Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Melki Pangaribuan 17:06 WIB | Kamis, 20 Januari 2022

PKL Pakai Trotoar 25 Tahun di RSU UKI, Jaktim Ubah Jadi Taman

Dokumentasi - Pedagang menggelar aksi unjuk rasa terkait penertiban lapak di depan RSU UKI, Cawang, Jakarta, Selasa (18/1/2022). ANTARA/Yogi Rachman

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pemerintah Kota Jakarta Timur berencana menjadikan trotoar di depan Rumah Sakit Umum (RSU) Universitas Kristen Indonesia (UKI) sebagai taman.

Asisten Pemerintahan Kota Jakarta Timur, Eka Darmawan mengatakan, penataan trotoar di depan RSU UKI menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) pihak swasta.

"Panjangnya 157,86 meter. Lebar (keseluruhan) 6 meter. Nanti posisinya taman, jalan orang 1,2 meter terus baru taman lagi. Jadi jalan orang di tengah," kata Eka Darmawan di Jakarta, Kamis (20/1).

Eka menambahkan, sebelumnya trotoar itu sudah 25 tahun digunakan para pedagang kaki lima (PKL) berjualan pada malam hari. Namun pada hari Selasa (18/1) sudah ditertibkan.

Berdasarkan rencana, Pemkot Jakarta Timur hanya membantu penyediaan tanah untuk menata, tanaman yang ditanam, membenahi jalan dan membersihkan saluran air di Jalan Mayjen Sutoyo.

Eka juga mengatakan pihaknya saat ini dalam proses serah terima lahan parkir RSU UKI sebagai fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum).

"Untuk fasos-fasum UKI sedang dibuat peta bidang di BPN (Badan Pertanahan Nasional). Sudah kita survei," ujar Eka.

Nantinya setelah pembuatan peta bidang dari BPN selesai maka bisa dipastikan berapa luas lahan parkir RSU UKI yang diserahterimakan kepada Pemkot Jakarta Timur.

Rencananya lahan parkir RSU UKI itu akan digunakan sebagai fasos-fasum berupa marka jalan dan taman.

"Akan digunakan untuk marka jalan dan taman. Sekarang sedang proses serah terima," tutur Eka.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Back to Home