Loading...
RELIGI
Penulis: Melki Pangaribuan 16:06 WIB | Selasa, 25 Mei 2021

PGI HUT ke-71: Berkat Tuhan Tetap Ada, Sangat Luar Biasa

(Foto: pgi.or.id)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) tepat berusia 71 tahun pada 25 Mei 2021. 

Sejak berdiri 71 tahun lalu, kiprah PGI yang dulunya bernama Dewan Gereja-gereja Indonesia (DGI) terus berproses menjadi lembaga keumatan khususnya yang menaungi 91 sinode gereja-gereja yang ada di Indonesia.

Dalam rangka menyambut hari ulang tahun itu, PGI menyelenggarkan syukuran bersama sejumlah pimpinan gereja di lantai 3, Grha Oikoumene, Jakarta.

Ibadah syukur itu dilakukan dalam balutan kesederhanaan sekaligus mengikuti peraturan pemerintah untuk tidak berkerumun di masa pandemi Covid-19.

Selain ucapan syukur atas bertambahnya usia PGI, hadirin juga diajak mensyukuri penganugerahan Doktor Honoris Causa dari Hartford Seminary, Hartford, Connecticut, USA, kepada  Sekretaris Umum PGI Pdt Jaklevyn Fritz Manputty.

Ketua Umum PGI Pdt Gomar Gultom usai ibadah mengatakan, PGI tetap bersyukur meski di tengah situasi sulit yang tengah terjadi akibat Pandemi Covid-19. 

"Berkat Tuhan tetap ada dan sangat luar biasa. Di balik hujan ada pelangi, dan di balik berbagai kesulitah tetap ada kebaikan yang dirasakan oleh gereja-gereja di Indonesia. Sebab itu kita harus yakin suatu saat akan keluar dari kesulitan ini,” kata Pdt Gomar dalam siaran pers PGI, hari Selasa (25/5).

Gomar juga meminta seluruh gereja untuk bersegera melaksanakan tugas yang telah diberikan sesuai amanat Sidang Raya.

“Berbagai hal yang terjadi di negara ini, seperti kemiskinan, perusakan hutan, bencana alam, konflik, bahkan pandemi, tidak bisa kita abaikan, karena itu juga sebagai tugas dan tanggungjawab gereja-gereja di Indonesia untuk ikut berperan menyelesaikan berbagai persoalan itu,” ujarnya.

Sementara dalam ibadah syukur yang dipimpin oleh Pdt Arliyanus Larosa, MTh mengingatkan untuk pentingnya mengucap syukur. Dengan mengucap syukur, memunculkan kesadaran yang lebih luas akan anugerah yang telah diberikan oleh Tuhan, termasuk dalam tugas dan pelayanan yang telah diberikan.

“Mari kita terus memelihara dan belajar untuk selalu bersyukur atas segala situasi yang boleh kita alami, termasuk dalam masa sulit yang dialami di kantor PGI sekarang ini, gereja-gereja, juga jemaat harus mampu mengucap syukur,” kata Pdt Arliyanus.

Puncak syukuran 71 tahun PGI akan ditandai dengan Perayaan Bernuasa Etnik yang mengusung tema “Bersama Menghadapi Bencana”yang dilaksanakan pada Selasa (25/5) melalui zoom dan youtube pukul 18.30 WIB.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home