Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:12 WIB | Senin, 13 Juni 2022

Pertempuran Donbas Bisa Menjadi Penentu dalam Perang Ukraina

Pertempuran Donbas Bisa Menjadi Penentu dalam Perang Ukraina
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, kanan tengah, berfoto selfie dengan para prajurit di dekat garis depan di wilayah Donetsk, Ukraina, hari Minggu, 5 Juni 2022. (Foto: Kantor Pers Kepresidenan Ukraina via AP)
Pertempuran Donbas Bisa Menjadi Penentu dalam Perang Ukraina
Peluncur roket ganda milik milisi Republik Rakyat Donetsk menembak dari posisinya tidak jauh dari Panteleimonivka, di wilayah di bawah pemerintahan Republik Rakyat Donetsk, Ukraina timur, Sabtu, 28 Mei 2022. (Foto: dok. AP/Alexei Alexandrov)
Pertempuran Donbas Bisa Menjadi Penentu dalam Perang Ukraina
Tank-tank Ukraina bergerak di wilayah Donetsk, Ukraina timur, Senin, 30 Mei 2022. (Foto: dok. AP/Francisco Seco)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Hari demi hari, Rusia menggempur wilayah Donbas di Ukraina dengan artileri dan serangan udara tanpa henti, kemajuannya lambat, tapi pasti untuk merebut jantung industri negara tetangganya.

Dengan konflik yang sekarang memasuki bulan keempat, ini adalah pertempuran berisiko tinggi yang dapat menentukan jalannya seluruh perang.

Jika Rusia menang dalam pertempuran Donbas, itu berarti bahwa Ukraina tidak hanya kehilangan tanah tetapi mungkin sebagian besar kekuatan militernya yang paling mampu, dan membuka jalan bagi Moskow untuk merebut lebih banyak wilayah dan mendikte persyaratannya kepada Kiev. Namun kegagalan Rusia dapat menjadi dasar bagi serangan balasan Ukraina, dan mungkin menyebabkan pergolakan politik bagi Kremlin.

Menyusul upaya awal yang gagal dalam invasi untuk merebut Kiev dan kota terbesar kedua Kharkiv tanpa perencanaan dan koordinasi yang tepat, Rusia mengalihkan perhatiannya ke Donbas, wilayah tambang dan pabrik tempat separatis yang didukung Moskow memerangi pasukan Ukraina sejak tahun 2014 .

Belajar dari kesalahan langkah sebelumnya, Rusia melangkah lebih hati-hati di sana, mengandalkan pemboman jarak jauh untuk melemahkan pertahanan Ukraina.

Tampaknya berhasil: Pasukan Rusia yang diperlengkapi dengan lebih baik telah memperoleh keuntungan di wilayah Luhansk dan Donetsk yang membentuk Donbas, mengendalikan lebih dari 95% wilayah pertama dan sekitar setengah wilayah terakhir.

Ukraina kehilangan antara 100 dan 200 tentara per hari, kata penasihat presiden, Mykhailo Podolyak, mengatakan kepada BBC, karena Rusia telah "melemparkan hampir semua senjata non nuklir ke garis depan." Presiden Volodymyr Zelenskyy sebelumnya menyebutkan jumlah kematian harian hingga 100.

Menteri Pertahanan Ukraina, Oleksii Reznikov, menggambarkan situasi pertempuran sebagai "sangat sulit," menggunakan referensi ke dewa pengorbanan kuno dengan mengatakan: "Molokh Rusia memiliki banyak cara untuk melahap nyawa manusia untuk memuaskan ego kekaisarannya."

Rusia mau Menguasai Ukraina?

Ketika perang berlangsung buruk bagi Rusia, banyak yang mengira Presiden Vladimir Putin mungkin akan mengklaim kemenangan setelah beberapa keuntungan di Donbas dan kemudian keluar dari konflik yang telah menghancurkan ekonomi secara serius dan memperluas sumber dayanya. Tetapi Kremlin telah menjelaskan bahwa mereka mengharapkan Ukraina untuk mengakui semua keuntungan yang telah dibuat Rusia sejak awal invasi, sesuatu yang telah dikesampingkan oleh Kiev.

