Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 09:54 WIB | Selasa, 06 Juli 2021

Piala Eropa: Spanyol vs Italia, Pertarungan Dua Tim Kuat

Spanyol dan Italia memiliki catatan keunggulan dalam turnamen, termasuk pada Euro 2020 ini.
Piala Eropa: Spanyol vs Italia, Pertarungan Dua Tim Kuat
Manajer Spanyol, Luis Enrique, berteriak selama pertandingan perempat final kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Swiss dan Spanyol, di stadion Saint Petersburg di Saint Petersburg, hari Jumat (2/7). (Foto: dok. Kirill Kudryavtsev/pool via AP)
Piala Eropa: Spanyol vs Italia, Pertarungan Dua Tim Kuat
Piala Eropa: Spanyol vs Italia, Pertarungan Dua Tim Kuat
Manajer Italia, Roberto Mancini, melambaikan tangan setelah pertandingan perempat final kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Belgia dan Italia di Allianz Arena di Munich, Jerman, hari Jumat (2/7). (Foto: dok. Andreas Gebert/pool via AP)
Piala Eropa: Spanyol vs Italia, Pertarungan Dua Tim Kuat
Jordi Alba dari Spanyol merayakan dengan Alvaro Morata, kiri, setelah mencetak gol pembuka pada pertandingan perempat final kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Swiss dan Spanyol di stadion Saint Petersburg di St. Petersburg, Rusia, Jumat (2/7). (Foto: dok. Dmitri Lovetsky/pool via AP)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Luis Enrique, pelatih Spanyol, berpikir selama beberapa detik, menatap lurus ke arah si penanya, dan memberikan jawaban paling singkat.

“Tidak,” kata pelatih Spanyol itu, dengan ekspresi paling kosong di wajahnya, setelah ditanya apakah dia pernah melihat tim yang lebih baik dari timnya di Kejuaraan Eropa.

Apakah ini sebuah jawaban yang keluar dari optimism yang buta? Mungkin. Atau fakta bahwa Spanyol adalah pencetak gol terbanyak di Euro 2020? Itu juga mungkin.

Atau fakta bahwa tim La Roja sedang dalam rekor tak terkalahkan sejak Oktober, dengan 13 pertandingan berturut-turut? Itu juga sangat mungkin.

Tapi mungkin juga bahwa lawan Spanyol di semi final Kejuaraan Eropa pada hari Selasa atau Rabu dini hari WIB memiliki sesuatu yang lain. Tapi apa yang akan dikatakan lawannya, tim Italia, tentang semua pertandingan yang akan mereka alami.

Italia, salah satu kekuatan tradisional benua itu, membawa catatan performa yang lebih baik lagi ke Stadion Wembley, rekor nasional 32 pertandingan tak terkalahkan, sejak September 2018.

Sejak penyanyi tenor Andrea Bocelli membersihkan lapangan di Stadio Olimpico setelah membawakan lagu “Nessun Dorma” yang menggetarkan pada upacara pembukaan, itu membuka jalan bagi dimulainya turnamen, tim Italia itu benar-benar mendapatkan keuntungan.

Tiga kemenangan mengesankan di babak penyisihan grup, tanpa kebobolan. Kemenangan berani atas Austria yang lebih baik dari perkiraan di babak 16 besar. Dan menyingkirkian peringkat teratas Belgia di perempat final.

Mungkin Luis Enrique tidak menyadari kekuatan dari lawannya itu, padahal Italia sedang menanjak saat ini.

Spanyol dan Italia Mungkin Lupa Kalah

Spanyol vs Italia mungkin menjadi pertandingan antara tim yang hampir lupa bagaimana rasanya kalah. Spanyol hanya memiliki satu kekalahan dalam 29 pertandingan terakhirnya, tetapi Italia terlihat memiliki keunggulan, di kedua ujung lapangan.

Banyak yang telah berubah sejak Roberto Mancini mengambil alih pada Mei 2018, dengan tim telah berevolusi menjadi unit berenergi tinggi yang menekan keras dan menyerang dengan cepat. Tetapi pertahanan Azzurri membutuhkan sedikit pengenalan.

Bek tengah yang tangguh Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini masih bertahan, seperti yang telah mereka lakukan selama lebih dari satu dekade, dan Italia hanya kebobolan dua gol sejauh ini.

Pertahanan Spanyol, di sisi lain, adalah pekerjaan yang sedang berlangsung, sementara bek tengah Aymeric Laporte terintegrasi setelah beralih kewarganegaraan dari Prancis.

Dalam serangan, striker Alvaro Morata terus membuat frustrasi untuk Spanyol dan Luis Enrique tampaknya belum puas dengan pemain sayap pilihannya. Italia, bagaimanapun, memiliki penampilan yang kuat dan andal dari striker Ciro Immobile dan penyerang sayap Lorenzo Insigne, pencetak gol kedua yang menentukan ketika melawan Belgia.

Lini tengah, di mana Spanyol dapat secara serius menantang Italia, berpotensi menjadikannya bagian di mana pertandingan bisa dimenangkan atau kalah. Jorginho, Nicola Barella dan mungkin Marco Verratti untuk Italia versus Sergio Busquets, Pedri Gonzalez dan Koke untuk Spanyol adalah duel yang harus diwaspadai.

Pertemuan Dua Tim Juara

Tidak ada tim yang berhasil sejauh ini dalam kompetisi internasional utama sejak 2012, ketika mereka bertemu di final Kejuaraan Eropa di Kiev, Ukraina. Spanyol memenangkan pertandingan itu 4-0. Dua pemain tersisa dari masing-masing negara: Bonucci dan Chiellini untuk Italia, dan Jordi Alba dan Busquets untuk Spanyol.

Jadi sementara ini jauh dari wilayah yang belum dipetakan untuk dua negara dengan sembilan gelar Kejuaraan Eropa atau Piala Dunia di antara mereka, itu untuk sebagian besar dengan pemain yang terlibat.

Harapkan Spanyol untuk memiliki mayoritas kepemilikan, tapi mungkin tidak sebanyak yang mereka terbiasa. Dan mengharapkan Italia untuk meluncurkan serangan balik cepat dari bola turnover, berusaha untuk mendapatkan di belakang Busquets tua dan menyerang pusat lembut pertahanan Spanyol.

Sebuah kemenangan untuk Spanyol, yang memiliki skuad termuda di turnamen, menetapkan prospek gelar Kejuaraan Eropa ketiga dalam empat edisi dan berpotensi memulai periode baru kesuksesan bagi negara yang mendominasi sepak bola dunia 2008-12.

Kemenangan bagi Italia tentu berarti tim asuhan Mancini akan masuk final sebagai favorit, tidak peduli siapa yang memenangkan pertandingan semifinal kedua antara Inggris dan Denmark. (dengan AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home