Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 12:52 WIB | Sabtu, 24 September 2022

Pertukaran Tawanan, Ukraina Serahkan Pembelot dan Orang Dekat Putin

Presiden Ukraina menyebutkan banyak tawanan menghadapi hukuman mati di tangan Rusia.
Foto dari Kantor Pers Layanan Keamanan Ukraina, seorang tentara Ukraina, yang dibebaskan dalam pertukaran tahanan antara Rusia dan Ukraina, menunjukkan tanda V di dekat Chernihiv, Ukraina, Rabu malam, 21 September 2022. Ukraina mengumumkan pertukaran tahanan profil tinggi Kamis pagi yang memuncak berbulan-bulan upaya untuk membebaskan banyak pejuang Ukraina yang membela pabrik baja di Mariupol selama pengepungan panjang Rusia. (Foto: Kantor Pers layanan Keamanan Ukraina via AP)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Ukraina mengumumkan pertukaran tahanan tingkat tinggi pada hari Kamis (22/9)  pagi yang merupakan puncak dari upaya berbulan-bulan untuk membebaskan banyak pejuang Ukraina yang mempertahankan pabrik baja di Mariupol selama pengepungan Rusia yang panjang. Sebagai gantinya, Ukraina menyerahkan sekutu terkemuka Presiden Rusia Vladimir Putin dan 55 tahanan lainnya.

Presiden Ukraina, Volodymr Zelenskyy, mengatakan pemerintahnya telah memenangkan kebebasan dari tahanan Rusia untuk 215 warga Ukraina dan asing, dengan bantuan upaya mediasi Turki dan Arab Saudi. Dia mengatakan banyak tentara dan perwira yang menghadapi hukuman mati di wilayah yang diduduki Rusia.

Para pejabat Rusia mengkonfirmasi apa yang tampaknya merupakan pertukaran tahanan terbesar dalam perang yang berlangsung hampir tujuh bulan itu.

Pembelot Ukraina

Dari total, 200 orang Ukraina ditukar hanya dengan satu orang: pemimpin oposisi pro Rusia, Viktor Medvedchuk, yang adalah orang Ukraina. Oligarki berusia 68 tahun itu melarikan diri dari tahanan rumah di Ukraina beberapa hari sebelum invasi Rusia pada 24 Februari, tetapi ditangkap kembali pada bulan April.

Dia menghadapi hukuman penjara seumur hidup atas tuduhan pengkhianatan dan membantu dan bersekongkol dengan organisasi teroris untuk menengahi pembelian batu bara untuk separatis, republik Donetsk yang didukung Rusia di Ukraina timur.

Medvedchuk mengenal Putin saat menjabat sebagai kepala staf mantan Presiden Ukraina, Leonid Kuchma. Pemimpin Rusia adalah ayah baptis putri Medvedchuk. Penahanannya memicu pertukaran panas antara pejabat di Moskow dan Kiev.

Medvedchuk adalah kepala dewan politik partai Platform-For Life Oposisi pro Rusia Ukraina, kelompok oposisi terbesar di parlemen Ukraina. Pemerintah Ukraina telah menangguhkan aktivitas partai itu, dan Putin telah berulang kali berbicara tentang Medvedchuk sebagai korban represi politik.

“Tidak disayangkan menyerahkan Medvedchuk untuk pejuang sejati,” kata Zelenskyy dalam pidato video malamnya. “Dia telah melewati semua tindakan investigasi yang diberikan oleh undang-undang. Ukraina telah menerima darinya segala yang diperlukan untuk menegakkan kebenaran dalam kerangka proses pidana.”

Lima Komandan Pejuang Azovstal

Dalam pertukaran lain, Ukraina memperoleh pembebasan lima komandan yang memimpin pertahanan Ukraina atas pabrik baja Azovstal di Mariupol dengan imbalan 55 tahanan Rusia yang ditahannya, kata Zelenskyy.

Lebih dari 2.000 pejuang, banyak di Resimen Azov, berbaris keluar dari puing-puing pabrik baja Azovstal yang rusak ke tahanan Rusia pada pertengahan Mei, mengakhiri pengepungan hampir tiga bulan di kota pelabuhan Mariupol.

Kepala intelijen militer Ukraina, Kyrylo Budanov, mengatakan kepada wartawan di Kiev bahwa sebagian besar tahanan yang dibebaskan oleh Rusia “kurang lebih dalam keadaan baik secara fisik, kecuali kekurangan gizi makanan terkait dengan kondisi penahanan yang buruk.” Dia mengatakan beberapa tahanan telah disiksa tetapi tidak memberikan rincian apapun.

Zelenskyy mengatakan lima pemimpin, termasuk komandan Resimen Azov, Denys Prokopenko, dan Svyatoslav Palamar, berada di Turki, di mana mereka akan tetap sebagai bagian dari kesepakatan "dalam keamanan penuh" sampai akhir perang, di bawah perlindungan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Relawan Asing

Pertukaran tahanan yang kompleks juga membawa pembebasan 10 orang asing, termasuk lima warga negara Inggris dan dua veteran militer Amerika Serikat, yang telah berperang dengan pasukan Ukraina. Mereka dibebaskan oleh separatis yang didukung Rusia sebagai bagian dari pertukaran yang dimediasi oleh Arab Saudi, kata pejabat AS dan Arab Saudi.

Sebuah video di situs berita BBC hari Kamis menunjukkan dua pria Inggris yang dibebaskan, Aiden Aslin dan Shaun Pinner, berbicara di dalam pesawat.

"Kami hanya ingin memberi tahu semua orang bahwa kami sekarang keluar dari zona bahaya dan kami sedang dalam perjalanan pulang ke keluarga kami," kata Aslin dalam video itu, seperti yang ditambahkan Pinner: "Dengan kulit gigi kami."

Sekretaris Jenderal PBB, Antonio Guterres, menyambut baik pertukaran itu, menyebutnya “bukan prestasi kecil,” tetapi menambahkan bahwa “masih banyak lagi yang harus dilakukan untuk meringankan penderitaan yang disebabkan oleh perang di Ukraina,” kata juru bicaranya.

Sekjen PBB menegaskan kembali perlunya menghormati hukum internasional tentang perlakuan terhadap tahanan dan akan terus mendukung pertukaran tahanan lebih lanjut, kata juru bicara Stephane Dujarric.

Pertukaran itu mengundang komentar marah dari beberapa komentator nasionalis di Rusia. Igor Strelkov, seorang perwira Rusia yang memimpin separatis yang didukung Moskow di Donbas ketika konflik meletus di sana pada tahun 2014, menggambarkan pertukaran itu sebagai tindakan pengkhianatan, dengan mengatakan bahwa “itu lebih buruk daripada kejahatan, lebih buruk daripada kesalahan, itu hanya semata-mata kebodohan atau sabotase.”(AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home