Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 21:16 WIB | Sabtu, 24 Desember 2022

Pohon Natal di Kiev, Ukraina Bernama “Pohon Tak Terkalahkan”

Pohon Natal di Kiev, Ukraina Bernama “Pohon Tak Terkalahkan”
Orang-orang berkumpul di sekitar pohon Natal yang dihiasi dengan warna bendera nasional Ukraina di alun-alun Sophia di Kiev, Ukraina, Jumat, 23 Desember 2022. Warga Ukraina hanya dapat menikmati kilauan biru dan kuning yang hampir tidak menerangi pohon Natal yang lebih sederhana di sebuah alun-alun tradisional karena pihak berwenang telah memberlakukan beberapa batasan dan menjadwalkan pemadaman listrik, yang berarti tidak ada kota yang secara tradisional berkilauan selama musim Natal. (Foto-foto: AP/Felipe Dana)
Pohon Natal di Kiev, Ukraina Bernama “Pohon Tak Terkalahkan”
Warga Ukraina mengambil foto pohon Natal yang baru dibangun di alun-alun Sophia saat pemadaman listrik sebagian berlanjut di Kiev, Ukraina, Sabtu, 17 Desember 2022.

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Setahun yang lalu, Sophia Square di Kiev dimeriahkan oleh pohon Natal besar dan ribuan lampu yang tersebar di alun-alun. Hari-hari terakhir tahun 2022 ini, di tengah perang yang telah melanda negara selama 10 bulan, sebatang pohon yang lebih sederhana berdiri di sana, lampu biru dan kuningnya nyaris tidak memecahkan kesuraman alun-alun yang gelap selain lampu depan mobil.

Dalam beberapa bulan terakhir, Rusia telah menargetkan infrastruktur energi, yang bertujuan untuk memotong listrik dan pemanas ke Ukraina, seiring memasuki musim dingin yang membekukan. Dan meskipun pemerintah Ukraina berusaha untuk bergerak secepat mungkin, secara praktis tidak mungkin memulihkan listrik untuk setiap orang di negara tersebut, termasuk lebih dari tiga juta penduduk ibu kota.

Ada hari-hari ketika jalan-jalan di pusat kota Kiev menjadi terang, tetapi pihak berwenang telah memberlakukan beberapa pembatasan dan pemadaman listrik terjadwal, yang berarti tidak ada kota yang secara tradisional berkilauan selama musim Natal.

Tetapi bahkan di saat-saat suram ini, beberapa orang telah memutuskan untuk menunjukkan tekad mereka dan menyelamatkan apa pun yang mereka bisa pada liburan ini. seperti pohon Natal, tetap berdiri dengan bangga meskipun tidak secerah beberapa tahun terakhir.

Walikota Kiev, Vitali Klitschko, mengumumkan pemasangan pohon Natal, dengan mengatakan bahwa pohon itu akan diberi nama "Pohon Tak Terkalahkan".

“Kami memutuskan bahwa kami tidak akan membiarkan Rusia mencuri perayaan Natal dan Tahun Baru dari anak-anak kami,” katanya. Nama itu, tambahnya, adalah "karena kami orang Ukraina tidak dapat dihancurkan."

"Pohon Tak Terkalahkan" diresmikan pada 19 Desember, pada hari yang sama ketika Rusia meluncurkan serangan pesawat tak berawak ke Kiev, tetapi hanya merusak pembangkit listrik yang tidak menyebabkan pemadaman besar-besaran di kota.

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, ketika bersama dengan puluhan ribu bola lampu, Sophia Square dipenuhi musik dan orang-orang yang ceria, kini satu-satunya kebisingan di alun-alun adalah suara generator yang menyalakan lampu pohon setinggi 12 meter (40 kaki). Di atasnya, tidak ada bintang Betlehem melainkan trisula, simbol Ukraina.

Sebelum pemerintah Kiev memutuskan untuk memasang pohon itu, ada beberapa perdebatan tentang apakah itu tepat pada tahun yang membawa begitu banyak tragedi dan kengerian. Diskusi serupa terjadi di seluruh negeri, dan beberapa daerah memutuskan tidak memiliki pohon.

Tapi sekarang, beberapa orang memang menyukai inisiatif itu. “Kami bersyukur setidaknya bisa melihat sesuatu di saat-saat seperti ini,” kata Oleh Skakun, 56 tahun, saat meresmikan pohon tersebut, hari Senin (19/12).

Dia mengatakan bahwa setiap tanggal 19 Desember, hari ulang tahun istrinya, mereka biasa pergi melihat pohon Natal di selatan kota Kherson, tidak jauh dari rumah mereka. Tidak tahun ini, karena rumah mereka, di tepi kiri sungai Dnieper, ditempati oleh pasukan Rusia, dan mereka harus melarikan diri pada bulan Agustus ke Kiev.

Meskipun sedih, Skakun mengatakan bahwa mereka ingin tetap menjaga tradisi mengunjungi pohon Natal.

“Dua puluh orang Rusia tinggal di rumah saya sekarang; mereka menyiksa orang, mereka menyiksa anak saya,” kata Larysa Skakun, 57 tahun. “Tapi kami datang ke sini untuk sedikit menghibur, untuk melihat orang-orang, perayaan”, tambahnya sambil menangis.

Di antara kota-kota lain yang juga memutuskan untuk memasang pohon Natal adalah Kharkiv, kota terbesar kedua di Ukraina yang selama berbulan-bulan berada di tepi garis depan dan terus-menerus diserang oleh rudal Rusia. Di sana, alih-alih ditempatkan di alun-alun, itu didirikan di dalam stasiun kereta bawah tanah utama.

Tetapi bagi sebagian orang Ukraina, sulit untuk merayakan apa pun pada Natal ini. Anna Holovina, 27 tahun, datang ke Sophia Square untuk melihat pohon itu, tetapi mengatakan bahwa dia terus memikirkan kampung halamannya di wilayah Luhansk, yang diduduki pasukan Rusia sejak 2014.

“Saya merasakan kesedihan. Saya merasakan sakit. Saya tidak merasakan liburan sama sekali,” katanya. “Keluarga saya ada di Kiev, tetapi kampung halaman saya telah ditempati selama delapan tahun sekarang.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home