Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:54 WIB | Rabu, 08 Maret 2023

Pertempuran di Bakhmut Terpanjang dan Berdarah Selama Invasi Rusia

Pertempuran di Bakhmut Terpanjang dan Berdarah Selama Invasi Rusia
Pemandangan kota Bakhmut, tempat pertempuran terberat dengan pasukan Rusia, wilayah Donetsk, Ukraina, Senin, 27 Februari 2023. Pengeboman Rusia yang tiada henti telah membuat Bakhmut menjadi gurun yang membara dengan beberapa bangunan yang masih berdiri utuh seperti milik Rusia dan tentara Ukraina telah bertempur sengit dari rumah ke rumah di tengah reruntuhan. (Foto: dok. AP/Yevhen Titov)
Pertempuran di Bakhmut Terpanjang dan Berdarah Selama Invasi Rusia
Rekaman ideo Bakhmut dari udara dengan drone untuk The Associated Press pada hari Senin, 13 Februari 2023, menunjukkan bagaimana pertempuran terpanjang dari invasi Rusia selama setahun telah mengubah kota tambang garam dan gipsum di timur Ukraina menjadi kota Hantu. (Foto: dok. AP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Pertempuran enam bulan memperebutkan kota Bakhmut di Ukraina telah menjadi pertempuran perang terpanjang dan paling berdarah sejauh ini dalam invasi Rusia ke tetangganya.

Sedikit dikenal di luar Ukraina sebelum invasi Rusia, Bakhmut telah menjadi simbol ketabahan dan ketekunan negara dalam menghadapi serangan Kremlin.

Kepemimpinan Ukraina berjanji lagi pekan ini untuk tetap mempertahankan kota, tetapi beberapa pengamat telah memperingatkan bahwa mempertahankannya bisa terlalu berbahaya dan mahal.

Berikut adalah tampilan Bakhmut, pertempuran dan konsekuensi yang mungkin terjadi.

Seperti Apa Kota Bakhmut?

Bakhmut, yang memiliki populasi lebih dari 70.000 jiwa sebelum perang, adalah pusat penting untuk penambangan garam dan gipsum di wilayah Donetsk di pusat industri negara yang dikenal sebagai Donbas.

Kota ini juga terkenal dengan produksi anggur bersoda di gua-gua bawah tanah yang bersejarah. Jalannya yang luas dengan deretan pepohonan, taman yang rimbun, dan pusat kota yang megah dengan bangunan abad ke-19 yang megah menjadikannya objek wisata yang populer.

Ketika pemberontakan separatis melanda Donbas pada April 2014, beberapa pekan setelah aneksasi ilegal Semenanjung Krimea Ukraina oleh Moskow, separatis yang didukung Rusia memenangkan kendali atas kota tersebut tetapi kehilangannya beberapa bulan kemudian.

Bagaimana Pertempuran Berlangsung?

Pasukan Rusia pertama kali berusaha untuk merebut kembali Bakhmut pada awal Agustus tetapi berhasil dipukul mundur.

Pertempuran mereda pada bulan-bulan berikutnya ketika militer Rusia menghadapi serangan balasan Ukraina di timur dan selatan, tetapi pertempuran berlanjut dengan kecepatan penuh akhir tahun lalu. Pada bulan Januari, Rusia merebut kota tambang garam Soledar hanya beberapa kilometer (mil) di utara Bakhmut dan maju ke pinggiran kota.

Pengeboman Rusia yang tiada henti telah membuat Bakhmut menjadi gurun yang membara dengan hanya sedikit bangunan yang masih berdiri. Tentara Rusia dan Ukraina telah bertempur sengit dari rumah ke rumah di antara reruntuhan.

Tentara bayaran dari Grup Wagner Rusia telah mempelopori serangan, berbaris di atas “mayat pasukan mereka sendiri” seperti yang dikatakan pejabat Ukraina. Pada akhir Februari, Rusia mendekati satu-satunya jalan raya yang menuju ke luar kota dan membidiknya dengan artileri, memaksa pasukan Ukraina untuk semakin mengandalkan jalan pedesaan, yang sulit digunakan sebelum tanah mengering.

 

Apa Komentar Pejabat Rusia dan Ukraina tentang Pertempuran di Sana?

Otoritas Ukraina memuji kota itu sebagai "benteng Bakhmut" yang tak terkalahkan yang telah menghancurkan gelombang penyerang Rusia.

