Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 16:22 WIB | Kamis, 12 April 2018

Pertama Kali, Arab Saudi Berpartisipasi di Festival Film Cannes

Ilustrasi. Wadjda, film produksi 2010 garapan sutradara perempuan Arab Saudi, Haifaa al-Mansour. (Foto: Tech Amergin)

SATUHARAPAN.COM – Baru saja dibentuk bulan lalu, Dewan Film Saudi (Saudi Film Council), mengumumkan akan berpartisipasi dalam gelaran Festival Film Cannes ke-71 dari 8 hingga 19 Mei.

Kerajaan Saudi, seperti diberitakan thenational.ae, akan membuka paviliun tempat para tamu dari acara akbar film di Prancis itu dapat bertemu pembuat film Arab Saudi dan para profesional industri perfilman, dan menggali pengetahuan tentang Arab Saudi sebagai lokasi syuting potensial.

Berita itu muncul beberapa hari setelah diumumkan film Black Panther akan menjadi film pertama yang diputar di pembukaan multiplex AMC di Riyadh pada 18 April, dan hanya kurang dari sebulan setelah investasi Arab Saudi di lembaga bakat Hollywood, Endeavour, terungkap. Endeavour menggelar acara di seluruh dunia, dari New York Fashion Week hingga pertarungan Ultimate Fighting Championship.

Sembilan film pendek karya sineas muda Arab Saudi akan diputar di Festival Film Cannes pada 14 Mei dan 15 Mei.

“Kerajaan Arab Saudi berharap kehadiran debutnya di festival merayakan dan mendukung keragaman bakat dan peluang dalam industri film Saudi,” kata Dr Awwad Alawwad, Menteri Kebudayaan dan Informasi Arab Saudi, dan Ketua Dewan Otoritas Budaya Umum.

“Dengan tradisi mendongeng yang kaya, Arab Saudi sedang memulai pengembangan industri yang berkelanjutan dan dinamis yang mendukung dan mendorong semua tahapan siklus film dan menawarkan para pembuat film dunia menjelajahi berbagai lokasi luar biasa,” ia menambahkan.

Industri film diidentifikasi sebagai salah satu pilar utama dari industri budaya yang akan membantu Saudi menuju rencana Visi 2030, yang berharap untuk melepaskan perekonomian dari ketergantungannya pada minyak.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home