Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 16:59 WIB | Selasa, 11 Januari 2022

Pertama Dilakukan Transplantasi Jantung Babi ke Manusia

Pertama Dilakukan Transplantasi Jantung Babi ke Manusia
Foto dari Fakultas Kedokteran Universitas Maryland: anggota tim bedah menunjukkan jantung babi untuk ditransplantasikan ke pasien David Bennett di Baltimore pada Jumat, 7 Januari 2022. Pada Senin, 10 Januari 2022, kata pihak rumah sakit bahwa pasien baik-baik saja tiga hari setelah operasi yang sangat eksperimental. (Foto: Mark Teske/University of Maryland School of Medicine via AP)
Pertama Dilakukan Transplantasi Jantung Babi ke Manusia
Foto dari keluarga menunjukkan dari kiri, David Bennett Jr, Preston Bennett, David Bennett Sr, Gillian Bennett, Nicole (Bennett) McCray, Sawyer Bennett, Kristi Bennett pada 2019. (Foto: Byron Dillard via AP)

MARYLAND, SATUHARAPAN.COM-Dalam medis adalah yang pertama, dokter mentransplantasikan jantung babi ke pasien dalam upaya terakhir untuk menyelamatkan hidupnya, dan rumah sakit Maryland di Amerika Serikat mengatakan pada hari Senin (10/1) bahwa pasien baik-baik saja tiga hari setelah operasi yang sangat eksperimental.

Meskipun terlalu dini untuk mengetahui apakah operasi itu benar-benar akan berhasil, ini menandai langkah dalam pencarian selama puluhan tahun untuk suatu hari nanti menggunakan organ hewan untuk transplantasi yang menyelamatkan jiwa.

Dokter di University of Maryland Medical Center mengatakan transplantasi menunjukkan bahwa jantung dari hewan yang dimodifikasi secara genetik dapat berfungsi dalam tubuh manusia tanpa penolakan langsung.

Pasiennya, David Bennett, seorang tukang di Maryland berusia 57 tahun. Dia tahu tidak ada jaminan percobaan akan berhasil tetapi dia dalam kondisi sekarat, tidak memenuhi syarat untuk transplantasi jantung manusia dan tidak punya pilihan lain, putranya mengatakan kepada The Associated Press.

“Itu baik, mati atau melakukan transplantasi ini. Saya ingin hidup. Saya tahu ini adalah upaya dalam kegelapan, tetapi ini adalah pilihan terakhir saya," kata Bennett sehari sebelum operasi, menurut sebuah pernyataan yang diberikan oleh Fakultas Kedokteran Universitas Maryland.

Pada hari Senin, Bennett bernapas sendiri saat masih terhubung ke mesin jantung-paru untuk membantu jantung barunya. Beberapa pekan ke depan akan menjadi masa kritis karena Bennett pulih dari operasi dan dokter dengan hati-hati memantau bagaimana kondisi jantungnya.

Kekurangan Donor

Ada kekurangan besar organ manusia yang disumbangkan untuk transplantasi, mendorong para ilmuwan untuk mencoba mencari cara menggunakan organ hewan sebagai gantinya. Tahun lalu, ada lebih dari 3.800 transplantasi jantung di Amerika Serikat, sebuah rekor, menurut United Network for Organ Sharing, yang mengawasi sistem transplantasi negara.

“Jika ini berhasil, akan ada pasokan organ-organ ini tanpa henti untuk pasien yang menderita,” kata Dr. Muhammad Mohiuddin, direktur ilmiah program transplantasi hewan ke manusia di universitas Maryland.

Tetapi upaya sebelumnya pada transplantasi semacam itu, atau xenotransplantasi, telah gagal, terutama karena tubuh pasien dengan cepat menolak organ hewan tersebut. Khususnya, pada tahun 1984, Baby Fae, bayi yang sekarat, hidup 21 hari dengan hati dari babon.

Perbedaannya kali ini: ahli bedah Maryland menggunakan jantung babi yang telah menjalani pengeditan gen untuk menghilangkan gula dalam selnya yang bertanggung jawab atas penolakan organ yang sangat cepat itu. Beberapa perusahaan biotek sedang mengembangkan organ babi untuk transplantasi manusia; yang digunakan untuk operasi hari Jumat itu berasal dari Revivicor, anak perusahaan United Therapeutics.

“Saya pikir Anda dapat menggolongkannya sebagai peristiwa yang menentukan,” kata Dr. David Klassen, kepala petugas medis UNOS, tentang transplantasi Maryland.

Namun, Klassen memperingatkan bahwa ini hanya langkah tentatif pertama untuk mengeksplorasi apakah kali ini, xenotransplantasi akhirnya bisa berhasil.

Food and Drug Administration, yang mengawasi eksperimen semacam itu, mengizinkan operasi di bawah otorisasi darurat "penggunaan penuh kasih", tersedia ketika pasien dengan kondisi yang mengancam jiwa tidak memiliki pilihan lain.

Dari Primata ke Babi

Sangat penting untuk membagikan data yang dikumpulkan dari transplantasi ini sebelum memperluasnya ke lebih banyak pasien, kata Karen Maschke, seorang peneliti di Hastings Center, yang membantu mengembangkan rekomendasi etika dan kebijakan untuk uji klinis pertama di bawah hibah dari Institut Kesehatan Nasional.

“Terburu-buru melakukan transplantasi dari hewan ke manusia tanpa informasi ini tidak akan disarankan,” kata Maschke. Selama bertahun-tahun, para ilmuwan telah beralih dari primata ke babi, dengan mengutak-atik gen mereka.

September lalu, para peneliti di New York melakukan percobaan yang menunjukkan bahwa jenis babi ini mungkin menjanjikan untuk transplantasi dari hewan ke manusia. Dokter untuk sementara menempelkan ginjal babi ke tubuh manusia yang sudah meninggal dan melihatnya mulai bekerja.

Transplantasi di Maryland membawa eksperimen mereka ke tingkat berikutnya, kata Dr. Robert Montgomery, yang memimpin penelitian itu di NYU Langone Health.

“Ini adalah terobosan yang benar-benar luar biasa,” katanya dalam sebuah pernyataan. “Sebagai penerima transplantasi jantung, saya sendiri dengan kelainan jantung genetik, saya senang dengan berita ini dan harapan yang diberikan kepada keluarga saya dan pasien lain yang pada akhirnya akan diselamatkan oleh terobosan ini.”

Operasi hari Jumat lalu memakan waktu tujuh jam di rumah sakit Baltimore. Dr Bartley Griffith, yang melakukan operasi, mengatakan kondisi pasien, gagal jantung dan detak jantung tidak teratur,  membuatnya tidak memenuhi syarat untuk transplantasi jantung manusia atau pompa jantung.

Griffith telah mentransplantasikan hati babi ke sekitar 50 babun selama lima tahun, sebelum menawarkan opsi itu kepada Bennett. “Kami belajar banyak setiap hari dengan pria ini,” kata Griffith. “Dan sejauh ini, kami senang dengan keputusan kami untuk maju. Dan dia juga: senyum lebar di wajahnya hari ini.”

Katup jantung babi juga telah berhasil digunakan selama beberapa dekade pada manusia, dan putra Bennett mengatakan bahwa ayahnya telah menerima satu sekitar satu dekade lalu.

Adapun transplantasi jantung, “Dia menyadari besarnya apa yang telah dilakukan dan dia benar-benar menyadari pentingnya itu,” kata David Bennett Jr. “Dia tidak bisa hidup, atau dia bisa bertahan sehari, atau dia bisa bertahan beberapa hari. Maksudku, kita tidak dikenal pada saat ini.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home