Saat pasukan Rusia menutup kota itu, seorang pembantu presiden memperingatkan pekan lalu bahwa militer dapat “secara strategis mundur” jika diperlukan. Namun pada hari Senin, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, dan para jenderal utamanya memutuskan bahwa tentara akan tetap mempertahankan Bakhmut dan memperkuat pasukannya di sana.

Bagi Kremlin, merebut Bakhmut sangat penting untuk mencapai tujuan yang dinyatakan untuk menguasai seluruh Donetsk, salah satu dari empat wilayah Ukraina yang dianeksasi secara ilegal oleh Moskow pada bulan September.

Menteri Pertahanan Rusia, Sergei Shoigu, mengatakan pada hari Selasa (7/3) bahwa penyitaan Bakhmut akan memungkinkan Rusia untuk menekan serangannya lebih dalam ke wilayah tersebut.

Yevgeny Prigozhin, jutawan nakal yang memiliki Grup Wagner, menuduh pasukannya menghancurkan unit Ukraina terbaik di Bakhmut untuk mencegah mereka melancarkan serangan di tempat lain.

Pada saat yang sama, dia dengan keras mengkritik Kementerian Pertahanan Rusia karena gagal memberi Wagner amunisi dalam komentar yang mencerminkan ketegangannya yang lama dengan petinggi militer dan mengungkap masalah yang dapat memperlambat serangan Rusia.

Apa Kata Para Ahli?

Pakar militer mencatat bahwa Ukraina telah mengubah Bakhmut menjadi “penggiling daging” bagi pasukan Rusia yang paling mampu. “Itu telah mencapai tujuannya sebagai landasan yang telah menghancurkan begitu banyak nyawa Rusia,” kata Lord Richard Dannatt, mantan kepala staf umum angkatan bersenjata Inggris, di Sky News.

Phillips P. O'Brien, profesor studi strategis di Universitas St Andrews, mengatakan pertempuran untuk merebut Bakhmut "menegaskan bahwa tentara Rusia masih berjuang dengan operasi dasar."

Dia mencatat bahwa penekanan terus-menerus Kremlin pada perampasan tanah terlepas dari kerugiannya berarti bahwa “tujuan strategis Rusia sangat menguras darah tentara Rusia.”

Sementara pejabat Ukraina dan Barat menunjukkan bahwa kerugian pertempuran Rusia jauh lebih tinggi daripada Ukraina, beberapa pengamat berpendapat bahwa pertahanan Bakhmut mengganggu sumber daya Ukraina yang dapat digunakan dalam serangan balasan yang direncanakan di musim semi nanti.

Michael Kofman, direktur studi Rusia di CAN, sebuah think-tank yang berbasis di Washington, mengamati bahwa para pejuang Ukraina “mencapai banyak hal, mengeluarkan tenaga dan amunisi Rusia,” tetapi menambahkan bahwa mungkin bijaksana bagi Ukraina untuk menyelamatkan pasukannya untuk operasi ofensif di masa depan.

"Strategi dapat mencapai titik pengembalian yang semakin berkurang," dan mengingat bahwa Ukraina "mencoba untuk menggunakan sumber daya untuk serangan, itu dapat menghambat keberhasilan operasi yang lebih penting," katanya.

Apa Yang Mungkin Terjadi Berikutnya?

Pejabat Ukraina dan Barat menekankan bahwa mundurnya Ukraina dari Bakhmut tidak akan memiliki signifikansi strategis atau mengubah jalannya konflik.

Militer Ukraina telah memperkuat garis pertahanan di sebelah barat Bakhmut untuk memblokir gerak maju Rusia jika pasukan Ukraina akhirnya mundur dari kota. Kota terdekat Chasiv Yar yang terletak di atas bukit hanya beberapa kilometer ke barat bisa menjadi benteng berikutnya melawan Rusia. Lebih jauh ke barat adalah Kramatorsk dan Sloviansk, benteng pertahanan Ukraina yang dijaga ketat di Donetsk.

Dan bahkan ketika militer Rusia mencoba untuk melanjutkan ofensifnya di Donetsk, ia perlu mempertahankan kontingen besar di bagian lain Donbas dan di wilayah Zaporizhzhia selatan di mana pasukan Ukraina secara luas diperkirakan akan melancarkan serangan balasan berikutnya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home