Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 11:10 WIB | Sabtu, 26 Juni 2021

Piala Eropa: Gareth Southgate Latih Tim Inggris hingga Piala Dunia

Manajer Inggris, Gareth Southgate, menyaksikan pertandingan grup D kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Republik Ceko dan Inggris, di stadion Wembley di London, hari Selasa (22/6). (Foto: AP/Laurence Griffiths, Pool)

BURTON-ON-TRENT, SATUHARAPAN.COM- Terlepas dari bagaimana performa tim Inggris di Kejuaraan Eropa hingga akhir, atau bahkan juga penampilan tim Inggris di Piala Dunia tahun depan, Gareth Southgate akan tetap menjadi pelatih nasional untuk beberapa tahun mendatang.

Southgate dinilai sangat tinggi sehingga Asosiasi Sepak Bola Inggris sudah ingin memperpanjang kontraknya melampaui tahun 2022.

“Dia tahu bahwa kami pikir dia melakukan pekerjaan dengan baik,” kata kepala eksekutif FA, Mark Bullingham, pada hari Jumat (25/6) di pusat pelatihan St. George's Park Inggris. “Kami akan senang dia melanjutkan, pasti, di luar kontrak ini.”

Untuk saat ini, yang diprioritaskan adalah pertandingan Inggris melawan Jerman yang akan berlangsung pada hari Selasa depan di babak 16 besar Euro 2020. Namun diperkirakan Southgate masih akan memimpin tim hingga Euro 2024.

“Dukungan kami tak tergoyahkan… kami 100% di belakang Gareth,” kata Bullingham. “Kami akan masuk ke percakapan formal (kontrak) setelah turnamen ini. Tetapi jika Anda bertanya kepada saya sekarang, saya akan mengatakan ya, kami ingin dia melanjutkan.”

Southgate telah memulihkan reputasi tim nasional Inggris dari posisi terendah dan tersingkir di Euro 2016 yang memalukan ketika melawan Islandia di babak 16 besar. Ini menjadi aib bagi masa jabatan yang singkat Sam Allardyce.

Southgate, yang satu-satunya pengalaman melatih tim utama sebelumnya adalah tiga tahun di Middlesbrough hingga 2009, dipromosikan dari tugasnya mengawasi tim U-21 Inggris.

Pada 2018, Southgate telah memimpin tim Inggris ke semifinal Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam 28 tahun. Dia terkesan dengan kepemimpinan yang dia tunjukkan sebagai figur utama untuk permainan Inggris.

“Dia adalah manajer yang kuat baik di dalam maupun di luar lapangan, itu membuka berbagai kemungkinan berbeda untuknya di masa depan,” kata Bullingham. "Saya pikir dia bisa melakukan apa saja di dunia klub atau dunia FA secara mutlak."

Untuk saat ini, FA ingin mempertahankan Southgate yang berusia 50 tahun di ruang istirahat Inggris, daripada tertarik dengan peran di klub.

"Saya pikir dia memiliki karir jangka panjang yang brilian di sepak bola dan saya tahu dia mungkin memiliki aspirasi jangka panjang," kata Bullingham. “Kami berada di dunia yang kompetitif, saya yakin namanya akan dibicarakan untuk setiap pekerjaan.

"Tapi sejauh yang saya tahu dia benar-benar berkomitmen untuk pekerjaan itu dan saya pikir dia melakukannya dengan brilian." Tantangan awal adalah mencoba memenangkan trofi besar pertama Inggris sejak 1966, dengan semifinal dan final Euro 2020 di Stadion Wembley. Kemudian kembali melanjutkan misi untuk lolos ke Piala Dunia tahun depan di Qatar. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home