Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:40 WIB | Kamis, 13 Oktober 2016

Pertukaran Mahasiswa IAIN Palu dengan USI Malaysia

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Palu, Dr Muhtadin Dg Mustafa (kedua dari kiri) dengan Prof Dr Zulkiple Abd Gani selaku Deputi Vice Chancellor Academic dan International USI Malaysia (baris ke 5 dari sebelah kanan) berfoto bersama setelah menyetujui perjanjian kerja sama melalui pertukaran mahasiwa. (Foto: http://kabarselebes.com/IAIN Palu)

PALU, SATUHARAPAN.COM - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palu, Sulawesi Tengah, menjalin kerja sama dengan Universitas Sains Malaysia untuk pertukaran mahasiswa antarperguruan tinggi Islam tersebut.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama IAIN Palu Dr Muhtadin Dg Mustafa, mengatakan, pada Kamis (13/10), Universitas Sains Malaysia melalui Prof Dr Zulkiple Abd Gani selaku Deputi Vice Councellor Academic dan International USI Malaysia, bersedia menerima dan mengirim mahasiswanya menimba ilmu di IAIN Palu.

"Kami telah membangun kerja sama dengan perguruan tinggi Islam tersebut di Malaysia, dan mereka bersedia untuk mengirim mahasiswa dan menerima mahasiswa IAIN Palu untuk belajar di perguruan tinggi itu," kata Muhtadin.

IAIN Palu, tidak hanya bekerja sama di bidang pertukaran mahasiswa, melainkan turut serta dalam pertukaran dosen untuk peningkatan sumber daya manusia, guna mempercepat visi Rektor IAIN Palu menjadikan kampus tersebut sebagai pusat studi Islam klasik.

Ia mengatakan, perguruan tinggi Islam ternama di Malaysia itu bersedia mengirim beberapa dosennya mengajar mahasiswa tingkat strata satu dan strata dua selama beberapa tahun.

"Untuk mempercepat pembangunan manusia, IAIN Palu membutuhkan ketersediaan sumber daya manusia yang memadai dan maksimal dan kompeten, yang diharapkan dapat memberikan dampak terhadap percepatan visi rektor," katanya.

Tidak sebatas itu, kata Muhtadin, IAIN Palu turut serta membangun kerja sama dalam bidang Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bersama yang digodok dua perguruan tinggi tersebut.

Ia mengatakan, dua perguruan tinggi tersebut akan memadukan konsep dalam pelaksanaan PPL dan KKN yang melibatkan mahasiswa dua perguruan tinggi itu, agar lebih menambah pengalaman dan memaksimalkan potensi mahasiswa.

"Ke depan PPL dan KKN akan dilaksanakan secara bersama yang melibatkan mahasiswa USI Malaysia serta mahasiswa IAIN Palu untuk bersama-sama berada di lokasi," katanya. (Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home