Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 03:12 WIB | Kamis, 11 Agustus 2022

PM Jepang Rombak Kabinet, Menjauhkan Pengaruh Gereja Unifikasi

Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, berpose untuk foto sebelum pertemuan dengan anggota partainya termasuk Toshimitsu Motegi, kedua kiri, dan Taro Aso, kedua kanan, di markas besar partai di Tokyo, Rabu, 10 Agustus 2022. (Foto: Kyodo News/Yohei Fukai via AP)

TOKYO, SATUHARAPAN.COM-Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, merombak Kabinetnya pada hari Rabu (10/8) dalam upaya nyata untuk menjauhkan pemerintahannya dari Gereja Unifikasi, yang hubungannya dengan pemimpin yang dibunuh Shinzo Abe dan kepemimpinan senior partai yang berkuasa menyebabkan penurunan besar dalam peringkat persetujuan.

Pembaruan kabinet adalah yang kedua hanya dalam 10 bulan sejak Kishida menjabat setelah kemenangan pemilihan Juli yang diharapkan untuk memastikan stabilitas jangka panjang hingga 2025. Namun pembunuhan mengejutkan Abe pada 8 Juli dan dampaknya terhadap politik meningkatkan ketidakpastian karena dukungan publik untuk Kabinet Kishida jatuh.

Kishida mengatakan kepada wartawan pada hari Selasa (9/8) bahwa "tinjauan ketat" tentang hubungan kandidat dengan gereja akan menjadi "prasyarat" dalam jajaran pejabat Kabinet dan eksekutif Partai Demokrat Liberal yang baru.

Dia mengatakan dia telah menginstruksikan para menteri dan pejabat senior lainnya untuk mengklarifikasi hubungan mereka dengan Gereja Unifikasi “sehingga kita dapat mencapai pekerjaan politik dan administrasi yang dapat dipercaya oleh rakyat.” Pada pertemuan partai yang memerintah hari Rabu sebelumnya, dia meminta sesama anggota parlemen untuk bersatu dan mengatasi tantangan dengan rasa urgensi.

Abe ditembak mati saat memberikan pidato kampanye dua hari sebelum pemilihan parlemen. Laporan polisi dan media mengatakan pria yang ditangkap telah menargetkan Abe atas dugaan hubungan dengan Gereja Unifikasi, yang dibenci pria itu karena sumbangan keuangan besar-besaran ibunya ke gereja menghancurkan keluarganya.

Kishida mengatakan tujuan utama perombakan itu adalah untuk "menerobos salah satu krisis pasca perang terbesar" seperti pandemi virus corona, inflasi, meningkatnya ketegangan antara China dan Taiwan yang memiliki pemerintahan sendiri serta perang Rusia di Ukraina. Dia diharapkan untuk menjelaskan lebih lanjut Kabinet baru pada konferensi pers.

Sebuah survei yang dirilis hari Senin (8/8) oleh televisi publik NHK menunjukkan dukungan untuk Kabinet Kishida turun menjadi 46% dari 59%.

Sebagian besar responden mengatakan mereka pikir politisi belum cukup menjelaskan hubungan mereka dengan Gereja Unifikasi. Rencana Kishida untuk mengadakan pemakaman kenegaraan untuk Abe juga telah memecah opini publik karena sikap konservatif Abe terhadap keamanan nasional dan sejarah masa perang. Para kritikus juga melihat pemakaman kenegaraan sebagai upaya pemerintah untuk memuliakan warisan Abe.

Kepala Sekretaris Kabinet, Hirokazu Matsuno, yang mempertahankan jabatannya, mengumumkan susunan pemain baru, termasuk lima orang yang mempertahankan jabatan mereka, lima lainnya yang dipulangkan dan sembilan pemain pertama.

Tujuh yang mengakui hubungan mereka dengan gereja disingkirkan. Mereka termasuk Menteri Pertahanan, Nobuo Kishi, adik laki-laki Abe, yang mengatakan bahwa pengikut gereja adalah sukarelawan dalam kampanye pemilihan sebelumnya, dan Ketua Komisi Keamanan Publik, Satoshi Ninoyu, yang menghadiri acara yang diselenggarakan oleh organisasi terkait gereja.

Kishi digantikan oleh mantan Menteri Pertahanan, Yasukazu Hamada, dan Taro Kono, yang sebelumnya menjabat sebagai tsar vaksinasi selama pandemi serta menteri luar negeri dan pertahanan, kembali ke Kabinet sebagai menteri digital.

Selain Matsuno, Menteri Luar Negeri Yoshimasa Hayashi, Menteri Ekonomi Daishiro Yamagiwa, Menteri Perhubungan Tetsuo Saito, Menteri Keuangan Shunichi Suzuki juga tetap bekerja.

Menteri Ekonomi dan Perdagangan Koici Hagiuda, yang juga memiliki ikatan gereja, digeser menjadi ketua komite penelitian kebijakan partai dan digantikan oleh mantan Menteri Ekonomi Yasutoshi Nishimura. Katsunobu Kato diangkat menjadi menteri kesehatan untuk ketiga kalinya, yang bertugas menangani virus corona.

Kabinet baru menyarankan Kishida menugaskan senior dengan kebijakan utama seperti diplomasi, pertahanan, keamanan ekonomi, dan langkah-langkah pandemi sambil dengan hati-hati menjaga keseimbangan kekuatan di antara sayap partai untuk memperkuat persatuan di tengah spekulasi yang berkembang tentang perebutan kekuasaan di dalam faksi Abe.

Terlepas dari kritik bahwa politik Jepang didominasi oleh pria yang lebih tua, mayoritas anggota Kabinet masih pria yang berusia di atas 60 tahun, dengan hanya dua perempuan.

Mereka termasuk Sanae Takaichi, seorang ultra-konservatif yang dekat dengan Abe yang ditunjuk sebagai menteri keamanan ekonomi, dan Keiko Nagaoka, yang baru pertama kali menjadi menteri pendidikan dan menggantikan Shinsuke Suematsu, yang juga mengakui hubungannya dengan Gereja Unifikasi.

Gereja, yang didirikan di Seoul pada tahun 1954 oleh mendiang Pendeta Sun Myung Moon, datang ke Jepang pada 1960-an karena sikap anti komunisnya yang kukuh dan sistem nilai berorientasi keluarga didukung oleh kakek Abe dan mantan Perdana Menteri Nobusuke Kishi.

Gereja sejak tahun 1980-an telah menghadapi tuduhan perekrutan yang licik dan pencucian otak dari para pengikutnya untuk memberikan sumbangan besar. Gereja telah membantah tuduhan itu, dengan mengatakan telah memperketat kepatuhan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home