Loading...
INDONESIA
Penulis: Bayu Probo 07:46 WIB | Selasa, 09 September 2014

Pertamina Nonaktifkan Karyawan Tersangka Penyelewengan BBM

Sejumlah petugas melintasi tangki yang berkapasitas 10.000 kiloliter di Terminal Transit BBM di Baubau, Sultra, Jumat (10/2). Dengan Perubahan Depot Baubau menjadi Terminal Transit diharapkan dapat meningkatkan kehandalan pasokan, mengurangi biaya distribusi BBM dan backup Instalasi Makassar dan Depot Bitung serta Depot-depot di wilayah Nusa Tenggara Timur bila terjadi kondisi krisis. (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – PT Pertamina (Persero) menonaktifkan karyawan berinisial Y yang menjadi tersangka penyelewengan Bahan Bakar Minyak (BBM) di Pekanbaru dan sekitarnya.

Manajer Media Pertamina Adiatma Sardjito dalam rilis yang diterima di Jakarta, Selasa (9/9), mengatakan penonaktifan Y terhitung sejak ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan pada 14 Juli 2014.

“Kami mendukung untuk mengusut tuntas masalah yang disangkakan kepada yang bersangkutan terkait dengan penyelewengan BBM di Terminal BBM Sei Siak, Pekanbaru periode 2008-2010,” katanya.

Menurut dia, Y juga dikenakan sanksi pemotongan gaji.

Ia melanjutkan apabila sudah ada keputusan tetap dan terbukti yang bersangkutan melakukan penyelewengan, maka hukuman bisa berujung pada pemecatan.

Adiatma menambahkan secara administratif tidak ditemukan selisih pengukuran di luar batas toleransi, baik berdasarkan batas perusahaan, apalagi internasional.

Menurut dia, Pertamina menetapkan batas toleransi selisih pengukuran maksimum 0,3 persen, sedangkan praktik terbaik internasional umumnya berlaku 0,5 persen.

Selisih pengukuran tersebut dapat terjadi karena antara lain penyusutan akibat penguapan, perubahan suhu, paralaks alat ukur, perubahan dasar tangki, atau perbedaan karakteristik media penampung.

Ia juga mengatakan saat ini konsumsi BBM di Indonesia mencapai sekitar 61 juta kiloliter per tahun.

Volume itu terdiri atas 46 juta kiloliter BBM bersubsidi yang disalurkan Pertamina dan dua badan usaha swasta.

Sisanya, 15 juta kiloliter merupakan BBM nonsubsidi untuk industri dan pembangkit yang dipasok puluhan perusahaan.

Khusus, di wilayah Pekanbaru dan sekitarnya, terdapat delapan pemasok.

“Selain itu juga terdapat BBM nonsubsidi yang dialokasikan bagi TNI dan Polri,” ujarnya. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home