Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:48 WIB | Senin, 12 September 2022

PM Selandia Baru: Tidak Ada Rencana Menjadi Republik Setelah Kematian Ratu Elizabeth

Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, berpidato dalam konferensi pers setelah berita meninggalnya Ratu Elizabeth II di Beehive di Wellington, Selandia Baru, Jumat, 9 September 2022. (Foto: Mark Mitchell/New Zealand Herald via AP)

WELLINGTON, SATUHARAPAN.COM-Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, mengatakan bahwa pemerintahnya tidak akan melakukan langkah apa pun untuk mengubah negara itu menjadi republik setelah kematian Ratu Elizabeth II.

Ardern mengatakan dia pikir Selandia Baru pada akhirnya akan menjadi republik, dan itu mungkin akan terjadi dalam hidupnya, tetapi ada masalah yang lebih mendesak bagi pemerintahannya.

Pernyataan itu adalah yang pertama baginya tentang debat republik Selandia Baru sejak kematian ratu, dan mencerminkan komentar sebelumnya yang dia buat tentang masalah ini. Ardern juga sebelumnya telah menyatakan dukungannya untuk negara yang akhirnya menjadi republik.

Di bawah sistem saat ini, raja Inggris adalah kepala negara Selandia Baru, diwakili di Selandia Baru oleh seorang gubernur jenderal. Peran gubernur jenderal hari ini dianggap terutama seremonial.

Namun, banyak orang berpendapat bahwa Selandia Baru tidak akan sepenuhnya keluar dari bayang-bayang masa lalu penjajahnya dan menjadi negara yang benar-benar merdeka sampai menjadi republik.

“Ada perdebatan, mungkin selama beberapa tahun,” kata Ardern, hari Senin (12/9). “Itu hanya kecepatannya, dan seberapa luas perdebatan itu terjadi. Saya telah membuat pandangan saya jelas berkali-kali. Saya percaya di situlah Selandia Baru akan menuju, pada waktunya. Saya percaya itu mungkin terjadi dalam hidup saya.”

"Tapi saya tidak melihatnya sebagai tindakan jangka pendek atau apa pun yang ada dalam agenda dalam waktu dekat," kata Ardern.

Dia mengatakan bahwa menjadi republik bukanlah sesuatu yang direncanakan pemerintahnya untuk dibahas pada titik mana pun.

“Seperti yang saya katakan, sebagian besar sebenarnya karena saya tidak pernah merasakan urgensinya,” kata Ardern. “Begitu banyak tantangan yang kita hadapi. Ini adalah perdebatan besar dan signifikan. Saya tidak berpikir itu akan atau seharusnya terjadi dengan cepat.”

Kematian Ratu Elizabeth dan kenaikan takhta Raja Charles III telah menghidupkan kembali perdebatan republik di banyak negara di seluruh dunia. Charles menjadi kepala negara tidak hanya di Inggris Raya dan Selandia Baru, tetapi juga di 13 negara lain, termasuk Kanada, Jamaika, dan Australia.

Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, mulai meletakkan dasar bagi sebuah republik Australia setelah ia terpilih pada bulan Mei. Namun dia mengatakan pada hari Minggu bahwa sekarang bukan waktunya untuk perubahan melainkan untuk memberikan penghormatan kepada Elizabeth.

Dia sebelumnya mengatakan bahwa mengadakan referendum untuk menjadi republik bukanlah prioritas masa jabatan pertamanya dalam pemerintahan.

Banyak orang di Selandia Baru telah berspekulasi di masa lalu bahwa debat republik akan mengumpulkan momentum hanya setelah kematian Elizabeth, mengingat betapa dicintainya dia oleh begitu banyak orang.

Ardern mengatakan dia tidak menghubungkan dua peristiwa itu. "Saya tidak pernah melampirkannya dengan cara itu," katanya.

Gambar Elizabeth ditampilkan di banyak koin dan uang kertas Selandia Baru, mendorong bank sentral negara untuk memberi tahu orang-orang bahwa mata uang yang menggambarkannya tetap menjadi alat pembayaran yang sah setelah kematiannya.

Ardern juga mengumumkan pada hari Senin bahwa Selandia Baru akan menandai kematian Elizabeth dengan hari libur umum pada 26 September. Negara itu akan mengadakan upacara peringatan kenegaraan pada hari itu di ibu kota, Wellington.

Ardern mengatakan Elizabeth adalah orang yang luar biasa dan banyak warga Selandia Baru akan menghargai kesempatan untuk menandai kematiannya dan merayakan hidupnya.

“Sebagai ratu Selandia Baru dan penguasa yang sangat dicintai selama lebih dari 70 tahun, sudah sepatutnya kita menandai hidupnya dengan pelayanan publik yang berdedikasi dengan upacara peringatan negara dan satu hari libur umum,” kata Ardern.

Ardern mengatakan dia akan berangkat pekan ini ke Inggris untuk menghadiri pemakaman Elizabeth. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home