Loading...
RELIGI
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 23:55 WIB | Minggu, 20 April 2014

Pesan Paskah Paus Fransiskus

Paus Fransiskus membacakan Pesan Paskah pada Minggu (20/4). (Foto: foxnews.com)

VATIKAN, SATUHARAPAN.COM - Berikut adalah teks Pesan Paskah Paus Fransiskus pada 'Easter Sunday - Urbi et Orbi' yang dibacakannya dari balkon utama Basilika Santo Petrus Vatikan pada Minggu (20/4).

Saudara-saudara Selamat Paskah

Gereja di seluruh dunia menggemakan pesan malaikat kepada seorang perempuan: “Janganlah kamu takut sebab aku tahu kamu sedang mencari Yesus yang disalibkan itu. Dia tidak ada di sini, karena ia telah bangkit seperti yang dikatakan-Nya, Mari lihatlah tempat Ia berbaring! . . " (Mat 28:5-6).

Ini adalah puncak dari Injil, itu adalah Kabar Baik: Yesus, yang disalibkan, bangkit! Kejadian ini adalah dasar dari iman kita dan harapan kita. Jika Kristus tidak dibangkitkan, Kekristenan akan kehilangan makna dasarnya; seluruh misi Gereja akan kehilangan dorongan, karena itulah titik awal.

Maka pesan untuk orang Kristen di dunia adalah: Yesus, penjelmaan Kasih, mati di kayu salib untuk dosa-dosa kita, tetapi Allah Bapa membangkitkan dia dan menjadikannya Tuhan kehidupan dan kematian. Di dalam Yesus, kasih telah menang atas kebencian, rahmat atas dosa, kebaikan atas kejahatan, kebenaran atas kepalsuan, hidup atas kematian.

Itulah sebabnya kami menyampaikan pada semua orang: "Datang dan lihat!”

Dalam setiap situasi manusia, ditandai dengan kelemahan, dosa dan kematian, Kabar Baik bukanlah hanya kata-kata, tetapi kesaksian kasih tanpa syarat dan setia: itu adalah tentang kerendahan hati menghadapi orang lain, yang dekat dengan mereka yang tertimpa masalah hidup, berbagi dengan orang yang membutuhkan, berdiri di sisi orang sakit, orang tua dan terbuang.

"Mari dan lihatlah!": Kasih adalah lebih kuat, kasih memberi kehidupan, kasih membuat harapan mekar di padang gurun.

Dengan sukacita ini dalam hati kita, hari ini kita beralih kepada Mu, Tuhan yang bangkit!

Bantu kami untuk mencari Mu dan menemukan Mu, supaya kami menyadari kita memiliki Bapa dan tidak yatim; dan kita dapat mengasihi dan memuliakan Mu.

Bantu kami mengatasi bencana kelaparan, yang diperburuk oleh konflik dan oleh pemborosan besar yang harus kami pertanggungjawabkan.

Mampukan kami melindungi mereka yang rentan, terutama anak-anak, perempuan dan orang tua, saat mereka dieksploitasi dan ditinggalkan.

Mampukan kami merawat saudara-saudara kami yang dikejutkan oleh wabah Ebola di Conakry Guinea, Sierra Leone dan Liberia, dan untuk merawat mereka yang menderita begitu banyak penyakit lain yang juga menyebar melalui pengabaian dan kemiskinan yang parah.

Kuatkanlah semua orang yang tidak dapat merayakan Paskah ini dengan orang yang mereka cintai karena mereka telah secara tidak adil dirampok kasih sayangnya, seperti dialami banyak orang, imam dan awam, yang di berbagai belahan dunia telah diculik.

Kuatkanlah mereka yang telah meninggalkan tanah mereka sendiri karena bermigrasi ke tempat-tempat yang menawarkan harapan untuk masa depan yang lebih baik dan kemungkinan menjalani kehidupan mereka dalam martabat dan, dengan kebebasan menjalani keimanan mereka.

Kami meminta Engkau, Tuhan Yesus, untuk mengakhiri semua perang dan setiap konflik, baik besar atau kecil, yang sudah lama atau baru.

Kami berdoa dengan sunggguh untuk Suriah, agar mereka semua yang menderita akibat konflik dapat menerima bantuan kemanusiaan yang diperlukan dan tidak ada lagi pihak-pihak yang akan menggunakan kekuatan mematikan, terutama terhadap penduduk sipil tak berdaya, melainkan berani menegosiasikan perdamaian yang telah lama ditunggu dan telah lama tertunda!

Kami meminta Engkau menghibur para korban tindak kekerasan perang saudara di Irak dan untuk mempertahankan harapan dengan dimulainya kembali perundingan damai antara Israel dan Palestina.

Kami mohon berakhirnya konflik di Republik Afrika Tengah dan menghentikan serangan brutal teroris di beberapa bagian Nigeria dan tindak kekerasan di Sudan Selatan.

Kami meminta supaya beralih ke rekonsiliasi dan kerukunan persaudaraan di Venezuela.

Dengan kebangkitan Yesus, yang tahun ini kami rayakan bersama-sama dengan Gereja yang mengikuti kalender Julian (Ortodoks), kami meminta Engkau untuk mencerahkan dan menginspirasi perdamaian di Ukraina sehingga semua pihak yang terlibat, dengan dukungan dari komunitas internasional, akan membuat setiap upaya untuk mencegah kekerasan dan, dalam semangat persatuan dan dialog untuk masa depan negara.

Tuhan, kami berdoa kepada Mu untuk semua bangsa di bumi: Engkau yang telah menaklukkan kematian, berikanlah kami kehidupan Mu, berikanlah kita kedamaian"! (foxnews.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home