Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 22:55 WIB | Kamis, 08 Desember 2022

Piala Dunia Qatar Akhir bagi Messi dan Ronaldo? Mbappe Makin Menonjol

Piala Dunia Qatar Akhir bagi Messi dan Ronaldo? Mbappe Makin Menonjol
Kylian Mbappe dari Prancis. (Foto-foto: AP)
Piala Dunia Qatar Akhir bagi Messi dan Ronaldo? Mbappe Makin Menonjol
Lionel Messi.
Piala Dunia Qatar Akhir bagi Messi dan Ronaldo? Mbappe Makin Menonjol
Cristiano Ronaldo.

DOHA, SATUHARAPAN.COM-Lionel Messi dari Argentina, dan Cristiano Ronaldo dari Portugal belum siap untuk mengucapkan selamat tinggal pada Piala Dunia. Tapi jarum jam terus berdetak dalam karir mereka dan Qatar bisa jadi terakhir kali kita melihat mereka di panggung sepak bola terbesar.

Dengan mengingat hal itu, pemikiran secara alami beralih ke generasi baru dan kehidupan di luar dua pria yang telah mendominasi olah raga ini selama 15 tahun terakhir, berbagi 12 penghargaan Ballon d'Or untuk pemain terbaik tahun ini dan sembilan trofi Liga Champions di antara mereka.

Mereka adalah sepatu besar untuk diisi dan, bagi banyak penggemar mereka, masing-masing berdiri sendiri sebagai yang terhebat sepanjang masa.

Jadi jika memisahkan Messi dan Ronaldo sudah cukup sulit, tapi bayangkan menggantikan mereka.

Dengan kehidupan, dan olah raga, terus berjalan dan Piala Dunia adalah panggung yang sempurna bagi generasi baru calon superstar untuk memamerkan bakat mereka.

Satu nama yang menonjol di atas segalanya sebagai pewaris alami dua besar sepak bola itu adalah: Kylian Mbappe dari Prancis.

Bukan berarti striker Prancis itu bisa digambarkan sebagai "baru". Dia mungkin baru berusia 23 tahun dan masih menunggu trofi Ballon d'Or atau Liga Champions pertamanya, tetapi Mbappe sudah menjadi pemenang Piala Dunia dan pencetak gol terbanyak di turnamen ini dengan lima gol.

Dia memiliki trofi yang didambakan Messi dan Ronaldo, dan dalam sepekan atau lebih, bisa memiliki dua di antaranya.

Mbappe juga bisa memiliki dua atau tiga Piala Dunia lagi yang tersisa dalam dirinya, dan, dengan sembilan gol selama dua turnamen sejauh ini, dia mendekati rekor 16 gol sepanjang masa Miroslav Klose di final.

Qatar terasa seperti mengoper obor ke depan Paris Saint-Germain, yang menggabungkan gerak kaki yang memukau dengan kecepatan yang menghancurkan dan penyelesaian klinis, yang merupakan kualitas yang membedakan Messi dan Ronaldo begitu lama.

Tetapi untuk menyamai kekuatan umur panjang mereka, mungkin yang paling dibutuhkan Mbappe  adalah saingan untuk mendorongnya ke tingkat yang lebih tinggi.

Bukankah Messi atau Ronaldo mencapai prestasi luar biasa bukan tanpa yang lain mendorong mereka?

Tantangan paling nyata bagi Mbappe saat ini datang dari Erling Haaland, mesin gol Manchester City yang negaranya, Norwegia, tak lolos ke Piala Dunia.

Dia adalah prospek yang berbeda: kekuatan dan gol mentah, tanpa kemahiran atau keterampilan individu yang dimiliki Mbappe. Tetapi jika ini tentang angka, Haaland memiliki potensi untuk bersaing dengannya dalam hal trofi dan skor Eropa.

Saingan Mbappe

Piala Dunia Qatar memberikan persaingan yang kurang jelas bagi Mbappe.

Jude Bellingham dari Inggris mewakili profil pemain yang berbeda, tetapi penampilan lini tengahnya yang dominan telah membawa negaranya ke perempat final di mana ia akan bertemu dengan juara bertahan Prancis.

“Saya suka bermain dengannya, dia masih muda, dia energik, dia bermain di lapangan dengan sangat baik,” kata rekan setimnya Declan Rice. “Untuk setiap pertandingan yang telah saya mainkan dengannya sejauh ini, saya hanya mengatakan kepadanya: Ini adalah panggung Anda, keluarlah dan tampillah.”

Di tempat lain, pemain depan Belanda Cody Gakpo mencetak tiga gol dan meningkatkan reputasinya setelah dikaitkan dengan transfer ke Manchester United di musim panas. Tapi dia masih bermain sepakbola klubnya di liga Belanda dengan PSV Eindhoven, jadi masih ada pekerjaan yang harus dilakukan untuk dipertimbangkan di antara para pemain elite.

Joao Felix dari Portugal belum memenuhi potensinya di Atletico Madrid, tetapi telah menunjukkan kilasan bakat yang membuatnya teridentifikasi sebagai bintang masa depan saat muncul di Benfica. Dia memiliki tipe individu, kualitas pengubah permainan untuk membuatnya menonjol dari yang lain, sementara peluang keluar dari bayang-bayang Ronaldo untuk negaranya dapat membantu perkembangannya.

Goncalo Ramos Yang Menggatikan Ronaldo

Sementara itu, rekan setim Felix di Portugal Goncalo Ramos tiba-tiba menjadi fokus setelah hattricknya melawan Swiss di babak 16 besar saat menggantikan Ronaldo di barisan pemain.

Julian Alvarez dari Argentina terlihat seperti pencetak gol alami.

Jamal Musiala dari Jerman dipandang sebagai harapan besar negaranya, sementara pasangan lini tengah Spanyol Gavi dan Pedri membawa kembali kenangan tentang kemitraan Xavi dan Andres Iniesta yang menaklukkan negara itu.

Namun dalam hal dampak, pengaruh, dan daya tarik bintang, mereka tampaknya tidak ada yang bisa dibandingkan dengan Mbappe. Tentu saja, Messi dan Ronaldo belum selesai.

Dan siapa yang akan melewati salah satu dari mereka untuk menambahkan satu lagi bab kemenangan ke dalam kisah mereka di Piala Dunia ini? (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home