Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 20:56 WIB | Senin, 04 Mei 2015

Pesawat Tenaga Surya Siap Melintasi Pasifik 5 Hari 5 Malam

Pesawat Tenaga Surya Siap Melintasi Pasifik 5 Hari 5 Malam
Pilot yang menerbangkan pesawat bertenaga surya Solar Impulse 2 bergantian, Andre Borschberg dan Bertrand Piccard (kanan-kiri). (Foto: aviationnews.eu)
Pesawat Tenaga Surya Siap Melintasi Pasifik 5 Hari 5 Malam
Andre Borschberg, pilot dan pengusaha lulusan Massachusetts Institute of Technology akan menerbangkan pesawat bertenaga surya Solar Impulse 2 melintasi Samudra Pasifik, rute terpanjang menempuh jarak Nanjing - Hawaii, 5 hari 5 malam. (Foto: ted.com)

NANJING, SATUHARAPAN.COM – André Borschberg (62) akan melintasi Samudra Pasifik selama lima hari dan lima malam dengan pesawat bertenaga surya Solar Impulse 2.

André Borschberg pada Minggu (3/5) menyebutkan penerbangan dari Nanjing di Tiongkok timur ke Hawaii itu adalah jalur paling menantang. “Karena kami belum pernah terbang melintasi lautan,” kata Borschberg, seperti dilaporkan economictimes.indiatimes.com.

Borschberg, pengusaha Swiss lulusan Massachusetts Institute of Technology, menerbangkan pesawat berkapasitas satu orang itu bergantian dengan Bertrand Piccard (57), psikiater yang juga penjelajah alam dengan balon udara.  

Borschberg, seperti dikutip voaindonesia.com, mengaku cemas, namun sekaligus gembira, menerbangkan  pesawat yang hanya memiliki sel-sel surya di sayapnya sebagai sumber energi penggerak dan mengisi ulang baterai untuk penerbangan pada malam itu. Jalur Nanjing – Hawaii berjarak 8.175 km itu akan merupakan jalur tempuh terpanjang dalam upaya pertama terbang di seluruh dunia tanpa menggunakan bahan bakar fosil.

Pesawat Solar Impulse 2 berangkat dari Abu Dhabi pada Maret dan singgah di Oman, India, dan Myanmar. André Borschberg dan Bertrand Piccard bergantian menerbangkan pesawat itu dalam perjalanan lima bulan mempromosikan penggunaan energi terbarukan.

"Setiap kali berbicara tentang energi, Anda akan mendengar orang mengatakan 'kita harus memproduksi lebih banyak'. Apa yang saya bicarakan tentang menyelamatkan planet ini bukanlah tentang memproduksi lebih banyak dan membuat keuntungan yang baik. Keuntungan terbaik adalah dengan menghemat energi," kata Bertrand Piccard ketika berbicara di Chongqing, pendaratan sebelum Nanjing.

"Teknologi bersih bisa membuat kualitas hidup yang lebih baik. Jadi, sekarang benar-benar penting untuk memahami jika ingin memecahkan masalah lingkungan, masalah perubahan iklim, kita harus memiliki teknologi sebagai solusi saat ini," kata Piccard, yang juga memrakarsai gerakan "The Future Is Clean".

Media menyebutkan Borschberg dijadwalkan bertolak Kamis, 7 Mei. Namun, sumber lain menyebutkan Solar Impulse berolak Jumat, 8 Mei.  

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home