Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Prasasta Widiadi 13:56 WIB | Kamis, 07 Mei 2015

Pesepak Bola Indonesia SEA Games 2015 Berlatih di Bandung

Jurnalis olahraga senior Sumohardi Marsis (kiri) dan Wakil Ketua I KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia) Pusat pada Keterangan Pers KONI Pusat dan Media Tentang SEA Games 2015 dan Asian Games 2018, di Gedung KONI Pusat, Kamis (7/5). (Foto: Prasasta Widiadi).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pesepakbola Indonesia yang akan berlaga di SEA Games 2015 tidak terpengaruh kegaduhan konflik Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tentang pembekuan PSS. Mereka saat ini mempersiapkan diri di Bandung, Jawa Barat.   

“Waktu itu saya menonton tinju Piala Presiden dan saya bertemu dengan Pak Menteri (Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nachrawi) dan saya berdialog sebentar dengan beliau, dan dia bilang tidak ada masalah, nanti Pak Warno komunikasikan sendiri dengan PSSI akan latihan di Jogja, Surabaya, atau Bali,” kata Suwarno, Wakil Ketua I KONI (Komite Olahraga Nasional  Indonesia) Pusat pada Keterangan Pers KONI Pusat dan Media Tentang SEA Games 2015 dan Asian Games 2018, di Gedung KONI Pusat, Kamis (7/5).

Suwarno melanjutkan bahwa setelah bertemu dengan Menpora, pada Jumat (1/5) dia menemui salah satu manajer tim nasional yakni Gede Widiadi.

“Pak Gede (Gede Widiadi) menyebut bahwa para pesepakbola akan berlatih di stadion milik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang memiliki lapangan sintetis,” Suwarno menambahkan.

Suwarno mendapat informasi bahwa di SEA Games 2015 mendatang tim sepak bola Indonesia akan membawa 20 pesepak bola, dan ditemani empat pelatih, dan 1 manajer.

Suwarno mengatakan bahwa dia mendapat kabar dari salah satu ofisial tim nasional PSSI, bahwa lapangan UNY tidak rumput sintetis dan Suwarno kemudian membatalkan kunjungan kerja ke Yogyakarta.

“Tetapi saya dengar bahwa mereka akan kumpul pada Rabu (6/5) kemarin sudah ada di Bandung menggunakan lapangan sintetik di Jalan Sukarno Hatta, Bandung. Saat ini ada kesiapan  16 pesepakbola yang sudah siap di Bandung dan rencana 4 lainnya yang lain akan segera menyusul sehingga hari ini mereka sudah mulai latihan ringan di Bandung,” kata Suwarno.

Pada SEA Games 2013, Thailand  mengukuhkan diri sebagai kekuatan utama di Asia Tenggara dengan mengumpulkan 107 emas, 94 perak, dan 81 perunggu. Vietnam di posisi tiga dengan 73 emas, 86 perak, dan 86 perunggu.

Indonesia – juara umum pada SEA Games  2011 – merosot ke peringkat empat dengan hanya mengumpulkan 65 emas, 84 perak, dan 111 perunggu. Hasil ini jauh dari target yang diberikan pemerintah untuk membawa pulang 120 medali emas.

Tim sepak bola Indonesia seyogyanya akan berlaga di SEA Games 2015, apabila tidak ada sanksi dari Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA). Tim sepak bola akan berlaga di Grup A bersama Singapura, Myanmar, dan Kamboja.

Sementara di Grup B akan ada Thailand, Malaysia, Vietnam, Brunei Darussalam, dan Timor Leste. “Kami yakin dari masyarakat sepakbola dengan masyarakat dan pengurus PSSI saat ini berharap adanya persediaan atlet, pemain dan sebagainya,” kata Suwarno.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home