Pasukan Rusia mengendalikan seluruh pantai Laut Azov, termasuk pelabuhan strategis Mariupol, seluruh wilayah Kherson, pintu gerbang utama ke Krimea, dan sebagian besar wilayah Zaporizhzhia yang dapat membantu dorongan lebih jauh ke Ukraina, dan hanya sedikit yang memperkirakan hal itu akan menghentikan Putin.

Pada hari Kamis, ia menyamakan konflik Ukraina dengan perang abad ke-18 dengan Swedia yang dilancarkan oleh Peter the Great. Sekarang, seperti pada masa tsar itu, “bagian kita adalah merebut kembali dan mengkonsolidasikan” tanah bersejarah Rusia, kata Putin. Moskow telah lama menganggap Ukraina sebagai bagian dari lingkup pengaruhnya.

Tidak seperti kegagalan medan perang sebelumnya, Rusia tampaknya menggunakan taktik yang lebih konservatif. Banyak yang memperkirakannya untuk mencoba mengepung pasukan Ukraina dengan gerakan menjepit besar-besaran dari utara dan selatan, tetapi sebaliknya telah menggunakan serangkaian gerakan yang lebih kecil untuk memaksa mundur dan tidak memperpanjang jalur pasokannya.

Keir Giles, seorang ahli Rusia di lembaga pemikir Chatham House London, mengatakan Rusia “mengkonsentrasikan semua artilerinya pada satu bagian dari garis depan untuk menggiling jalan ke depan dengan meratakan semua yang ada di jalurnya.”

Pertahanan Ukraina

Para pejabat Barat masih memuji kemampuan pasukan Ukraina untuk mempertahankan negara mereka, melawan balik dengan sengit dan juga mengandalkan artileri dan mundur di beberapa bagian sambil sering melancarkan serangan balik.

“Ukraina telah menerapkan kebijakan pertahanan yang fleksibel, memberikan landasan di mana masuk akal untuk melakukannya alih-alih berpegang pada setiap inci wilayah itu,” kata Giles.

Seorang pejabat senior Barat yang berbicara dengan syarat anonim karena dia tidak berwenang untuk membahas masalah sensitif di depan umum mengatakan searangan Rusia "terus sangat bermasalah di semua tingkatan," mencatat bahwa pasukan Moskow membutuhkan "berminggu-minggu untuk mencapai tujuan yang bahkan sederhana, tujuan taktis seperti mengambil masing-masing desa.”

Bulan lalu, Rusia kehilangan hampir seluruh batalion dalam upaya yang gagal untuk menyeberangi Sungai  Siverskyi di Donets dan membangun sebuah jembatan. Ratusan tewas dan puluhan kendaraan lapis baja hancur.

“Ada perasaan improvisasi strategis atau kekacauan,” kata pejabat itu, memprediksi bahwa selama musim panas militer Rusia dapat mencapai “titik di mana mereka tidak dapat lagi secara efektif menghasilkan kekuatan tempur ofensif.”

Rusia memiliki keunggulan yang jelas dalam artileri dalam pertempuran untuk merebut Donbas, berkat jumlah yang lebih besar dari howitzer berat dan peluncur roket dan amunisi yang melimpah. Ukraina harus hemat dalam menggunakan artileri mereka, dengan Rusia konstan menargetkan jalur pasokan mereka.

Ukraina telah mulai menerima lebih banyak senjata berat dari sekutu Barat, yang telah menyediakan lusinan howitzer dan sekarang berencana untuk mulai mengirimkan beberapa peluncur roket.

Putin telah memperingatkan bahwa jika Barat memberikan Kiev roket jarak jauh yang dapat menghantam wilayah Rusia, Moskow dapat mencapai target di Ukraina yang telah diselamatkannya sampai sekarang. Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov, juga mengatakan bahwa Rusia dapat merespons dengan merebut lebih banyak tanah sebagai zona penyangga dari senjata semacam itu.

