Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 11:36 WIB | Selasa, 29 Juni 2021

Piala Eropa: Spanyol Melaju ke Perempat Final

Spanyol kalahkan Kroasia 5-3 pada pertandingan 16 besar di Kopenhagen, Denmark.
Pablo Sarabia dari Spanyol, kiri tengah, melakukan selebrasi setelah mencetak gol ke gawang Kroasia pada pertandingan babak 16 besar Piala Eropa 2020 antara Kroasia dan Spanyol, di stadion Parken di Kopenhagen, Denmark, hari Senin (28/6). (Foto: Wolfgang Rattay/pool via AP)

KOPENHAGEN, SATUHARAPAN.COM-Spanyol pertama kali memberi Kroasia gol bunuh diri yang aneh, kemudian membuang keunggulan 3-1 di akhir pertandingan. Namun Alvaro Morata memastikan pada akhirnya itu tidak masalah.

Morata dan Mikel Oyarzabal mencetak gol di perpanjangan waktu pada pertandingan hari Senin (28/6) yang memberi Spanyol kemenangan 5-3 atas Kroasia, dan satu tempat di perempat final Kejuaraan Eropa setelah pertandingan yang sangat menghibur di Parken Stadium, Kopenhagen, Denmark.

“Saya telah menjalani pertandingan yang sangat intens sebagai pemain dan manajer, tetapi yang satu ini benar-benar memiliki segalanya,” kata pelatih Spanyol, Luis Enrique.

Itu adalah pertandingan dengan skor tertinggi kedua dalam sejarah Kejuaraan Eropa, hanya tertinggal 5-4 dari kemenangan Yugoslavia atas Prancis di pertandingan pembukaan turnamen perdana pada tahun 1960.

Setelah gelandang Kroasia, Mario Pasalic, menyamakan kedudukan pada injury time untuk menutup kemungkinan comeback di menit akhir, Morata mencetak gol kemenangan pada menit ke-100.

Striker Spanyol itu mengontrol umpan silang dengan satu sentuhan cekatan dan kemudian melepaskan tembakan menanjak melewati kiper Dominik Livakovic untuk mencetak gol keduanya di turnamen tersebut.

Oyarzabal menggandakan keunggulan tiga menit kemudian, menerima umpan di tengah kotak penalti dan menahan pemain bertahan sebelum mencetak gol.

Morata telah menerima banyak pelecehan online, termasuk ancaman pembunuhan, setelah serangkaian kesalahan selama babak penyisihan grup. Namun penyelesaiannya yang sengit dari sudut sempit terbukti menentukan pada hari Senin itu.

“Saya tidak berpikir ada pelatih di dunia yang tidak mengagumi pemain seperti Morata,” kata Luis Enrique. “Dia mendominasi di udara, dia mencetak gol, dia kuat secara fisik. Dia adalah striker yang harus kami hargai.”

Spanyol telah tersingkir di babak 16 besar dalam dua turnamen sebelumnya tetapi mencetak lima gol untuk pertandingan kedua berturut-turut setelah awal yang lambat dengan dua hasil imbang. Spanyol akan bermain melawan Swiss di perempat final pada hari Jumat di St Petersburg. Swiss mengalahkan juara Piala Dunia Prancis melalui adu penalti setelah bangkit dari ketinggalan 3-1 di menit-menit akhir.

Kroasia mencetak tiga gol untuk pertandingan kedua berturut-turut, tetapi gagal mereplikasi prestasinya mencapai final Piala Dunia 2018.

“Pada awal perpanjangan waktu kami memiliki permaianan, tetapi kami gagal mencetak gol dari dua peluang bagus,” kata kapten Kroasia Luka Modric. “Kemudian permainan berbalik dan kami tidak memiliki kekuatan untuk kembali.”

Spanyol memimpin 3-1 pada menit ke-85 tetapi Mislav Orsic membalaskan satu gol setelah kemelut di mulut gawang dan Pasalic menyamakan kedudukan melalui sundulan pada injury time.

Spanyol telah mendominasi 20 menit pertama, tetapi kiper Unai Simon bersalah atas defisit awal timnya setelah kesalahan besar ketika ia gagal mengontrol umpan balik yang panjang. Bola memantul di atas kaki Simon dan masuk ke gawang di belakangnya.

“Kami tahu itu sepak bola dan hal itu terjadi,” kata kapten Spanyol Sergio Busquets. “Yang paling penting adalah bangkit dan menunjukkan mental yang kuat. Dan saya pikir baik Unai maupun seluruh tim melakukannya hari ini.”

Spanyol dengan cepat pulih dan Pablo Sarabia menyamakan kedudukan di menit ke-38. Bek kanan Cesar Azpilicueta kemudian membuat kedudukan menjadi 2-1 dengan sundulan di menit ke-57 dan Ferran Torres menggandakan keunggulan ketika ia menyelesaikan serangan balik cepat dengan tembakan mendatar melewati Livakovic di menit ke-77. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home