Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 09:56 WIB | Sabtu, 05 Maret 2022

Perkembangan Invasi Rusia: Polandia Tangkap Mata-mata Rusia

Perkembangan Invasi Rusia: Polandia Tangkap Mata-mata Rusia
Para perempuan memegang spanduk menentang Presiden Rusia Vladimir Putin saat mereka menghadiri protes pro Ukraina menentang invasi Rusia ke Ukraina di Tel Aviv, Israel, Kamis, 3 Maret 2022. (Foto: AP/Ariel Schalit)
Perkembangan Invasi Rusia: Polandia Tangkap Mata-mata Rusia
Mantan tentara Ukraina yang terluka dalam pertempuran, memberikan instruksi tentang cara menangani senjata dan bergerak selama konflik kepada warga sipil di pinggiran Lviv, Ukraina barat, Kamis, 3 Maret 2022. Kelompok yang tidak memiliki pengalaman tempur memutuskan untuk belajar keterampilan militer untuk mempertahankan negara mereka dari invasi pasukan Rusia. (Foto: AP/Felipe Dana)

WARSAW, SATUHARAPAN.COM-Dinas keamanan Polandia mengatakan mereka telah menangkap seorang warga Spanyol karena dicurigai menjadi mata-mata untuk Rusia.

Juru bicara dinas keamanan, Stanislaw Zaryn, mengatakan pria itu, yang lahir di Rusia tetapi memegang paspor Spanyol, ditangkap pada malam 27 Februari di sebuah hotel di Przemysl, di tenggara Polandia, dan berstatus jurnalis.

Przemysl, dekat perbatasan Polandia dengan Ukraina, adalah salah satu titik utama di mana ratusan ribu pengungsi Ukraina tiba saat mereka melarikan diri dari invasi Rusia.

Juga, ribuan pasukan tambahan AS yang baru-baru ini dikerahkan ke Polandia untuk memperkuat sayap timur NATO ditempatkan di daerah tersebut.

Pria itu diduga mengumpulkan informasi yang sensitif terhadap keamanan dan pertahanan Polandia, kata Zaryn kepada The Associated Press.

Pria itu dituduh menjadi mata-mata untuk Rusia. Jika terbukti bersalah, dia bisa mendapatkan hingga 10 tahun penjara.

 

Jepang Kirim Peralatan Pertahanan ke Ukraina

TOKYO, Jepang mengirim rompi antipeluru, helm, dan perlengkapan pertahanan lainnya ke Ukraina untuk membantu negara itu melawan invasi Rusia.

Ini adalah langkah langka yang dilakukan Jepang yang memiliki prinsip tidak mengirimkan pasokan pertahanan ke negara-negara yang berkonflik.

Kepala Sekretaris Kabinet, Hirokazu Matsuno, mengatakan kepada wartawan hari Jumat (4/3) bahwa pengiriman dan rincian logistik lainnya sedang diselesaikan setelah keputusan oleh Dewan Keamanan Nasional.

Rompi antipeluru, helm, tenda, serta generator, makanan, pakaian musim dingin, dan perlengkapan medis akan dikirimkan oleh pesawat Pasukan Bela Diri, kata Matsuno.

Pengiriman yang direncanakan datang setelah permintaan dari Ukraina. Jepang, karena prinsip pasifisnya, hanya memasok barang-barang yang tidak mematikan, kata Matsuno.

“Perubahan status quo sepihak (Rusia) dengan paksa, yang sama sekali tidak diizinkan, adalah tindakan yang mengguncang fondasi tatanan internasional,” katanya. “Masyarakat internasional bersatu dan mengambil langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk mendukung Ukraina.”

 

Mantan Kanselir Austria Berhenti dari Jabatan di Perusahaan Rusia

BERLIN, Mantan kanselir Austria, Wolfgang Schuessel, telah berhenti dari jabatannya di dewan pengawas perusahaan minyak Rusia Lukoil.

Kantor Pers Austria mengutip Schuessel pada hari Jumat mengatakan bahwa sementara dia selalu mendukung "hubungan konstruktif" antara Rusia dan Uni Eropa, invasi Rusia ke tetangga Ukraina telah "melewati garis merah."

Schuessel mengatakan dia telah bekerja untuk membantu menghasilkan, dan pernyataan oleh Lukoil minggu ini yang menyerukan diakhirinya konflik.

 

Denmark Waspada Dampak Serangan Rusia ke Pembangkit Tenaga Nuklir Ukraina

KOPENHAGEN, Dengan orang Eropa yang terkesima oleh serangan Rusia terhadap pembangkit listrik tenaga nuklir di Ukraina, otoritas kesehatan Norwegia ingin pemerintah kota meninjau kesiapan yodium untuk anak di bawah 18 tahun, wanita hamil dan menyusui.

"Meskipun tidak ada emisi dari pembangkit listrik tenaga nuklir di Ukraina yang dilaporkan, risiko kecelakaan dan insiden lebih tinggi dari biasanya karena perang di negara itu," kata wakil direktur kesehatan Espen Rostrup Nakstad, hari Jumat.

Sejak 2017, tablet yodium telah direkomendasikan sebagai tindakan darurat oleh Direktorat Perlindungan Radiasi dan Keselamatan Nuklir (DSA) dan Direktorat Kesehatan Norwegia, kata yang terakhir dalam sebuah pernyataan.

Ia menambahkan bahwa sekitar 2,2 juta tablet disimpan di kota untuk tujuan ini. Selain itu, orang yang berusia antara 18 dan 40 tahun dianjurkan untuk membeli tablet yodium di apotek sebagai persiapan diri.

“Dalam situasi saat ini, penggunaan tablet yodium tidak relevan, tetapi kami masih ingin pemerintah kota memastikan bahwa tablet itu tersedia dalam waktu singkat jika diperlukan,” kata Rostrup Nakstad.

Laporan terbaru mengatakan penjualan tablet yodium di Denmark, Swedia dan Finlandia telah meningkat tajam sejak invasi Rusia ke Ukraina.

 

PBB Tunjuk Panel Ahli Pantau Pelanggaran HAM oleh Rusia

JENEWA, Badan hak asasi manusia tertinggi PBB telah memilih untuk menunjuk panel ahli yang terdiri dari tiga orang untuk memantau hak asasi manusia di Ukraina, tempat pasukan Rusia menyerang.

Dewan Hak Asasi Manusia memberikan suara 32-2, dengan 13 abstain, untuk meloloskan resolusi yang diajukan oleh banyak negara Barat dan lainnya yang telah berbicara menentang serangan Moskow terhadap tetangganya.

Hanya Rusia dan Eritrea yang menentang resolusi tersebut, dengan China abstain. Pemungutan suara hari Jumat adalah puncak dari debat mendesak yang diserukan oleh Ukraina, di mana sebagian besar anggota dewan mengecam Rusia.

Banyak utusan Barat memakai dasi biru atau kuning, syal, jaket atau pita di kerah mereka, mengacu pada warna bendera Ukraina. Negara-negara yang jauh seperti Gambia dan Malaysia berbicara menentang invasi.

Hasilnya membuktikan meningkatnya isolasi internasional Rusia: Pada hari Senin, lima negara, termasuk China, telah memberikan suara menentang upaya Ukraina untuk mengadakan debat mendesak.

Duta Besar Ukraina, Yevheniia Filipenko, matanya merah karena emosi, mengatakan kepada delegasi setelah pemungutan suara: “Saya berterima kasih kepada semua orang yang memilih hal yang benar.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home