Loading...
INDONESIA
Penulis: Melki Pangaribuan 15:32 WIB | Senin, 17 Mei 2021

PGI Kecam Keras Tindakan Barbar Teroris MIT di Poso

Tangkapan layar Sekum PGI Pendeta Jacky Manuputty dalam diskusi online Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Jakarta, Jumat (19/6/2020) (Foto: Antara)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Majelis Pekerja Harian Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) mengecam keras pembunuhan empat warga Desa Kilimago, Poso, Sulawesi Tengah pada Selasa (11/5).

Pdt Jacky Manuputty, Sekretaris Umum PGI menyebut peristiwa tersebut tidak bisa ditolerir karena dilakukan dengan cara sadis dan biadab oleh kelompok teroris Mujahidin Indonesia Timur (MIT).

Menurut Jacky, tindakan ini benar-benar di luar perikemanusiaan tak bisa ditolerir. Tindakan biadab ini kembali berulang setelah pembantaian sadis yang dilakukan oleh kelompok yang sama pada akhir tahun 2020.

"Kami mendesak pemerintah dan aparat TNI dan Polri menyelesaikan peristiwa teror yang selama ini mengganggu di Poso. Pembantaian berulang pada kurun waktu yang pendek sungguh-sungguh mempertontonkan pelecehan terhadap kemampuan apparat keamanan kita yang seakan tak berdaya menghadapi kelompok teroris ini,” kata Pdt Jacky dalam keterangan resmi yang diterima satuharapan.com, hari Rabu (12/5).

MPH-PGI juga mengungkapkan belarasa dan keprihatinan yang mendalam kepada keluarga yang berduka.

Terkait dengan peristiwa ini, MPH PGI mendesak pemerintah dan aparat keamanan untuk meningkatkan upaya penanganan kelompok teroris ini, sehingga tidak lagi jatuh korban warga tak bersalah yang dibantai dengan cara-cara barbar.

"Masyarakat berhak atas jaminan keamanan dan ketentraman, serta bebas dari segala bentuk terror, dan pemerintah wajib memberikannya," kata Jacky.

Kemudian MPH PGI mengimbau masyarakat setempat untuk tetap waspada, sambil memperkuat ketahanan social dan memberi dukungan terhadap upaya-upaya pemerintah  untuk menangani kasus ini. 

MPH PGI mendorong seluruh elemen masyarakat untuk bersikap proaktif melawan gerakan ekstremisme yang melegalkan cara-cara kekerasan dan terror, karena sungguh melecehkan nilai-nilai luhur agama maupun kebangsaan.

"Kami terus mendoakan dan mendukung semua langkah dan upaya pemerintah untuk memelihara keamanan dan ketentraman masyarakat di Negara Kesatuan Republik Indonesia yang bebas dari aksi teror dan estremisme," kata Jacky dalam pernyataan pers seperti disampaikan melalui Humas PGI, Philip Situmorang.

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home