Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 09:49 WIB | Senin, 28 Juni 2021

Piala Eropa: Belgia Tenggelamkan Portugal Tanpa Gol

Belgia Menang 1-0 melawan Portugal dan maju ke babak perempat final. Christiano Ronaldo juga gagal menjadi pencetak goal terbanyak.
Piala Eropa: Belgia Tenggelamkan Portugal Tanpa Gol
Cristiano Ronaldo dari Portugal, kanan, mengekspresikan kekecewaan ketika para pemain Belgia merayakan setelah pertandingan babak 16 besar kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Belgia dan Portugal di stadion La Cartuja, Seville, Spanyol, hari Minggu (27/6). (Foto: Lluis Gene/Pool via AP)
Piala Eropa: Belgia Tenggelamkan Portugal Tanpa Gol
Pemain Belgia, Axel Witsel, dari kiri, Eden Hazard dan Thorgan Hazard merayakan setelah mencetak gol pertama tim mereka selama pertandingan babak 16 besar Piala Eropa 2020 antara Belgia dan Portugal di stadion La Cartuja di Seville, Spanyol. Hari Minggu (27/6). (Foto: AP/Thanassis Stavrakis, Pool)

SEVILLE, SATUHARAPAN.COM-Belgia menghentikan Cristiano Ronaldo di satu sisi, dan menunjukkan memiliki kekuatan serangan yang cukup kuat di sisi lain.

Tim peringkat teratas Belgia menahan Ronaldo tanpa gol pada hari Minggu (27/6) di Seville, Spanyol, dan mempertahankan keunggulan di babak pertama untuk mengalahkan Portugal 1-0 dan melaju ke perempat final Kejuaraan Eropa.

Ronaldo, yang melemparkan ban kaptennya ke tanah dengan putus asa setelah peluit akhir, masih membutuhkan satu gol lagi untuk menjadi pencetak gol terbanyak pria sepanjang masa di sepak bola internasional. Dia datang ke pertandingan diikat dengan mantan striker Iran, Ali Daei, dengan 109 gol.

Belgia, yang belum pernah memenangkan gelar sepak bola utama, selanjutnya akan menghadapi Italia pada hari Jumat mendatang di Munich, Jerman.

Serangan kuat Belgia, yang dipimpin oleh Kevin De Bruyne, Eden Hazard dan Romelu Lukaku, juga kesulitan, tetapi Thorgan Hazard mencetak gol kemenangan pada menit ke-42 dengan tendangan melengkung dari luar kotak penalti. Kiper Portugal, Rui Patrício, salah kaki dan terlambat untuk menepis bola.

“Dalam permainan seperti ini, Anda harus meraih peluang dengan kedua tangan,” kata Thorgan Hazard. Penjaga gawang mengharapkan saya untuk memilih sudut lain, jadi bola masuk.

Belgia memainkan sebagian besar babak kedua tanpa De Bruyne, yang harus diganti setelah ditekel dari belakang dan cedera pergelangan kaki kirinya. De Bruyne melewatkan pertandingan pertama tim di Euro 2020 saat pulih dari cedera wajah yang diderita di final Liga Champions.

Portugal memiliki beberapa peluang bagus untuk menyamakan kedudukan di penghujung pertandingan, termasuk sundulan Rúben Dias yang diselamatkan kiper Belgia, Thibaut Courtois, dan tembakan Raphael Guerreiro yang membentur tiang gawang.

Pemain asal Portugal itu melakukan sebagian besar serangan di babak kedua, menyelesaikan pertandingan dengan 24 kali percobaan. Belgia memiliki total enam peluang dan mencetak satu-satunya gol saat itu mencapai target.

“Melihat babak kedua itu, kami beruntung bisa menang,” kata bek Belgia Thomas Vermaelen. “Portugal membuatnya sangat sulit bagi kami. Kami harus benar-benar tetap fokus. Kami menghabiskan banyak energi, tetapi kami punya waktu untuk pulih dan sekarang kami menantikan pertandingan melawan Italia.”

Sementara perjalanan Portugal untuk gelar Eropa kedua berturut-turut berakhir, Belgia tetap berada di jalur untuk mengakhiri kekeringan gelarnya. Belgia kalah di final Kejuaraan Eropa pada 1980 dan finis ketiga tiga tahun lalu di Piala Dunia untuk hasil terbaik mereka di turnamen itu.

Belgia telah memenangkan keempat pertandingan sejauh ini di Euro 2020 dan memenangkan semua 10 kualifikasi untuk turnamen tersebut. Tim ini tidak terkalahkan dalam 13 pertandingan berturut-turut di semua kompetisi, sejak kalah dari Inggris tahun lalu di Nations League. Belgia hanya kalah satu kali dari 27 pertandingan internasional terakhirnya.

“Kami menunjukkan konsentrasi yang luar biasa dan bertahan dengan sangat baik,” kata pelatih Belgia Roberto Martinez. “Kami mencetak gol yang sangat bagus dan kemudian di babak kedua, seperti yang Anda harapkan, momentumnya lebih mengarah ke Portugal. Kami harus menunjukkan mentalitas yang luar biasa.”

Ronaldo terus diawasi selama sebagian besar pertandingan, dengan peluang mencetak gol terbaiknya datang dari tendangan bebas yang diselamatkan oleh Courtois pada menit ke-25. Dia juga meleset dari sasaran dengan tendangan bebas di menit ke-74, dan kemudian hanya berhasil melepaskan tembakan lemah ke gawang dari dalam kotak penalti beberapa menit kemudian.

Striker Juventus itu tampak frustrasi dengan kurangnya peluang, dan dia juga tidak bisa berbuat banyak untuk membantu rekan satu timnya, dan Diogo Jota gagal menembak dari jarak dekat setelah mendapat umpan dari Ronaldo di menit ke-56.

“Kami memiliki beberapa pemain yang menangis di ruang ganti, dan saya yakin banyak penggemar Portugal juga,” kata pelatih Portugal, Fernando Santos. “Kami yakin dengan peluang kami untuk memenangkan gelar Eropa dan kami pikir kami bisa memenangkannya. Portugal pantas memenangkan pertandingan ini tetapi itu tidak terjadi.”

Itu merupakan awal yang lambat di Stadion La Cartuja, Seville, pada malam yang panas di Spanyol selatan, dengan tidak ada tim yang banyak mengancam secara ofensif.

Portugal menjaga serangan Belgia tetap terkendali sampai Thorgan Hazard mencetak gol setelah gagal melakukan operan di depan kotak penalti. Penumpukan ke gawang dimulai dengan Courtois mengecoh Ronaldo di dalam areanya sendiri. Penyerang itu mencoba menekan kiper tetapi dia memotong dengan bola saat Ronaldo melewatinya.

Pertandingan semakin memanas, dengan pertengkaran kecil dimulai pada menit ke-76 setelah bek Portugal Pepe menyerang Thorgan Hazard dengan keras saat permainan dihentikan ketika Lukaku menunggu untuk dirawat oleh dokter setelah kepalanya dihantam oleh kaki lawan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home