Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 11:16 WIB | Sabtu, 10 Juli 2021

Piala Eropa: Nuansa Patriotisme di Pertandingan Final

Inggris menghadapi Italia di final Piala Eropa hari Minggu (11/7). Ini adalah final pertama di kejuaraan internasional selama 55 tahun.
Manajer Inggris, Gareth Southgate, melakukan selebrasi usai memenangkan pertandingan semifinal kejuaraan sepak bola Euro 2020 melawan Denmark di stadion Wembley di London, Kamis (8/7) pagi. (Foto: Frank Augstein/pool via AP)

BURTON-ON-TRENT, SATUHARAPAN.COM- Di belakang pelatih sederhana di pinggir lapangan, Gareth Southgate, meraih hak istimewa dari status yang tidak pernah dicari dan kualitas kepemimpinan yang sekarang sangat dikagumi di Inggris.

Dia memegang apa yang dulu disebut "Pekerjaan yang Mustahil." Southgate termotivasi, tidak terbebani oleh tanggung jawab pada hari Minggu (11/7) untuk memimpin Inggris ke final sepak bola besar pertamanya dalam 55 tahun melawan Italia.

Dan tanpa kehilangan perspektif, dia merasakan apa artinya memenangkan trofi pertama sejak Piala Dunia 1966.

Masalah patriotisme muncul bagi pelatih itu, pada saat Inggris, sebuah negara yang terdiri dari Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara, sedang mencoba untuk mendefinisikan kembali dirinya setelah meninggalkan Uni Eropa.

“Kami memiliki begitu banyak hal di sini yang harus kami banggakan, sehingga kami mungkin meremehkannya,” kata Southgate, hari Jumat (9/7). “Kami selalu melihat hal-hal negatif dari negara kami sendiri, namun kami memiliki banyak hal yang bisa dibanggakan dan begitu banyak bakat yang muncul di semua industri.”

Bermain di final Kejuaraan Eropa pada hari Minggu di stadion kandang, bagi Inggris adalah kesempatan bagi Southgate untuk berbicara tentang apa artinya menjadi orang Inggris baginya.

“Untuk sebuah pulau seukuran kami, kami memiliki pengaruh luar biasa pada dunia dan kami harus menjaganya dengan cara yang positif,” katanya. “Ada hal-hal bersejarah yang patut kita banggakan. Kami memiliki penemuan yang luar biasa di negara ini.”

Sementara pendahulunya sebagai pelatih Inggris akan tetap berbicara tentang masalah di lapangan, Southgate sering berbicara tentang peran olahraga dalam menyatukan negara sejak referendum Brexit 2016. Dan dia tidak menghindar dari bagaimana negara telah dibentuk oleh konflik militer, dan tempat kemenangan atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia II dalam arti kebangsaan.

Southgate mengemukakan betapa menggemanya Inggris ketika mengalahkan Jerman modern 2-0 di babak 16 besar di Euro 2020.

“Orang-orang telah mencoba menyerang kami dan kami memiliki keberanian untuk menahannya,” kata Southgate. “Anda tidak dapat menyembunyikan bahwa sebagian energi di stadion melawan Jerman adalah karena itu. Saya tidak pernah menyebutkan itu kepada para pemain, tetapi saya tahu itu bagian dari cerita itu.”

Pengalaman Gagal

Nilai-nilai kesopanan dan rasa hormat Southgate yang berusia 50 tahun sebagian datang dari titik terendah yang ia alami sebagai pemain Inggris, gagal mengeksekusi penalti kunci dalam kekalahan adu penalti Euro 1996 dari Jerman.

“Jika saya berbicara dengan orang-orang muda sekarang, semoga apa yang mereka lihat adalah momen-momen seperti itu dalam hidup Anda tidak harus mendefinisikan Anda,” katanya. “Anda harus bekerja dengan cara Anda melalui mereka dan mengembangkan ketahanan.”

Kerendahan hati adalah mengapa Southgate awalnya tidak melihat dirinya memenuhi syarat untuk pekerjaan di tim Inggris yang dikosongkan oleh Roy Hodgson setelah kekalahan memalukan Euro 2016 dari Islandia. Sebaliknya, dia adalah pelatih Inggris yang tidak disengaja, dipromosikan dari tim U-21 ketika penerus langsung Hodgson, Sam Allardyce, dikeluarkan setelah hanya satu pertandingan yang dia bertanggung jawab menyusul komentar tidak bijaksana yang diekspos di surat kabar.

“Saya pindah ke pekerjaan di mana profilnya jauh melampaui apa pun yang saya miliki sebelumnya, jadi tidak mungkin saya akan menjadi artikel yang selesai,” kata Southgate di pangkalan pelatihan tim St. George's Park. "Aku masih belum."

Satu-satunya pengalaman melatih tim utama bagi Southgate sebelumnya berakhir pada 2009 dengan terdegradasi dari Liga Premier bersama Middlesbrough. Tapi dia berusaha mengubah budaya Inggris yang tertekan dan menghapus pemain seperti pencetak gol terbanyak sepanjang masa, Wayne Rooney.

“Anda jelas harus mendapatkan kepercayaan diri bahwa Anda bisa mendapatkan hasil dan hal-hal yang Anda terapkan akan berhasil dan kemudian para pemain melihat bukti bahwa hal-hal itu berhasil dan kemudian mereka mulai percaya pada apa yang Anda katakan kepada mereka tentang lawan atau cara kami bermain," kata Southgate. “Tidak ada jalan pintas untuk itu.”

Dia mencoba menanamkan rasa tanggung jawab pada para pemain, bekerja untuk menghubungkan kembali mereka dengan basis penggemar yang menjadi kecewa sebelum Southgate memimpin tim kembali ke penampilan semifinal di Piala Dunia 2018 di Rusia setelah absen selama 22 tahun dari empat besar sejak Euro 1996.

Sementara politisi mengkritik pemain karena berlutut (mengenang pembunuhan George Floyd), Southgate mendorong mereka untuk menggunakan platform mereka untuk berkampanye melawan ketidakadilan rasial.

“Inklusivitas itu sangat penting bagi kami, karena saya pikir itulah Inggris modern,” kata Southgate. “Kami tahu itu tidak selalu terjadi dan ada alasan historis untuk itu. Tetapi tingkat toleransi dan inklusi itulah yang harus kita lakukan untuk bergerak maju.”

Tapi di atas semua itu, Southgate tahu persepsi tentang dia dibentuk oleh hasil di lapangan. "Aspek kepemimpinan... saya tahu penting bagi negara saat ini, karena saya tahu kita bisa membuat hidup orang lebih bahagia," katanya.

“Merupakan hak istimewa yang luar biasa untuk dapat membuat perbedaan. Tetapi jika Anda salah, itu bisa jatuh dan tidak ada gunanya berbicara tentang bidang masyarakat. Jika kami tidak mendapatkan bagian taktis yang tepat, pilihan yang tepat, jika kami tidak mengelola para pemain dengan cara yang benar akan ambruk. Saya tahu sekarang ini adalah periode yang indah dalam banyak hal, tetapi kami harus mendapatkannya pada hari Minggu dengan benar.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home