Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 13:06 WIB | Rabu, 30 November 2016

PKB Harap Pemerintah Terus Perbaiki Pola Komunikasi dengan Ulama

Ilustrasi: Presiden Joko Widodo saat menghadiri Silaturahim Nasional (Silatnas) Ulama Rakyat "Doa Untuk Keselamatan Bangsa", yang digelar di Ecovention Ancol Jakarta, hari Sabtu (12/11). (Foto: Dok.satuharapan.com)

JAKARTA,SATUHARAPAN.COM – Sekretaris Jenderal DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding berharap pemerintah terus memperbaiki pola komunikasi dengan kalangan alim ulama. Sebab, kata Karding, para alim ulama memiliki peran strategis di dalam memperkuat keutuhan bangsa.

“Jika pemerintah bisa merangkul para kiai atau ulama maka negara kita juga akan solid dan kuat,” kata Karding kepada wartawan saat ditanyai tentang “Aksi Super Damai 212” yang akan dilakukan umat Islam, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta Pusat hari Rabu (30/11).

Karding mengatakan alim ulama menempati posisi penting dalam kehidupan umat Islam. Mereka ialah panutan yang senantiasa didengar ucapannya dan ditaati petuahnya (sami’na wa ato’na). Meninggalkan para alim ulama berarti meninggalkan suara rakyat.

“Suara kiai representasi suara umat. Apa yang menjadi perkataan kiai bagian dari perkataan umat,” kata dia.

Para ulama, kata Anggota Komisi III DPR RI ini harus dilibatkan dalam membahas persoalan-persoalan kebangsaan. Pemerintahan Jokowi bisa memilah dan ikut menganalisa ide dan gagasan dari para kiai untuk perbaikan bangsa.

“Jika memang tak baik silakan dikritik. Jika baik maka pemerintah harus menindaklanjuti ide itu,” kata dia.

Peristiwa aksi damai 4 November menjadi pelajaran penting bagi pemerintah. Karding menyatakan sudah saatnya pemerintah bersedia mendengarkan ide-ide para kiai untuk meneguhkan pembangunan yang sudah baik.

“Pemerintah tak hanya menjadikan ulama/kiai sebagai pemadam kebakaran: baru dilibatkan saat sudah muncul gejolak sosial,” kata dia,

Di sisi lain Karding berharap para ulama turut berperan mendidik umat, menjaga iklim demokrasi agar tetap sejuk damain. Dia berharap aksi super damai pada 2 Desember besok bisa berlangsung damai dan tertib.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home