Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:35 WIB | Selasa, 14 Desember 2021

PM Israel Kunjungi UEA, Bertemu Putra Mahkota

PM Israel Kunjungi UEA, Bertemu Putra Mahkota
Perdana Menteri Israel, Naftali Bennette, bertemu dengan Putra Mahkota Abu Dhabi, Pangeran Sheikh Mohammed Bin Zayed, di Istana Pribadinya di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, hari Senin (13/12). (Foto: Reuters)
PM Israel Kunjungi UEA, Bertemu Putra Mahkota
Perdana Menteri Israel, Naftali Bennett.(Foto: WAM)

ABU DHABI, SATUHARAPAN.COM-Perdana Menteri Israel, Naftali Bennett, bertemu Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan, pada hari Senin (13/12) setelah menjadi pemimpin Israel pertama yang mengunjungi Uni Emirat Arab (UEA), setahun setelah pembentukan hubungan kedua negara.

Bennett bertemu Sheikh Mohammed di istana pribadinya, kata pejabat Israel, menyusul kedatangan perdana menteri di ibu kota Emirat pada Minggu 912/12) malam.

Kunjungannya dilakukan lebih dari setahun setelah negara Teluk yang kaya itu memutuskan konsensus Arab selama beberapa dekade dan menjalin hubungan diplomatik di bawah serangkaian kesepakatan yang ditengahi Amerika Serikat yang dikenal sebagai Kesepakatan Abraham.

Israel juga melakukan dorongan diplomatik terhadap pembicaraan internasional baru dengan Iran, musuh bebuyutannya, mengenai program nuklirnya.

Bennett, yang diharapkan untuk fokus pada hubungan perdagangan, menurut juru bicaranya, mengatakan kunjungannya mencerminkan "realitas baru" untuk wilayah tersebut.

"Menurut pendapat saya, ini adalah ... realitas baru yang disaksikan kawasan ini, dan kami bekerja sama untuk memastikan masa depan yang lebih baik bagi anak-anak kami," katanya kepada kantor berita resmi UEA, WAM.

Volume perdagangan timbal balik telah tumbuh dalam beberapa bulan, "dengan peluang masa depan yang tak terbatas untuk mengembangkannya," tambahnya.

“Israel, seperti UEA, adalah pusat perdagangan regional. Kerja sama kami memberikan peluang ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya tidak hanya bagi kami, tetapi juga untuk lebih banyak negara.”

Bennett juga dijadwalkan bertemu dengan menteri teknologi dan transportasi UEA selama kunjungannya, kata para pejabat Israel.

Dia adalah perdana menteri Israel pertama yang mengunjungi UEA, Menteri Luar Negeri Israel, Yair Lapid, melakukan perjalanan penting pada bulan Juni, membuka kedutaan di Abu Dhabi dan konsulat di Dubai. UEA membuka kedutaan di Tel Aviv pada bulan Juli. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home