Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:51 WIB | Jumat, 24 Juni 2022

PM Estonia: Rusia Belum Kelelahan dalam Perang

Perdana Menteri Estonia, Kaja Kallas, berbicara dalam wawancara dengan The Associated Press di Tallinn, Estonia, Rabu, 22 Juni 2022. Kallas menyebut persatuan Eropa dalam perang di Ukraina sebagai “kejutan negatif” bagi Presiden Rusia Vladimir Putin. Namun, dia mengatakan bahwa orang tidak boleh meremehkan kemampuan militer Moskow, karena “mereka berada di sini untuk jangka panjang.” (Foto: AP/Sergei Grits)

TALLINN, SATUHARAPAN.COM-Negara-negara Barat seharusnya tidak meremehkan kemampuan militer Rusia di Ukraina, kata pemimpin Estonia kepada The Associated Press. Dia mengatakan bahwa saat perang memasuki bulan kelima, pasukan Moskow berada dalam perang untuk jangka panjang.

Perdana Menteri Estonia, Kaja Kallas, mengatakan dalam sebuah wawancara hari Rabu (22/6) bahwa Eropa harus memastikan bahwa mereka yang melakukan kejahatan perang dan percobaan genosida dituntut.

Dia mencatat bahwa Presiden Rusia, Vladimir Putin, lolos dari hukuman karena mencaplok Semenanjung Krimea pada tahun 2014 dan mendukung pemberontakan di wilayah Donbas Ukraina timur yang membunuh lebih dari 14.000 orang bahkan sebelum perang tahun ini dimulai.

“Saya pernah mendengar pembicaraan bahwa, Anda tahu, tidak ada ancaman lagi karena mereka telah kelelahan. Tidak, mereka belum (kelelahan),” katanya tentang militer Rusia, yang gagal merebut Kiev pada tahap awal perang dan sekarang memusatkan daya tembaknya di timur.

“Mereka masih memiliki banyak pasukan yang bisa datang (untuk bertempur). Mereka tidak menghitung nyawa yang hilang. Mereka tidak menghitung artileri yang mereka kalahkan di sana. Jadi saya tidak berpikir bahwa kita harus meremehkan mereka dalam jangka panjang untuk tetap mempertahankan ini,” kata Kallas, terlepas dari moral rendah dan korupsi yang mengganggu pasukan Moskow.

Kallas memuji persatuan yang telah ditunjukkan Eropa dalam menghukum Rusia atas invasi yang dimulai 24 Februari, meskipun dia mengatakan sudah jelas sejak awal bahwa akan “semakin sulit dari waktu ke waktu” untuk bersatu.

“Pertama, kami melakukan sanksi yang relatif mudah. Sekarang kita beralih ke sanksi yang jauh lebih sulit. Tapi sejauh ini, kami berhasil mendapatkan persatuan, meskipun kami berbeda pendapat,” katanya dalam wawancara di Stenbock House, sebuah gedung pemerintah tempat dia berkantor dan mengadakan rapat Kabinet.

“Ini normal untuk demokrasi. Kami berdebat, kami berdiskusi, dan kemudian kami mendapatkan solusi. Sejauh ini, merupakan kejutan negatif bagi Putin bahwa kami masih bersatu,” kata Kallas.

Persatuan itu ditampilkan lagi pada hari Kamis ketika Uni Eropa memberikan status kandidat anggota pada Ukraina, mengikatnya lebih ke Barat. Ini menggerakkan proses keanggotaan yang bisa memakan waktu bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun.

Estonia, yang berbatasan dengan Rusia sepanjang 294 kilometer (sekitar 180 mil), telah mengambil sikap garis keras atas invasi Rusia ke Ukraina. Kallas telah mengkritik para pemimpin Eropa lainnya karena berbicara dengan Putin dan telah menganjurkan untuk mengisolasi Moskow sepenuhnya, menyerahkan keputusan tentang bagaimana mengakhiri perang hingga Ukraina.

Ketika perang telah berlarut-larut, beberapa pihak di Barat telah menyarankan untuk mencapai kesepakatan damai yang dinegosiasikan dengan Rusia, bahkan jika itu berarti Ukraina akan menyerahkan wilayahnya. Kallas telah memperingatkannya.

Dalam komentarnya kepada AP,dia menunjukkan bahwa inilah yang terjadi setelah Moskow mencaplok Krimea, mendukung separatis di industri di Donbas dan merebut wilayah di bekas republik Soviet, Georgia.

“Bagi kami, penting untuk tidak membuat kesalahan itu lagi seperti yang kami lakukan di Krimea, Donbas, Georgia,” katanya. “Kami telah melakukan kesalahan yang sama sudah tiga kali mengatakan bahwa, Anda tahu, negosiasi, negosiasi perdamaian adalah tujuannya. ... Satu-satunya hal yang Putin dengar dari ini adalah bahwa 'Saya bisa melakukan ini karena tidak ada hukuman yang akan menyusul.'

"Dan setiap waktu, setiap waktu berikutnya akan lebih banyak penderitaan manusia daripada yang terakhir," tambahnya.

Di Ukraina, mereka yang melakukan kejahatan perang dan “melakukan atau mencoba melakukan genosida” harus diadili.

Sanksi terhadap Rusia akan berlaku seiring waktu, katanya, dan seseorang hanya perlu memiliki “kesabaran strategis.”

Kallas membela kritik bahwa sanksi tersebut tampaknya menyakiti warga Rusia biasa sementara gagal menghalangi Putin sejauh ini.

"Dan saya masih berpikir bahwa, Anda tahu, efeknya harus dirasakan oleh penduduk Rusia juga, karena jika Anda melihat, dukungan untuk Putin sangat tinggi," katanya.

Kallas menambahkan bahwa tentara Rusia membual tentang kejahatan perang yang mereka lakukan “kepada istri dan ibu mereka. Dan jika para istri dan ibu mengatakan bahwa 'Tidak apa-apa yang Anda lakukan di sana' ... Maksud saya, ini juga perang yang dilakukan Rusia dan orang-orang Rusia di Ukraina,” katanya.

Di front domestik, Kallas yang berusia 45 tahun berjuang untuk masa depan politiknya ketika pemerintah dua partai Estonia yang dipimpin oleh Partai Reformasi kanan-tengahnya runtuh awal Juni ketika ia mendepak mitra junior Partai Pusat menyusul perselisihan mengenai kesejahteraan dan pengeluaran, masalah di tengah inflasi yang merajalela di negara Baltik.

Kallas, yang telah memimpin Partai Reformasi sejak 2018 dan menjadi perdana menteri perempuan pertama Estonia pada Januari 2021, memulai pembicaraan koalisi bulan ini dengan dua partai lain, dan mereka diharapkan mencapai koalisi pada awal Juli.

Jika tidak, Kallas akan menghadapi prospek suram pemerintahan minoritas satu partai yang lemah hingga pemilihan umum berikutnya yang dijadwalkan pada Maret 2023. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home