbah nuklir di Chernobyl, mengatakan bahwa kolam pendingin di sana cukup besar untuk menjaga bahan bakar bekas dalam kondisi aman bahkan jika pasokan listrik terputus. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home