Loading...
INSPIRASI
Penulis: Yoel M Indrasmoro 09:32 WIB | Sabtu, 08 Juli 2017

Pikullah Kuk!

Kasih menjadikan setiap beban ringan.
Kuk berguna untuk mengarahkan sapi (foto: istimewa)

SATUHARAPAN.COM – ”Aku, manusia celaka! Siapa yang akan melepaskan aku dari tubuh maut ini?” (Rm. 7:24). Demikianlah seruan keputusasaan Paulus. Dia menyimpulkan dirinya sebagai manusia celaka dengan tanda seru. Itulah kenyataan manusia. Namun, Paulus melanjutkannya dengan kalimat tanya: ”Siapa yang akan melepaskan aku dari tubuh maut ini?”

 

Pengakuan Dosa

Pengakuan dosa menjadi penting dalam hidup manusia. Namun, tak hanya berhenti di situ. Selanjutnya apakah kita mengharapkan pengampunan dosa atas pengakuan dosa itu. Pertanyaan Paulus bukanlah kalimat retorik, yang tidak membutuhkan jawaban. Tidak. Paulus sangat membutuhkan jawaban.

Persoalan besarnya ialah banyak orang yang berhenti pada pengakuan dosa! Merasa bersalah dan hanya sampai di situ. Dia tidak mohon pengampunan. Atau, dia tidak mohon pengampunan karena merasa tidak ada pribadi yang mengampuninya. Akhirnya, bunuh diri menjadi jalan keluarnya!

Itulah yang ditawarkan Yesus semasa hidup-Nya, hingga kini: ”Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.” (Mat. 11:28).

 

Undangan Yesus

Kalimat ini kadang menimbulkan salah pengertian yang besar, seakan-akan Yesus memanggil semua orang yang menderita. Yang dimaksudkan di sini ialah orang Yahudi yang letih lesu karena Taurat. Ahli Taurat telah menetapkan 613 aturan yang harus diikuti setiap orang yang mau hidup menaati Tuhan.

Aturan kadang membuat kita ingin melanggarnya. Misalnya: ada tulisan ”Awas Cat Basah!” Tulisan itu malah membuat kita tidak mematuhinya. Tak jarang tangan kita menyentuhnya untuk membuktikan apakah basah atau tidak! Dosa cenderung membuat manusia melakukan kesalahan demi kesalahan. Aturan yang dimaksudkan untuk membuat kita hidup, malah sering kali kita langgar!

Perkataan Yesus di sini merupakan undangan kepada setiap orang yang merasa putus asa karena tidak mampu melakukan apa yang baik. Yesus memberi kelegaan. Kelegaan di sini ialah bahwa pengikut Kristus tak perlu ribet dengan semua peraturan yang malah membuat kita malah merasa bersalah.

 

Pikullah Kuk

Namun, itu tidak berarti bahwa seorang Kristen boleh hidup liar. Yesus menyatakan bahwa pengikut-Nya harus hidup tertib. Perhatikanlah perkataan Yesus selanjutnya: ”Pikullah kuk yang Kupasang …. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan.” (Mat. 11:29-30).

Yesus memberikan kuk. Kuk biasanya ditaruh di atas pundak sapi agar mampu bekerja sesuai perintah tuannya. Dan kuk yang baik ialah kuk yang tidak mencekik leher sapi. Tetapi, kuk yang membuat sapi dapat bekerja tanpa rasa sakit.

Kuk merupakan kiasan untuk perintah Yesus. Perintah Yesus enak karena demi kehidupan dan bukan kematian manusia. Dan perintah Yesus memang cuma dua: mengasihi Allah dan manusia.

Mungkin kita bertanya: ”Apa mudahnya perintah macam begini? Bukankah ini juga merupakan beban yang berat?

 

Kasih

De Heer menyatakan semuanya itu bergantung hati kita. Jika kita yakin bahwa perintah Yesus itu merupakan hal indah dan berguna bagi manusia, pastilah kita akan melakukannya dengan hati senang. Sebuah pepatah berbunyi: ”Kasih menjadikan setiap beban ringan.”

Sekadar contoh: Suami-isteri yang yang punya anak di bawah 3 tahun biasanya setiap dua jam dibangunkan oleh tangisan anaknya. Marahkah orang tua tersebut terhadap anaknya? Pasti tidak! Mengapa? Karena orang tua itu mengasihi anaknya.

Bahkan kemungkinan besar akan lebih mengasihi anaknya, jika mereka mengingat masa kecil mereka. Saat bayi pastilah mereka juga membuat orang tua begadang semalaman.

Kasih kepada sesama tak lagi jadi beban jika kita telah merasakan kasih Allah. Kasih kepada sesama menjadi keniscayaan saat kita mengingat kasih Allah. Dan itulah yang dimaksudkan Tuhan dengan perkataan: ”Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Ku pun ringan.”

 

Email: inspirasi@satuharapan.com

Editor : Yoel M Indrasmoro


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home