Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 17:27 WIB | Jumat, 15 April 2016

Pesan Jokowi ke Ahok Soal Reklamasi

Ilustrasi. Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (kiri) dan Presiden RI Joko Widodo (kanan). (Foto: Dok. satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyampaikan pesan dari Presiden RI Joko Widodo terkait reklamasi. Menurut Jokowi, reklamasi sah-sah saja dilakukan karena negara-negara besar sudah melakukan reklamasi untuk memperluas wilayahnya.

“Saya kira secara prinsip presiden pernah jadi Gubernur, bagi presiden reklamasi enggak ada yang salah. Seluruh dunia ada reklamasi,” kata dia di Balai Kota DKI Jakarta, hari Jumat (15/4).

Kemudian, Jokowi juga meminta agar proyek reklamasi betul-betul memperhatikan lingkungan dan jangan sampai menyebabkan banjir. Selain itu, porsi biaya tambahan dari pengembang juga harus ada. Inilah yang membuat dirinya saat masih menjabat sebagai wakil gubernur sudah ribut dengan pengembang.

Kewajiban pengembang yang harus dipenuhi jika ingin reklamasi pulau adalah semua sertifikat atas nama Pemprov DKI dan pengembang hanya memiliki Hak Pengelolahan Lahan (HPL), menyerahkan fasilitas sosial dan fasilitas umum 45 persen, serta lima persen lahan adalah milik Pemprov DKI.

Mantan Wali Kota Solo itu juga meminta kepada Ahok untuk memperhatikan pekerja yang mencari penghasilan di pulau tersebut seperti membangun perumahan murah untuk mereka.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home