Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 05:50 WIB | Minggu, 19 Juni 2022

Petani Siput Ukraina Bertahan di Tengah Invasi Rusia

Petani Siput Ukraina Bertahan di Tengah Invasi Rusia
Siput terlihat di peternakan Anton Avramenko di Veresnya, di pinggiran Kiev, Ukraina, Jumat, 10 Juni 2022. (Foto-foto: dok. AP/Natacha Pisarenko)
Petani Siput Ukraina Bertahan di Tengah Invasi Rusia
Anton Avramenko berjalan di dekat peternakan siputnya di Veresnya, di pinggiran Kiev, Ukraina, Jumat, 10 Juni 2022.
Petani Siput Ukraina Bertahan di Tengah Invasi Rusia
Anton Avramenko mengamati siputnya di peternakannya di Veresnya, di pinggiran Kiev, Ukraina, Jumat, 10 Juni 2022.

VERESNYA, SATUHARAPAN.COM-Petani Ukraina itu hidup tenang dengan makhluk paling pendiam: siput (sejenis bekicot di Indonesia, tertapi ukuranya lebih kecil) yang dia pelihara untuk diekspor. Kemudian, langit di cakrawala berubah menjadi merah menyala. Rusia telah meluncurkan  invasi militer dan kota-kota terdekat terbakar.

Desa Veresnya, tempat Olena Avramenko bertani, di barat laut ibu kota Ukraina, Kiev, dengan cepat diduduki oleh pasukan Rusia. Tapi siputnya terlalu berharga untuk ditinggalkan.

Jadi dia tetap tinggal, berlindung di ruang bawah tanahnya dan memasak makanan siput-siput ravioli, siput goreng, siput dengan mentega bawang putih, untuk dirinya sendiri dan delapan orang lain yang dia bawa.

Gangguan perang terhadap ekspor biji-bijian dan tanaman lain dari Ukraina yang memberi makan dunia telah menarik perhatian global dan membuat harga roti melonjak di seluruh dunia. Tetapi produksi bahan makanan lain yang lebih khusus juga telah terpengaruh.

Sebelum perang menghancurkan kehidupan Ukraina dan ekonominya, petani dan pengrajin di negara itu berhasil tidak hanya dengan memelihara siput tetapi juga dengan tiram, katak yang dapat dimakan, susu nabati, bir, keju, dan produk lain untuk diekpor ke pasar Eropa.

Avramenko dan putranya, Anton, beralih ke peternakan siput lima tahun lalu. Dia menjual segalanya untuk diinvestasikan dalam bisnis, yang pada saat itu dipandang sebagai bisnis eksotis yang berisiko di Ukraina.

Bagi mereka, itu adalah petualangan, sesuatu yang baru untuk dipelajari. Mereka mengekspor siput ke restoran Spanyol dan Avramenko menyadari bahwa dia telah menemukan panggilannya.

“Saya tetap tinggal untuk melindungi pertanian dan rumah kami,” katanya. "Jika saya tidak melakukannya, tidak akan ada yang tersisa."

Di Prancis, di mana siput dimakan dalam hidangan panas dengan mentega dan bawang putih, dan importir telah memperhatikan siput Ukraina masuk ke pasar. Ekspor siput mentah Ukraina ke Uni Eropa meningkat lebih dari dua kali lipat antara 2017 dan 2021, dari 347 ton menjadi 844 ton.

“Tapi jumlah ini bisa diremehkan,” kata Pierre Commere dari kelompok agroindustri Prancis Adepale. “Selama beberapa tahun sekarang telah terjadi krisis yang berkepanjangan di industri siput. Menjadi semakin sulit untuk menemukan siput dan harga meningkat.”

Selama pendudukan Rusia di desanya, Avramenko menemukan panggilan lain: mengalihkan pikirannya dari perang dengan memimpikan resep baru untuk siput ketika perdamaian kembali.

Untungnya, putranya tidak berada di Veresnya ketika invasi Rusia dimulai pada 24 Februari dan dia tidak dapat segera kembali. Tetapi tentara Rusia tampaknya tidak tertarik dengan siput mereka. Mereka memang datang mencari bahan bakar, memecahkan jendela dan meminta kuncinya kepada Avramenko.

Dia dengan lembut memarahi mereka karena melanggar dan masuk rumah. Salah satu dari mereka memintanya untuk memaafkannya.

Pasukan Rusia menarik diri dari desa Veresnya pada akhir Maret, bagian dari penarikan umum dari utara dan sekitar Kiev untuk melakukan serangan besar-besaran pasukan Rusia di timur dan selatan Ukraina, di mana pertempuran masih berkecamuk. Banyak desa di wilayah Kiev dipenuhi mayat dan para ahli internasional bekerja di sana untuk mendokumentasikan dugaan kejahatan perang.

Putranya menelepon sehari setelah penarikan Rusia dan mengatakan mereka akan langsung kembali bekerja. Dia mengatakan karena perang menunda dimulainya musim panen siput, bisnis mereka paling banter hanya akan mencapai titik impas tahun ini. Tapi dia tidak ingin pekerja musiman mereka tidak memiliki penghasilan. Dan kembali ke pertanian siput yang lambat, menurutnya, akan bermanfaat bagi semua orang.

“Saya berada di antara ketakutan dan keruntuhan ketika dia mengatakan itu,” kata Avramenko. “Tapi itu adalah hal yang benar untuk dilakukan. Anda perlu melakukan sesuatu untuk mengatasi keadaan syok. Jika tidak, Anda dapat dengan mudah kehilangan akal.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home