Loading...
SAINS
Penulis: Prasasta Widiadi 10:25 WIB | Sabtu, 11 Februari 2017

Perpustakaan Harus Berorientasi Pengembangan Peradaban

Menag Lukman Hakim Saifuddin meninjau fasilitas bookless library system di perpustakaan IAIN Purwokerto. (Foto: kemenag.go.id)

PURWOKERTO, SATUHARAPAN.COM – Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim Saifuddin menekankan sebuah perguruan tinggi harus dapat mengembangkan Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam upaya menjaga peradaban manusia atau  juga mampu mengembangkan ke arah yang lebih baik. Salah satu cara menjaga Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni dengan menghadirkan perpustakaan yang berorientasi untuk masa depan.

“Karenanya, perpustakaan harus diorientasikan bagaimana mengembangkan peradaban di masa mendatang, kewajiban kita menyiapkan tradisi baik yang relevan dengan kehidupan masa mendatang," kata Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin saat meresmikan Gedung Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto, Jumat (10/2).

Gedung berlantai lima tersebut dibangun dengan sumber dana dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dilengkapi dengan sejumlah fasilitas memadai diantaranya sistem Bookless Library System yang bisa diakses mahasiswa dan masyarakat.

Lukman Hakim  dalam kesempatan tersebut melihat koleksi buku yang ada dalam sistem atau aplikasi di perpustakaan tersebut, setelah sebelumnya  menandatangani prasasti peresmian gedung tersebut.

“Ini sudah bagus, namun saya minta ini diintegrasikan dengan i-Santri yang telah kita miliki agar bisa diakses santri,” kata Lukman Hakim.

Dalam kesempatan tersebut, Lukman Hakim menyaksikan  pendandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) antara Perpustakaan Nasional dengan IAIN Purwokerto, IAIN Alaudin Makassar, Universitas Jenderal Soedirman, dan sejumlah perguruan tinggi lain.

Penandatanganan MoU dilakukan Kepala Perpustakaan Nasional dan pimpinan perguruan tinggi masing-masing, juga dalam kesempatan tersebut dilakukan MoU antara IAIN Purwokerto dengan pihak Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).

“Saya bersyukur, IAIN Purwokerto lebih maju selangkah dan diharapkan diikuti oleh yang lain, dan saat ini sejumlah perguruan tinggi Islam sudah masuk ke lingkup perguruan tinggi terbaik, ini harus kita jaga dengan baik," kata Lukman Hakim. (kemenag.go.id)

 


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home