Loading...
DUNIA
Penulis: Prasasta Widiadi 09:08 WIB | Selasa, 05 Juli 2016

PM Selandia Baru Siapkan Kunjungan ke Eropa

Perdana Menteri Selandia Baru, John Key. (Foto: ibtimes.co.uk).

AUCKLAND, SATUHARAPAN.COM – Perdana Menteri (PM) Selandia Baru, John Key, akan mengunjungi Inggris dan Eropa pekan depan untuk serangkaian pertemuan bilateral dan menghadiri peringatan Hari Kemerdekaan Prancis. 

Seperti diberitakan situs berita Selandia Baru, scoop.co.nz, hari Senin (4/7), dalam kunjungan pertamanya ke Italia,  Key akan bertemu dengan Perdana Menteri Italia, Matteo Renzi, di Roma sebelum menuju Paris. Di ibu kota Prancis itu dia akan bertemu Presiden Perancis François Hollande dan Perdana Menteri Manuel Valls.

“Italia dan Prancis adalah mitra dagang penting untuk Selandia Baru dan anggota penting dari Uni Eropa,” kata Key.

Key juga mengemukakan prospek hubungan dagang Inggris – Selandia Baru akan diperkuat.

“Kami juga akan membahas berbagai isu lain termasuk ekonomi global dan kontra terorisme,” kata Key.

Key menjelaskan lebih dari 80 personel Angkatan Pertahanan Selandia Baru akan berbaris dalam parade Hari Kemerdekaan Prancis yang diperingati setiap 14 Juli.

Sebelum mengunjungi Roma dan Paris, Key akan memiliki pertemuan informal dengan mantan Perdana Menteri Inggris David Cameron di London. Pertemuan di Brussels juga dapat terjadi jika pengaturan yang diperlukan dapat dibuat.

"Selandia Baru memiliki hubungan yang kuat dengan kedua Uni Eropa dan Inggris, dan penting bahwa kita memperkuat kedua hubungan sekarang bahwa keputusan referendum Inggris telah dibuat,” kata Key. (scoop.co.nz)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home