Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 12:30 WIB | Kamis, 17 Maret 2016

Pesawat Koalisi Saudi Serang Yaman, 41 Warga Sipil Tewas

Pengendara sepeda motor melewati sebuah bangunan yang hancur dalam pertempuran baru-baru ini di kota barat daya Yaman, Taiz, pada 14 Maret 2016. (Foto: Reuters/Anees Mahyoub)

ADEN, SATUHARAPAN.COM - Sedikitnya 41 warga sipil Yaman tewas akibat gempuran jet-jet tempur koalisi pimpinan Arab Saudi di sebuah pasar di Provinsi Hajja yang dikuasai pemberontak, hari Selasa (15/3).

Seorang pejabat rumah sakit yang dikelola oleh organisasi Doctors Without Borders (MSF) mengatakan pihaknya menerima 41 jenazah korban serangan koalisi beserta 35 korban luka.

Sementara itu, pejabat kesehatan Hajja mengatakan para korban tewas merupakan warga sipil termasuk anak-anak. Ia memperkirakan jumlah korban akan bertambah.

Narasumber dari pemerintah daerah dan kelompok pemberontak mengatakan jet-jet tempur koalisi beberapa kali membombardir pasar di Kota Mustabaa.

Menurut laporan situs milik pemberontak sabanews.net, koalisi melancarkan dua serangan udara terhadap pasar dan sebuah restoran di Mustabaa, dengan korban tewas mencapai 65 warga sipil sementara 55 orang lainnya cedera.

Berbagai organisasi HAM berulang kali mendesak koalisi untuk menghindari jatuhnya korban warga sipil.

Bulan lalu Human Rights Watch menuding koalisi menggunakan bom curah yang dipasok oleh Amerika Serikat.

Menurut laporan pakar Perserikatan Bangsa-Bangsa, koalisi pimpinan Arab Saudi sudah 119 kali melancarkan serangan yang melanggar hukum kemanusiaan internasional. Laporan itu juga menyerukan digelarnya penyelidikan internasional terhadap serangan tersebut. (AFP/Ant)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home