Loading...
FLORA & FAUNA
Penulis: Sabar Subekti 08:39 WIB | Selasa, 22 September 2020

Pesut Berusia 30 Tahun Dievakuasi ke Sungai Kampar, Riau

Tim Gabungan melakukan evakuasi Pesut/lumba-lumba air tawar/Irrawaddy Dolphin (Orcaella brevirostris) pada Sabtu (19/9) di Desa Segati, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan. Pesut jantan itu berukuran panjang 2,20 meter dan diperkirakan berusia 30 tahun.

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Tim Gabungan melakukan evakuasi Pesut/lumba-lumba air tawar/Irrawaddy Dolphin (Orcaella brevirostris) pada Sabtu (19/9) ke Sunagi Kampar, di Kabupaten Pelalawan, Riau.

Pesut itu itu dimatai di Desa Tambak, tetapi kemudian bergerak ke Desa Segati, keduanya terletak di Kecamatan Langgam, Kabupaten Palalawan. Pesut akhirnya ditangkap di Desa Segati, dan kemudian dilepasliarkan di Sungai Kampar pada hari Sabtu (19/9). Penangkapan dilakukan dengan pengamatan dan memasang jaring untuk membatasi ruang gerak sejak hari Rabu (16/9).

Evakuasi itu dilakukan dengan kerjasama antara Balai Besar KSDA Riau, Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut (BPSPL) KKP dan JAAN (Jakarta Animal Aid Network), serta masyarakat setempat.

Menurut Humas Kemeterian Lingkungan Hidup dan Kehutanan di situsnya disebutkan bahwa pesut itu berusia sekitar 30 tahun dan panjangnya 2,20 meter. Pesut biasa disebut sebagai lumba-luma air tawar dan merupakan mamalia air.

Kepala Balai Besar KSDA Riau, Suharyono, mengatakan proses evakuasi memakan waktu hingga sembilan jam, terutama auntuk menjaga agar pesut tetap stabil dan tidak stres.

Dia juga mengharapkan warga Desa Tambak selalu berkoordinasi dengan Balai Besar KSDA Riau bila menemui mengetahui ada pesur, dan meminta untuk bersama-sama menjaga kebersihan sungai dari kegiatan pencemaran lingkungan.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home