Keuntungan teritorial Moskow sebelumnya di selatan, termasuk wilayah Kherson dan sebagian besar wilayah tetangga Zaporizhzhia. Itu juga mendorong para pejabat Rusia dan orang-orang yang ditunjuk lokal mereka untuk mempertimbangkan rencana untuk melipat daerah-daerah itu ke dalam Rusia atau menyatakan mereka merdeka, seperti yang- disebut "republik rakyat" Donetsk dan Luhansk.

Menyerang Ekonomi Ukraina

Pejabat Ukraina dan analis Barat menyuarakan keprihatinan bahwa Moskow dapat mencoba untuk menekan serangannya ke wilayah Dnipro yang padat penduduk dan industri lebih jauh ke utara, sebuah kemajuan yang berpotensi membelah Ukraina menjadi dua dan meningkatkan ancaman baru bagi Kiev.

“Tujuan Rusia dalam konteks perang ini sedang bergeser sehubungan dengan situasi di lapangan,” kata Eleonora Tafuro Ambrosetti, seorang analis dari Institut Studi Politik Internasional Italia yang berbasis di Milan.

“Tujuan mereka cukup fleksibel untuk beradaptasi dengan konteks di lapangan,” katanya, mencatat bahwa Rusia dapat mencoba merusak ekonomi Ukraina dengan merebut seluruh garis pantai untuk menolak akses pengiriman.

Seorang jenderal top Rusia telah berbicara tentang rencana untuk memutuskan Ukraina dari Laut Hitam dengan merebut wilayah Mykolaiv dan Odesa sampai ke perbatasan dengan Rumania, sebuah langkah yang juga akan memungkinkan Moskow untuk membangun koridor darat ke wilayah separatis Moldova. Transnistria yang menampung pangkalan militer Rusia.

Ambisi seperti itu semuanya bergantung pada keberhasilan Moskow di timur. Kekalahan di Donbas akan menempatkan Kiev dalam posisi yang genting, dengan rekrutan baru yang tidak memiliki keterampilan seperti prajurit yang sekarang bertempur di timur dan pasokan senjata Barat tidak cukup untuk menangkis kemungkinan dorongan Rusia yang lebih dalam.

Pejabat Ukraina menepis ketakutan seperti itu, menyuarakan keyakinan bahwa militernya dapat bertahan untuk membendung kemajuan Rusia dan bahkan meluncurkan serangan balik.

“Rencana Ukraina jelas: Kiev membuat tentara Rusia kelelahan, mencoba memenangkan waktu untuk lebih banyak pengiriman senjata Barat, termasuk sistem pertahanan udara, dengan harapan meluncurkan serangan balasan yang efisien,” kata analis Mykola Sunhurovsky dari Razumkov Center, sebuah think tank yang berbasis di Kiev.

Philip Breedlove, seorang pensiunan jenderal Angkatan Udara Amerika Serikat yang merupakan komandan tertinggi NATO dari tahun 2013 hingga 2016, memperingatkan terhadap setiap gencatan senjata yang akan mengkodifikasi keuntungan medan perang Rusia.

"Ini seperti membesarkan anak berusia dua tahun," katanya. "Jika Anda membiarkan perilaku buruk bertahan, atau lebih buruk lagi jika Anda menghargai perilaku buruk, Anda akan mendapatkan lebih banyak perilaku buruk."

Ketika Rusia menginvasi Georgia pada tahun 2008, respons Washington tidak memadai, dan ketika Moskow merebut Krimea pada 2014, “tanggapan Barat dan Amerika Serikat terhadap itu tidak memadai untuk tugas,” tambah Breedlove.

Sekarang Rusia telah kembali untuk lebih, Barat mendapat kesempatan lain untuk merespons. “Bagaimana kita menyelesaikan perang ini akan memutuskan, menurut pendapat saya, apakah kita akan melihat lebih banyak dari ini di masa depan,” tambahnya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home