Loading...
RELIGI
Penulis: Prasasta Widiadi 07:55 WIB | Jumat, 23 Desember 2016

PGI: Advent, Moment Pengujian Kedewasaan Iman

PGI: Advent, Moment Pengujian Kedewasaan Iman
Wakil Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (Wasekum PGI), Pdt. Krise Ankri Rotti Gosal saat diwawancarai satuharapan.com pada 2014. (Foto-foto: Prasasta Widiadi)
PGI: Advent, Moment Pengujian Kedewasaan Iman
Wakil Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (Wasekum PGI), Pdt. Krise Ankri Rotti Gosal saat memberi sambutan pada pada Ibadah Perayaan Advent dan Konser Natal PGI dan Yayasan Musik Gereja, di Grha Oikoumene, Jl. Salemba Raya, Jakarta Pusat, hari Kamis (22/12).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wakil Sekretaris Umum Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (Wasekum PGI), Pdt. Krise Ankri Rotti Gosal mengemukakan masa advent merupakan momentum umat Kristiani menantikan kehadiran Yesus Kristus, namun di sisi lain advent juga merupakan masa penantian pengujian ketahanan iman umat Kristiani.

“Dalam masa penantian, kita dan saya percaya bahwa masa penantian atau adven adalah masa pengujian diri, baik  menguji diri kita sendiri sejauh mana sikap kita yang benar, dan dalam masa penantian ini kalau ada cobaan yang datang dari luar, sebenarnya ini adalah ujian diri bagaimana kita mengamini dan mengimani Dia (Tuhan Yesus Kristus) yang datang membawa damai yang sesungguhnya,” kata Krise saat memberi kata sambutan pada Ibadah Perayaan Advent dan Konser Natal PGI dan Yayasan Musik Gereja, di Grha Oikoumene, Jl. Salemba Raya, Jakarta Pusat, hari Kamis (22/12).

Dia mengemukakan dalam masa advent juga merupakan sebuah momen untuk merefleksikan diri karena menjelang Natal, menurut dia, masih banyak orang yang merayakan Natal di tengah konflik, maupun bencana alam.

“Dalam masa penantian seperti ini kita seringkali berhadapan dengan tantangan dari dalam maupun dari luar yang menuntut satu sikap iman yang muncul dari dalam hati, untuk menuntun kita arif dalam menyikapi berbagai hal yang muncul di tengah-tengah masyarakat,” kata dia.

Mengucap Syukur Partisipasi Yamuger

Krise mengemukakan bahwa PGI berterima kasih karena Yayasan Musik Gereja (Yamuger) mengisi acara Perayaan Advent  tersebut. Menurut dia, keikutsertaan Yamuger memberi warna baru menjelang perayaan Natal.

Dia mengatakan saat perayaan advent tersebut terdapat 12 sinode gereja berbeda di Jakarta yang turut hadir, selain itu terdapat 16 organisasi, lembaga dan yayasan yang bermitra dengan PGI yang ikut serta.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Pengurus Yamuger, Tigor M. Tanjung mengungkapkan terima kasih kepada PGI karena diajak untuk ikut serta.

“Perayaan ini merupakan  pencerminan  bersatunya PGI dan Yamuger dalam pelayanan kepada jemaat dan gereja  di indonesia,” kata Tigor.

“Kami sangat berharap Yamuger akan terus mengembangkan diri bersama PGI untuk memenuhi kebutuhan berbagai gereja di Indonesia,” kata Tigor.

Tigor menjelaskan dalam perayaan advent tersebut, Yamuger memberi kesaksian berupa puji-pujian yang dibawakan staf pengajar dan siswa-siswi Sekolah Musik Yamuger yang selama ini telah berjalan baik.

“Melalui sekolah musik ini, akan dihasilkan pemusik, penyanyi dan pemimpin pujian yang dapat dimanfaatkan oleh gereja-gereja di dalam maupun di luar lingkungan PGI,” kata dia.

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home