Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 04:50 WIB | Kamis, 15 Oktober 2020

PM Armenia: Perubahan Sikap Turki Yang Bisa Hentikan Konflik di Nagorno Karabakh

Perdana Menteri Armenia, Nikol Pashinyan, saat wawancara dengan Reuters di Yerevan, Armenia, hari Selasa (13/10/2020). (Foto: Reuters)

YEREVAN, SATUHARAPAN.COM-Perdana Menteri Armenia, Nikol Pashinyan, mengatakan bahwa dia percaya hanya perubahan dalam sikap Turki di Nagorno Karabakh yang dapat mendorong Azerbaijan untuk menghentikan aksi militer di wilayah kecil tersebut.

Namun, dalam wawancara pertamanya sejak kesepakatan gencatan senjata atas konflik Nagorno Karabakh di Moskow pada hari Sabtu, ia tidak memberikan indikasi bahwa ia melihat tanda-tanda Ankara mengubah posisinya.

Sejak pertempuran berkobar pada 27 September, Turki telah mendukung Azerbaijan dengan kuat dan mengatakan pasukan Armenia harus meninggalkan daerah kantong itu, yang secara internasional diakui sebagai bagian dari Azerbaijan, tetapi diperintah dan dihuni oleh etnis Armenia.

Turki mengatakan pada hari Selasa (13/10) bahwa pihaknya harus memainkan peran dalam diskusi internasional tentang konflik, tetapi ditentang Yerevan. Gencatan senjata, yang ditengahi oleh Rusia, sudah rusak dan kedua belah pihak menuduh pihak lain melakukan serangan dan kejahatan terhadap warga sipil.

Berbicara di kediaman resminya, sebuah bangunan era Soviet yang besar di pusat ibu kota Armenia, Yerevan, Pashinyan pada hari Selasa menuduh Turki menyabotase gencatan senjata dan mencoba mengerahkan jalan ke wilayah Kaukasus Selatan yang lebih luas untuk melanjutkan apa yang disebutnya ambisi ekspansionisnya.

Bergantung Posisi Turki

"Saya yakin selama posisi Turki tetap tidak berubah, Azerbaijan tidak akan berhenti berperang," kata Pashinyan.

Azerbaijan mengatakan terbuka untuk gencatan senjata kemanusiaan sementara yang disepakati di Moskow untuk menukar tahanan dan mayat mereka yang tewas dalam pertempuran itu, tetapi menuduh pasukan Armenia melanggar itu. Yerevan membantahnya.

Azerbaijan mengatakan pihaknya merencanakan pertempuran lebih lanjut setelah gencatan senjata untuk merebut lebih banyak wilayah.

Pashinyan mengatakan Turki telah menyatakan secara terbuka, sebelum pembicaraan gencatan senjata, bahwa mereka percaya Azerbaijan harus terus berjuang, dan bahwa menteri luar negeri Turki telah menelepon menteri luar negeri Azeri setelah kesepakatan itu.

Pashinyan menyarankan tujuan seruan Turki pasca gencatan senjata "sebenarnya adalah instruksi untuk berani dalam keadaan apa pun untuk tidak berhenti berperang".

Kebijakan Ekspansionis

Kementerian luar negeri Turki mengatakan bahwa gencatan senjata tidak akan menjadi solusi yang langgeng, dan sejak itu mengatakan pasukan Armenia harus mundur dari Nagorno Karabakh.

"Turki telah datang ke Kaukasus Selatan untuk melanjutkan kebijakan yang dilakukannya di Mediterania melawan Yunani dan Siprus, atau di Libya, atau di Suriah, atau di Irak. Itu adalah kebijakan ekspansionis," kata Pashinyan.

"Dan masalahnya adalah bahwa orang-orang Armenia di Kaukasus Selatan adalah rintangan terakhir yang tersisa dalam perjalanannya untuk menerapkan kebijakan ekspansionis itu."

Pertempuran tersebut adalah yang terburuk sejak perang 1991-94 di wilayah yang pecah saat Uni Soviet runtuh, dan menewaskan sekitar 30.000 orang. Itu diawasi dengan ketat di luar negeri, sebagian karena kedekatannya dengan jaringan pipa energi Azeri ke Eropa dan karena kekhawatiran bahwa Rusia dan Turki dapat ditarik masuk.

Pashinyan mengulangi tuduhan, yang dibantah oleh Ankara, bahwa Turki menjalankan kebijakan Kekaisaran Ottoman pada awal abad ke-20, sesuatu yang dia sebut sebagai kelanjutan dari "genosida Armenia".

Genosida Armenia mengacu pada pembunuhan 1,5 juta orang Armenia di bawah Kekaisaran Ottoman dari tahun 1915 hingga 1923.

Jika dibiarkan di wilayah tersebut, Pashinyan memperingatkan bahwa pengaruh Turki dapat meracuni Kaukasus Selatan. "Seluruh Kaukasus Selatan akan menjadi Suriah dan api itu akan menyebar ke utara dan selatan dengan cepat," katanya. (Reuters

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home