Loading...
INDONESIA
Penulis: Melki Pangaribuan 14:27 WIB | Kamis, 12 Desember 2019

PLN Bantu Pasang Listrik Gratis Bagi Warga Miskin Kalbar

Pemasangan listrik gratis PLN bagi warga miskin di Kalbar. (Foto: Antara/Humas PLN)

PONTIANAK, SATUHARAPAN.COM - PLN UP3 Sanggau melalui program One Man One Hope (OMOH) memberikan bantuan pasang baru listrik secara gratis bagi keluarga miskin dan tidak mampu.

Program OMOH merupakan gerakan sosial berupa penggalangan dana sukarela dari pegawai PLN dan anak perusahaan untuk membiayai pemasangan listrik gratis untuk warga kurang mampu.

"Program ini merupakan gerakan relawan pegawai PLN berupa donasi sukarela. Sasaran penerima donasi diutamakan untuk rumah warga miskin dan tidak mampu, namun tidak terbatas bagi rumah tangga yang terdaftar dalam Basis Data Terpadu (BDT) atau daerah T3 atau Terjauh, Terdepan, Tertinggal saja," ungkap Agung Murdifi, General Manager PLN UIW Kalbar, Kamis (12/12).

Senada, Manager PLN UP3 Ketapang, Wilfrid Siregar menambahkan bahwa program OMOH yang digelar PLN akan terus bergulir, menyasar rumah-rumah warga miskin dan kurang mampu.

"Semakin banyak rumah warga miskin yang kita bantu maka akan semakin banyak warga miskin yang dapat kita angkat kehidupan ekonominya. Kehadiran listrik di rumah mereka pastinya dapat dimanfaatkan untuk membuka peluang usaha keluarga," ujar Wilfrid.

Pelaksanaan pemberian bantuan pemasangan gratis telah dimulai pada hari Rabu (11/12) untuk warga Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar). Penyerahan bantuan diberikan langsung oleh Manager PLN UP3 Sanggau, Gurit Bagaskoro.

"Ditahap pertama ini terdapat lima rumah keluarga miskin di Kabupaten Sintang yang mendapatkan bantuan pasang baru listrik secara gratis. Harapannya melalui program ini, bisa memberikan manfaat untuk keluarga yang selama ini belum menikmati listrik. Ke depannya masih akan ada bantuan pasang baru listrik lagi melalui program OMOH," ungkap Gurit.

Salah satu warga yang mendapatkan bantuan adalah Kagus. Wanita paruh baya berusia 50 tahun yang sehari-harinya berjualan kue mengaku selama ini mengandalkan listrik dari tetangga karena tidak mampu untuk membayar biaya pasang baru listrik ke PLN.

"Jangankan untuk membayar biaya pasang baru listrik untuk makan dan kebutuhan sehari-hari dengan 3 orang anak pun saya masih mengandalkan bantuan dari tetangganya. Rasanya seperti mimpi, bisa menikmati listrik sendiri di rumah. Terima kasih PLN, hanya Allah Azza wa Jalla yang bisa membalas kebaikan bapak dan ibu semua," ungkap Kagus terharu.

Sementara itu program OMOH di PLN UP3 Ketapang diberikan kepada lima rumah warga miskin di Dusun Sepakat Desa Jago Bersatu Kecamatan Sandai Kabupaten Ketapang.

Joko Saputra (29) adalah salah satu warga penerima bantuan pemasangan listrik gratis melalui program OMOH PLN UP3 Ketapang. Pria yang sehari-harinya bekerja sebagai Buruh Tani di Perkebunan Sawit ini mengaku serasa mimpi dapat menghadirkan listrik di rumah kecilnya.

"Dengan penghasilan yang sedikit kadang hanya cukup buat makan saja rasanya tidak mungkin bisa menikmati listrik sendiri di rumah. Untunglah ada bantuan dari karyawan PLN dermawan, memberikan bantuan listrik gratis di rumah kami. Semoga amal kebaikannya diberikan pahala yang seluas-luasnya dari Allah. Semoga PLN semakin sukses dalam melayani masyarakat," ujar Joko penuh haru. (Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home