Loading...
SAINS
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:15 WIB | Kamis, 11 Februari 2016

Perubahan Iklim Mendorong Perpindahan Spesies Hewan

Ilustrasi capercaillie Skotlandia adalah salah satu spesies dipengaruhi oleh cuaca ekstrim, seperti hujan badai. (Foto: theguardian.com/eblickwinkel / Alamy)

SYDNEY, SATUHARAPAN.COM - Suhu panas, menyebabkan sekitar setengah jumlah hewan di seluruh dunia berpindah lokasi, menurut informasi dalam konferensi internasional di Australia pada Rabu (10/2), dengan setiap jenis spesies terkena dampak.

Camille Parmesan, seorang pakar dari Plymouth University Inggris berbicara soal dampak perubahan iklim terhadap kehidupan liar, ditemukan data yang menyebutkan ribuan spesies hewan yang sebagian besar telah berpindah ke arah kutub, atau ke atas pegunungan selama satu abad terakhir.

“Dampak pemanasan global terhadap kehidupan terlihat jelas dalam ratusan studi ilmiah,“ kata Parmesan, dalam konferensi Species on the Move, yang difokuskan pada bagaimana spesies merespons perubahan iklim.

Sementara sekitar setengah dari semua spesies yang diteliti, telah mengubah persebaran mereka dalam menanggapi perubahan iklim terbaru. Kami mulai melihat dampak negatif terhadap spesies paling rentan.

“Selain perubahan tersebut, masa berbunga tanaman juga mengalami perubahan, menjadi lebih awal, sedangkan kedatangan burung yang berimigrasi juga lebih cepat dibandingkan sebelumnya, “ katanya. Ia memperingatkan bahwa, mengembalikan spesies yang rentan di tengah perubahan iklim, mungkin akan sulit.

Parmesan menyebutkan, beberapa studi menunjukkan, sekitar setengah dari spesies telah memindahkan jangkauan geografis mereka, sementara sekitar dua pertiga spesies yang dipelajari mengalihkan masa pembiakan, imigrasi atau masa kawin menjadi lebih awal.(AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home