Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Reporter Satuharapan 16:52 WIB | Sabtu, 07 Desember 2019

Pertama Kali, China Lepas Panda Raksasa ke Alam Bebas di Luar Sichuan

Ilustrasi. Seekor panda raksasa terlihat tengah makan di Taman Pelestarian dan Penelitian Panda Raksasa Jiawuhai yang baru dibuka di Wilayah Jiuzhaigou, Provinsi Sichuan, China barat daya, pada 7 November 2019. (Foto: Xinhua/Li Mengxin)

CHENGDU, SATUHARAPAN.COM – China berencana melepas satu atau dua ekor panda raksasa ke alam bebas di sebuah cagar alam di Provinsi Jiangxi, China timur, demikian disampaikan Pusat Pelestarian dan Penelitian Panda Raksasa China (China Conservation and Research Center for Giant Pandas/CCRCGP), Kamis (5/12).

Peristiwa itu akan menjadi kali pertama seekor panda raksasa dilepas ke alam bebas di luar Provinsi Sichuan, China barat daya, tempat 13 ekor panda lain telah dilepasliarkan hingga akhir tahun lalu.

Menurut CCRCGP, dalam rapat para ahli yang berlangsung di Jiangxi diputuskan bahwa satu atau dua ekor panda akan dilepas di Cagar Alam Nasional Guanshan Jiangxi.

Cagar alam tersebut memiliki iklim yang sejuk dan ekosistem yang cukup terjaga, dengan sumber daya bambu yang berlimpah. Selain itu, cagar alam itu minim intervensi manusia. Kondisi ini baik bagi panda raksasa dan satwa liar lainnya untuk hidup dan berkembang biak.

Kepada para pakar, tim peneliti CCRCGP menerangkan tentang pelatihan alam bebas untuk tiga panda bernama Panwang, Ranran, dan Yuner, semuanya berusia dua tahun. Panwang dan Ranran berjenis kelamin betina, sementara Yuner jantan.

Para peneliti juga menginformasikan kepada para pakar tentang metode penelitian program untuk reintroduksi dan lingkungan di cagar alam tersebut.

Tim pakar menyimpulkan ketiga panda siap mengikuti program reintroduksi dan cagar alam juga memenuhi syarat untuk program tersebut.

Program reintroduksi panda raksasa adalah pelepasan panda penangkaran ke area penyebaran historis mereka untuk hidup dan berkembang biak seusai menjalani pelatihan alam bebas guna membangun kembali populasi panda raksasa. (Xinhua/Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Zuri Hotel
Back to Home